Capaian Positif Mustika Ratu di Akhir Tahun 2023 Lalu, Tumbuhkan Optimisme di 2024 Ini

Salah satu perusahaan nasional terkemuka dan pionir dalam industri kecantikan dan perawatan kesehatan di Indonesia, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dalam laporan keuangan, mengumumkan pencapaian kinerja keuangan di kuartal keempat tahun 2023.

oleh Tim News diperbarui 25 Jun 2024, 14:11 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2024, 19:48 WIB
PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dalam laporan keuangan, mengumumkan pencapaian kinerja keuangan di kuartal keempat tahun 2023.
PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dalam laporan keuangan, mengumumkan pencapaian kinerja keuangan di kuartal keempat tahun 2023. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu perusahaan nasional terkemuka dan pionir dalam industri kecantikan dan perawatan kesehatan di Indonesia, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dalam laporan keuangan, mengumumkan pencapaian kinerja keuangan di kuartal keempat tahun 2023.

Laporan keuangan tersebut menunjukkan kenaikan dalam beberapa indikator kinerja utama yang mencerminkan kinerja keseluruhan Perseroan di tengah dinamika pasar global.

Pada 2023, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) berhasil mencatatkan peningkatan penjualan bersih (net sales) sebesar 5,41%, dan kenaikan laba kotor (gross profit) sebesar 25,86%. Sektor personal care juga mengalami growth sebesar 7,13%.

"Mustika Ratu terus melakukan inovasi termasuk melakukan rejuvenasi ke beragam rangkaian produk di segmen Personal Care. Dan yang terbaru, Mustika Ratu menggunakan teknologi inovatif yakni encapsulated botanic fusion (e-bion)," ujar Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk Bingar Egidius Situmorang melalui keterangan tertulis, Sabtu (22/6/2024).

Menurut dia, teknologi e-bion merupakan inovasi yang digunakan dalam perawatan rambut yang mendapat sambutan positif dari konsumen karena kemampuannya dalam meningkatkan bahan aktif alami 12x lebih efektif sehingga pengguna bisa merasakan rambut lebih sehat dalam pemakaian pertama.

"Sepanjang tahun 2023, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) juga berhasil meningkatkan penetrasi pasar dengan memperluas jangkauan ekspor ke lebih dari 40 negara," ucap dia.

"Peningkatan permintaan dari pasar internasional semakin menunjukkan pengakuan pasar global terhadap kualitas produk Mustika Ratu," papar Bingar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berhasil Raih Penghargaan

Graha Mustika Ratu (Foto: laman Mustika Ratu)
Graha Mustika Ratu (Foto: laman Mustika Ratu)

Bingar menjelaskan, negara-negara di berbagai benua termasuk di Asia, Timur Tengah, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara, termasuk negara Jepang menjadi pasar utama dengan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan nilai ekspor perusahaan.

"Seiring dengan keberhasilan menambah negara tujuan ekspor, PT Mustika Ratu Tbk dianugerahi penghargaan Best Export Expansion dalam Indonesia Halal Industry Award (IHYA) Award 2023," ucap dia.

Penghargaan tersebut, menurut Bingar, mencerminkan komitmen perusahaan dalam mempertahankan kualitas produk dan inovasi yang terus menerus, serta perannya sebagai pemain kunci dalam mendorong produk kecantikan Indonesia di pasar global.

"Kami tentu gembira dengan hasil yang dicapai pada kuartal keempat tahun 2023. Ini sekaligus menjadi bukti dari upaya keras dan dedikasi seluruh tim. Mustika Ratu akan terus berinovasi dan meningkatkan efisiensi untuk memberikan nilai lebih kepada para pemegang saham dan pelanggan kami," papar dia.

Dengan segala pencapaian sepanjang kuartal ini, lanjut Bingar, PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) optimis dalam menyambut tahun 2024.

"MRAT terus memperluas dan memperkuat jalur distribusi dengan go-to-market strategy termasuk peningkatan pesat di e-commerce, mengembangkan potensi bisnis termasuk kerja sama dengan grup ritel besar dan kemitraan bisnis ke bisnis (Business to Business/B2B) yang lebih agresif, serta terus berkomitmen untuk memberikan inovasi terbaru dalam industri kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia," tandas Bingar.

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan
Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya