[VIDEO] Berawal dari Hobi, Pembuat Miniatur Raup Rupiah

Hobi bertemu kreativitas bisa menghasilkan produk-produk yang mendulang rupiah. Seperti si pengoleksi miniatur pemain bola ini.

oleh Liputan6 diperbarui 04 Des 2013, 13:25 WIB
Diterbitkan 04 Des 2013, 13:25 WIB
miniatur-bola-131204b.jpg

Hobi bertemu kreativitas bisa menghasilkan produk-produk yang mendulang rupiah. Seperti dilakoni seorang pengusaha miniatur bintang sepakbola berikut.

Miniatur Lionel Messi, Christiano Ronaldo, Robby Van Persie serta bintang bola lainnya banyak beredar di toko-toko hobi dan olahraga, siapa sangka miniatur pesepakbola ini karya seorang seniman dari Wonosobo Jawa Tengah.

Seperti dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV Rabu (4/12/2013), dengan teliti karakter khas wajah setiap pemain bola diperhatikan guna menghasilkan miniatur yang mirip dengan bintang aslinya. Desain yang dibuat sendiri lalu diterjemahkan menjadi cetakan tokoh yang diinginkan.

Pembuatannya cukup sederhana, dengan mengandalkan bahan fiberglass yang dicampur cairan khusus untuk mempercepat pengeringan. Lalu miniatur tinggal dicat dengan memperhatikan detail rambut, wajah dan kostumnya.

Usaha yang sangat menjanjikan ini bermula dari hobi. Kegemaran mengoleksi miniatur bintang bola impor cukup menipiskan kocek, sehingga muncullah ide untuk membuatnya sendiri.

Dalam sebulan, sekitar 600 hingga 800 miniatur diproduksi. Harganya bervariasi, mulai Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. Tergantung ukuran dan tingkat kerumitan pembuatan. (Tnt/Yus)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya