Penahanan Ratu Atut Bakal Goyang Pencapresan Ical

Penahanan Ratu Atut dinilai pengamat politik dari Pol-Tracking Institute Hanta Yuda sebagai celah untuk menggoy

oleh Silvanus Alvin diperbarui 21 Des 2013, 12:26 WIB
Diterbitkan 21 Des 2013, 12:26 WIB
17atut-tangkap-131220c.jpg
Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical beberapa waktu lalu mengatakan pentingnya kader partai untuk satu skenario mendukungnya menjadi Capres 2014. Sayangnya, Ical tak menduga ada skenario penahanan Ratu Atut.

Penahanan Gubernur Banten asal Partai Golkar itu dinilai pengamat politik dari Pol-Tracking Institute Hanta Yuda sebagai celah untuk menggoyang Ical.

"Kalau menggoyang lebih ke faktor internal. Lebih ke dinamika internal, bisa jadi stimulus, karena di Golkar ada 3 faksi," ujarnya di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (21/12/2013).

Hanta menjelaskan, di Golkar saat ini ada faksi Aburizal Bakrie, faksi Jusuf Kalla, dan Faksi Akbar Tandjung. Terlihat jelas ada faksi tersebut saat menyatakan sikap ketika Atut tersangka.

"Akbar minta dinonaktfikan. Ini bagian menggoyang posisi Ical," katanya.

Namun, goyangan ini tak terlalu signifikan. Sebab, Ical menguasai struktur partai berlambang pohon beringin itu. "Kalau jadi isu luar dan sentuh Ical agak sulit," tandas Hanta.

KPK resmi menetapkan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah sebagai tersangka suap sengketa Pilkada Lebak sejak Senin 16 Desember dan pada Jumat 20 Desember ditahan di Rutan Pondok Bambu. Ratu Atut dituduh terlibat suap kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

Ratu Atut dijerat Pasal 6 ayat 1 (a) UU Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Dia dianggap bersama-sama adik kandungnya, Tubagus Chaery Wardana alias Wawan --yang sudah ditahan KPK-- menyuap Akil Mochtar.

Dalam kasus ini, Wawan diduga memberikan suap Rp 1 miliar untuk Akil Mochtar terkait sengketa Pilkada Lebak, Banten, di MK. Uang itu diberikan melalui pengacara Susi Tur Andayani yang juga sudah menjadi tersangka suap MK. (Mut)

Baca juga:
Komentar Warga Banten Soal Penahanan Atut
Golkar: Penahanan Atut Harus Jauh dari Unsur Politik
Atut Jalani Tes Kehamilan Hingga Jantung Sebelum Ditahan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya