[VIDEO] Nikmatnya Cronut, Perpaduan Donut dan Croissant

Cronut, perpaduan donut dan croissant kini sedang digandrungi masyarakat.

oleh Liputan6 diperbarui 12 Jan 2014, 14:38 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2014, 14:38 WIB
cronut-140112b.jpg

Cronut, perpaduan donut dan croissant kini sedang digandrungi masyarakat. Tekstur renyah berlapis-lapis dipadu kelembutan fla begitu menggoda.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (12/1/2014), cronut yang tengah digandrungi saat ini awalnya adalah kreasi chef Dominique Ansel asal New York, Amerika Serikat. Ia memadukan kenikmatan donut dan croissant khas Prancis.

Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk membuat cronut. Mula-mula, campurkan terigu berprotein tinggi, gula, ragi, susu dan es batu untuk adonan cronut.

Sambil menunggu adonan didinginkan, isi cronut dibuat. Fla, susu dan vanili diaduk merata. Siapkan pula olesan atau topping cokelat dengan campuran cream dan cokelat blok yang dimasak secara perlahan.

Setelah adonan dingin, kita campur dengan lemak sebelum ditipiskan dan dipotong dengan bentuk donut. Penggorengan cronut disarankan dengan minyak beku setinggi sekitar 1,5 cm.

Minyak beku harus tak mengandung air, sehingga cronut akan benar-benar renyah dengan aroma yang khas. Kemudian isi fla di bagian tengahnya dan oleskan cokelat di bagian atasnya. Cronut pun siap dinikmati. (Riz/Yus)

Baca juga:

[VIDEO] Yuk Cicipi Segarnya Bakso dan Seupan Talas Bogor
[VIDEO] Lezatnya Pepes Lobster Rendah Kolesterol Rp 10 Ribu
[VIDEO] Lezatnya Mie Ayam di Kota Kembang, Mau?

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya