Warga Cilacap Rasakan Guncangan, Gempa?

Sejumlah warga di Cilacap merasakan guncangan. Mereka panik dan segera keluar dari rumah masing-masing sambil meneriakkan gempa.

oleh Tan diperbarui 26 Jan 2014, 02:13 WIB
Diterbitkan 26 Jan 2014, 02:13 WIB
gempa-seismograf130429b.jpg
Guncangan gempa di Kebumen yang sempat dirasakan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah Sabtu siang, kembali dirasakan warga. Guncangan itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 23.59 WIB.

Dari pantauan di Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, meskipun hujan, sejumlah warga yang merasakan guncangan gempa tersebut panik dan segera keluar dari rumah masing-masing sambil meneriakkan gempa.

Bahkan, salah seorang warga yang tengah terbaring di tempat tidurnya karena sakit, Tadiwirya berteriak, "Gempa lagi nih."

Kendati demikian, gempa tersebut tidak sekuat gempa yang terjadi pada hari Sabtu 25 Januari pukul 12.14 WIB. Sejumlah warga juga masih berkumpul di warung-warung makanan yang masih buka.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait dengan kekuatan dan pusat gempa tersebut. Sehingga belum diketahui pasti apakah guncangan yang dirasakan warga itu benar sebbuah gempa.

Gempa 6,5 SR yang sebelumnya terjadi di Kebumen dan dirasakan di wilayah sekitar, dilaporkan pusat gempanya berada di 8,48 derajat lintang selatan dan 109,17 derajat bujur timur, 104 kilometer barat daya Kebumen dengan kedalaman 48 kilometer.

"Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Gempa susulan kemungkinan masih akan terjadi dengan kekuatan yang lebih kecil dibanding gempa sebelumnya," ujar Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo. (Ant/Tnt/Gen)

Baca juga:

BNPB: Gempa 6,5 SR Rusak Puluhan Rumah, Serambi Masjid Roboh
Gempa Kebumen Juga Terasa di Pos Pengamatan Gunung Merapi
Dampak Gempa Kebumen 6,5 SR: Rumah Roboh, Kulkas Bergeser

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya