[VIDEO] Harapan Warga Perbatasan Timur RI untuk Indonesia Baru

Indonesia baru adalah Indonesia yang selalu menjaga perbatasan negeri ini menjadi kawasan yang aman dan sejahtera bagi masyarakat setempat.

oleh Liputan6 diperbarui 25 Feb 2014, 18:29 WIB
Diterbitkan 25 Feb 2014, 18:29 WIB
perbatasan-negeri-140225c.jpg
Merauke adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua. Sebuah kabupaten terluas sekaligus paling timur di Indonesia. Di kabupaten ini terdapat distrik atau Kecamatan Sota yang terletak di sebelah selatan Kota Merauke dengan jarak sekitar 100 kilometer.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV dalam Indonesia Baru, Selasa (25/2/2014), Distrik Sota merupakan salah satu ujung negeri yang terletak di perbatasan Republik Indonesia dan Papua New Guinea.

Memasuki wilayah perbatasan ini, tugu kembar Sabang-Merauke akan menjadi pemandangan pertama. Sebagian besar masyarakat Distrik Sota mencari nafkah di hutan dan berkebun. Masyarakat Sota lebih maju dibanding dengan negara tetangga, Papua New Guinea.

Pagi itu, Sota mulai bergeliat. Anak-anak menuntut ilmu di sekolah. Kendati minat sekolah di wilayah ini rendah, namun para guru terus bersemangat mengajar demi kemajuan masyarakat Sota.

Semangat mengajar para guru di sini sangat tinggi. Mereka yakin meskipun tinggal nun jauh di ujung negeri, namun mereka mampu menghasilkan murid-murid yang baik dan pintar.

Untuk Indonesia baru, mereka berharap kepedulian dan perhatian pemerintah bagi warga daerah perbatasan ditingkatkan.

Untuk menunjang stabilitas keamanan di tugu perbatasan ini, disiagakan keamanan dari Satgas TNI yang senantiasa menjaga kedaulatan Republik Indonesia. (Nfs/Sss)

Baca juga:

[VIDEO] Hikayat Nabi Yunus Ketuk Hati Walikota Risma
2 Korban Longsor Jayapura Kembali Ditemukan
[VIDEO] Uniknya Pernikahan Ala `Pejuang 45` di Sleman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya