10 Motor Klasik yang Harganya Fantastis (Bagian I)

Berikut adalah sepuluh sepeda motor klasik yang berpotensi masuk ke dalam daftar sepeda motor termahal yang pernah dijual di pelelangan.

oleh Rio Apinino diperbarui 19 Jan 2016, 12:05 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2016, 12:05 WIB
10 Kandidat Sepeda Motor Klasik Termahal (Bagian I)
Berikut adalah sepuluh sepeda motor klasik yang berpotensi masuk ke dalam daftar sepeda motor termahal yang pernah dijual di pelelangan.

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun ini, rumah lelang kelas dunia, Bonhams, akan melelang motor-motor klasik. Bertajuk Las Vegas Motorcycle Auction, acara ini dimulai pada 7 Januari lalu.

Menariknya, dari puluhan sepeda motor yang dilelang, banyak yang ternyata tidak diminati. Padahal, ekspektasi awal terhadap model-model itu begitu tinggi. Demikian laporan Gizmag.

Meski demikian, beberapa motor klasik lainnya terjual dengan harga tinggi. Banyak pula rekor yang tercipta di acara yang dibuka selama tiga hari ini. Tentu, rekor ini tidak lepas dari kefanatikan banyak orang terhadap motor klasik.

Dari rekor-rekor itu, Vincent motorcycle adalah juaranya. Bagaimana tidak, dari 20 posisi teratas, Vincent motorcycle berhasil menggondol tujuh posisi. Bahkan ada satu motor yang berhasil memecahkan rekor termahal sepanjang sejarah Vincent.

10 kendaraan roda dua ini juga sangat mungkin masuk ke daftar sepeda motor termahal di dunia yang pernah dijual di pelelangan. Apa saja motor-motor tersebut? Berikut ulasannya:

10. 1954 Vincent Series-C Black Shadow - Rp 1,75 miliar

Vincent Series C 998cc Black Shadow terjual dengan harga US$ 126 ribu atau sekira Rp 1,7 miliar (Kurs: Rp 13.925/US$). Tidak disebutkan siapa pemilik motor yang usianya sudah lebih dari setengah abad ini.

Apa yang membuat sepeda motor ini mahal? Menurut laman Bonhams, Seri C Shadow adalah model yang paling langka dan memiliki sejarah yang sangat panjang. Ia dikirim dari Vincent pada 28 Juli 1954 ke Indian ke Louisiana. Sejak saat itu, motor ini berpindah-pindah mengikuti pemiliknya.

Disebutkan, pemiliknya yang terakhir meninggal dunia pada 2013 lalu. Sejak saat itu, motor ini dirawat dengan baik sebelum dilelang. Selain itu orisinalitas bagian-bagian motor juga jadi faktor pendongkrak harga.


Next

9. 2004 MTT Y2K Turbine - Rp 1,76 miliar

Sepeda motor sport MTT Y2K Turbine 2004 ini berada di posisi 9. Di acara lelang, MTT Y2K Turbine terjual dengah harga US$ 126.500 atau sekira Rp 1,76 miliar.

Dijelaskan, kelebihan motor ini adalah ia merupakan salah satu motor tercepat yang pernah ada. Menurut laman Gizmag, motor yang hasilkan output maksimal 320 Tk ini mampu berlari dengan kecepatan maksimal 376,1 km/jam.

Selain itu, kelebihan lain dari MTT turbine adalah kelangkaannya. Sejak diproduksi pada 2004, motor ini hanya sedikit yang membeli, mengingat harganya yang juga sangat mahal. Tidak heran jika yang masuk ke rumah lelang juga sedikit.

8. 1929 Cleveland Tornado - 1,76 miliar

Cleveland Tornado, motor unik lansiran 1929 ini berada di posisi delapan dengan nilai penjualan mencapai angka US$ 126,5 ribu atau setara dengan Rp 1,76 miliar.

Model inilah yang menandai bangkrutnya perusahaan yang berbasis di Ohio, Amerika Serikat (AS), karena Depresi Besar melanda dunia mulai 1930an. Faktor kesejarahan inilah yang mungkin membuat Cleveland Tornado dihargai selangit.

Cleveland Tornado ini sekaligus memecahkan rekor lelang Cleveland yang diukir pada 2007. Saat itu, Cleveland lansiran 1919 terjual di Bonhams dengan harga US$ 93,6 ribu atau sekira Rp 1,3 miliar.


Next

7. 1955 Vincent Series-D Black Prince - Rp 1,83 miliar

1955 Vincent Series-D ini adalah Black Prince kedua yang terjual di Vegas selama pelelangan. Tercatat, motor klasik yang menempati posisi ke-7 ini terjual dengan harga US$ 132 ribu atau sekira Rp 1.83 miliar.

Menurut laman Mecum, motor ini menggendong mesin 998 cc dengan transmisi manual 4 percepatan. Phil Vincent, pendiri perusahaan, mengaku sangat mengandalkan model ini saat pabrikan masih terhitung kecil.

Saat dilelang, odometer (penunjuk jarak tempuh kendaraan) Vincent Series-D Black Prince ini menunjukkan angka 57.936 km. Ada 100an unit Black Prince yang dibuat.

6. 1951 Vincent Series-C Black Shadow - Rp 1,9 miliar

Model ini lebih tua dibanding sepeda motor yang sama yang menempati posisi ke-10. Kondisinya yang masih prima membuat Vincent Series-C Black Shadow lansiran 1951 ini laku dengan harga mahal, yaitu US$ 137 ribu atau sekira Rp 1,9 miliar.

Sejarah sepeda motor ini sangat panjang. Black Shadow meninggalkan pabrik pada Januari 1951 untuk dikirimkan ke New Orleans. Singkat cerita, pada 2008 motor ini dijual oleh Ed Bibelhauser ke Larry Elmore.

Larry kemudian menjual kembali motor ini pada 2011 ke putra pendiri perusahaan, Matthew Biberman. Ia kemudian membangun kembali sepeda motor ini sebagai bentuk penghormatan kepada sang ayah.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya