Suzuki Ertiga Diesel Bisa Tenggak Solar Murah? ‎

Mesin diesel yang digunakan Ertiga telah disesuaikan dengan standar bahan bakar di Indonesia.

oleh Herdi Muhardi diperbarui 08 Feb 2017, 13:20 WIB
Diterbitkan 08 Feb 2017, 13:20 WIB
New Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
New Suzuki Ertiga Diesel Hybrid bisa tembus 22 km/liter

Liputan6.com, Bogor - Dengan mengusung mesin Diesel hybrid, PT Suzu‎ki Indomobil Sales (SIS) yakin mobil keluarga Ertiga terbaru mampu bersaing di pasar otomotif nasional.

Bahkan ‎Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel‎ menyatakan, mesin Diesel yang digunakan Ertiga telah disesuaikan dengan standar bahan bakar di Indonesia.

"‎Kami menyarankan pakai minimal centane number 51 (Pertamina Dexlite) tapi lebih baik lagi pakai centane number 53 (Pertamina Dex)," ucap Harold di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (7/2/2017).‎

Lantas, bagaimana dengan solar dengan centane 48‎ yaitu Bio Solar yang memiliki kandungan sulfur paling tinggi yaitu mencapai 3.500 ppm (part per milion)?

Menanggapi hal tersebut, Marketing Director PT SIS, Donny Ismi Sahputra‎, menyatakan, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid tetap bisa menggunakan solar dengan centane number di bawah 51.‎

"Tapi kami tidak menyarankan itu (Bio Solar), yang kami sarankan ‎tetap centane number 53. Untuk warranty kami hanya bisa beri minimal centane number 51," ujarnya.

Tentu saja, penggunaan bahan bakar solar maupun Bio‎ solar bisa saja terjadi, mengingat tak semua stasiun pengisian bahan bakar umum memiliki Dexlite bahkan Pertamina Dex. Sebaliknya, solar dan Bio Solar menjadi pilihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya