Shoei X-15 Mulai dari Rp 11 Jutaan, Simak Kelebihannya

Shoei X-15, helm berteknologi tinggi asal Jepang akhirnya masuk pasar Indonesia.

oleh Septian Pamungkas diperbarui 26 Mei 2023, 16:04 WIB
Diterbitkan 26 Mei 2023, 16:04 WIB
Shoei
Shoei X-15, helm berteknologi tinggi asal Jepang akhirnya masuk pasar Indonesia. (Septian/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Shoei X-15, helm berteknologi tinggi asal Jepang akhirnya masuk pasar Indonesia. Helm yang juga digunakan oleh Marquez bersaudara, yakni Marc Marquez dan Alex Marquez di ajang MotoGP, hadir dengan sederet penyegaran dibanding model sebelumnya.

Boy Septa, Manager PT Prakarsa Bangun Sarana (PBS) selaku distributor Shoei di Indonesia mengatakan, pengembangan desain helm ini melewati penelitian sertapengujian di lorong angin (wind Tunnel Testing) yang dimiliki Shoei.

Menurut Boy, perubahan desain pada helm X-15 menunjukkan aerodinamis tinggi dimana helm tetap stabil pada kecepatan tinggi melebihi 350 km/jam yang menghasilkan helm berperforma tinggi dalam tekanan udara yang tinggi.

"Dibandingkan dengan helm sebelumnya, helm X-15 mengurangi terjadinya helm terangkat sekitar 1,6 persen, dan mengurangi terjadinya helm tertarik sebesar 6,1 persen dari sebelumnya," terang Boy di Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Ventilasi udara menjadi salah satu bagian yang mengalami ubahan. Hal ini untuk meningkatkan kenyamanan saat digunakan.

"Shoei memperdalam saluran udara di dalam helm lebih dari 1,5 kali dan dengan menyediakan lubang outlet di terowongan stabilizer belakang," kata Boy.

"Dengan sistem ventilasi pipi terbaru, jumlah lubang ventilasi di bagian dalam helm kira-kira bertambah dua kali lipat dari helm sebelumnya," tambahnya.

Untuk diketahui, Shoei X-15 dilengkapi dengan visor CWR-F2R yang dilengkapi sistem kunci tengah guna meningkatkan kontak visor dengan karet jendela untuk mencegah masuknya angin dan hujan.

 


Fitur Lain dan Harga

Shoei
Shoei X-15 merupakan helm yang digunakan Marc Marquez di ajang MotoGP. (Septian/Liputan6.com)

Dibanding model sebelumnya, posisi lubang mata X-15 telah dinaikkan 5mm untuk memberikan visibilitas lebih baik

"Pergeseran tersebut telah memperluas bidang pandang atas tanpa mengubah posisi kepala pengendara di dalam helm atau mengorbankan keseimbangan bidang pandang dalam arah vertikal," beber Boy.

Sementara itu, area pipinya 116 persen lebih besar dari helm sebelumnya. Ini memberikan daya cengkeram yang kuat dengan guncangan minimal bahkan saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Dari segi safety, helm ini dilengkapi Sistem Rilis Cepat Darurat (E.Q.R.S.). Terdapat pita khusus di bantalan pipi. Cukup menarik pita ini memungkinkan helm dilepas dengan mudah sambil meminimalkan beban yang diletakkan di leher pengendara yang berpotensi cedera.

Sekadar informasi, Shoei X-15 ditawarkan dengan pilihan warna yang bervariasi, mulai dari warna polos, dengan grafis, hingga corak yang sama dengan Marc Marquez dan Alex Marquez. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 11,6 juta hingga Rp 14,4 juta.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya