Anies Baswedan: Di Pemilu Ada Lawan, tapi Bukan Musuh

Bakal calon presiden yang diusung oleh Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, menyatakan tidak akan musuh dalam kontestasi Pemilu 2024. Menurut dia, yang ada dalam pemilu adalah lawan politik, bukan musuh.

oleh Putu Merta Surya PutraDelvira Hutabarat diperbarui 08 Mei 2023, 09:21 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2023, 00:05 WIB
Pidato Anies Baswedan di Depan Pendukung dan Partai Politik Koalisi Perubahan
Anies tampak mengenakan setelan jas berwarna hitam dan peci. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden yang diusung oleh Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, menyatakan tidak akan musuh dalam kontestasi Pemilu 2024. Menurut dia, yang ada dalam Pemilu adalah lawan politik, bukan musuh.

"Kita ingatkan kepada semua bahwa bisa jadi ada lawan, tapi tidak ada musuh. Kita tunjukkan ke semua bahwa kita saudara sebangsa. Kita berlawanan gagasan, tapi kita bukan musuh," kata dia di Istora Senayan, Minggu (7/5/2023).

Menurut dia, musuh bertujuan saling menjatuhkan sementara lawan untuk saling menguatkan.

"Musuh saling menghabisi, lawan menguatkan. Lawan debat adalah kawan tukar pikiran. Lawan badminton adalah teman olah raga. Lawan dalam pemilu pilpres mereka adalah teman dalam demokrasi," kata Anies.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, dalam demokrasi modern, tidak ada kekuasan yang berpindah atau hilang, melainkan kekuasaan tetap di tangan rakyat.

"Bila ada yang khawatir kehilanngan kekuasan maka dia tidak paham prinsip dasar demokrasi. Karena kekuasan itu tidak hilang tidak berpindah, itu ada pada saudara semua rakyat Indonesia," pungkasnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan menyinggung lawan besar yang akan dihadapinya dalam Pemilu 2024. Lawan tersebut menurut dia memiliki sumber daya yang sangat besar.

Hal ini disampaikan Anies dalam acara deklarasi relawan Amanat Indonesia (ANIES) di Tennis Indoor Senayan, Minggu (7/5/2023).

"Kita berhadapan dengan sebuah kompetisi. Kompetisi gagasan, kompetisi rencana, rekam jejak. Dan dalam kompetisi ini kita akan berhadapan dengan lawan yang memiliki sumber daya yang luar biasa besar. Lawan yang memiliki kekuatan yang sangat besar, yang bisa mendominasi," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anies Baswedan Mengaku Tidak Takut

Namun demikian, Anies mengaku tidak takut dengan lawan politik yang memiliki kekuatan materi yang bergelimang, menurutnya dengan kekuatan spiritual maka pihaknya tetap bisa menang.

"Kita yakin niat baik, bersama orang baik, tujuan baik, InsyaAllah, Allah bukakan pintu-pintu untuk keberhasilan. Kita tidak pernah gentar dengan ukuran material. Kita akan tunjukkan kekuatan spiritual yang kita miliki," kata Anies.

Dia mengingatkan, Pemilu 2024 bukan soal kemenangan di parpol, melainkan nasib bagi bangsa.

"Ini bukan tentang satu orang, ini bukan tentang satu partai, ini adalah tentang nasib masa depan bangsa kita dan anak-anak dari bangsa kita," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya