Prabowo Akan Bahas Usulan Gibran Rakabuming Raka Jadi Cawapres ke Forum Ketum Parpol Koalisi

Calon presiden Prabowo Subianto mengaku akan membawa usulan Partai Golkar yaitu mengusung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden ke pertemuan para Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

oleh Nila Chrisna YulikaLizsa Egeham diperbarui 21 Okt 2023, 12:14 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2023, 12:14 WIB
Gaya leadership Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang tenang dan sustainable patut diacungkan jempol, di antaranya adalah kedekatan Airlangga dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang baru-baru ini diundang ke DPP Partai Golkar.
Gaya leadership Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang tenang dan sustainable patut diacungkan jempol, di antaranya adalah kedekatan Airlangga dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang baru-baru ini diundang hadir ke DPP Partai Golkar. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Prabowo Subianto mengaku akan membawa usulan Partai Golkar yaitu mengusung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden ke pertemuan para Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Karena KIM terdiri dari 8 partai, 4 partai parlemen, 4 non parlemen, biasanya kita akan rapat, musyawarah dan umumkan keputusan kita bersama. Usul ini akan bawa ke pertemuan ketua umum," ujar Prabowo usai menghadiri Rapimnas Golkar, Sabtu, (21/10/2023).

Prabowo pun meminta publik untuk menunggu deklarasi capres dan cawapres karena sewaktu-waktu bisa saja diumumkan.

"Sewaktu-waktu (bisa deklarasi), bahwa dinamika politik Indonesia memerlukan sikap dinamis, luwes, dan dengan etika berbuat baik untuk rakyat. Kami akan selesaikan dengan stategis dalam waktu sesingkat-singkatnya," kata Prabowo.

Prabowo pun mengapresiasi keputusan Golkar yang menyodorkan Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden. Padahal sebelumnya, Golkar telah mengajukan Ketua Umumnya Airlangga Hartarto.

"Saya resmi jadi capres dan Mas Gibran jadi cawapres, ini keputusan Golkar. Ini keputusan yang luar biasa dan berjiwa besar karena tadinya mencalonkan Airlangga. Tapi Golkar melepas demi kepentingan yang besar," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sodorkan Gibran Jadi Cawapres, Prabowo: Golkar Punya Jiwa yang Besar

Bakal calon presiden Prabowo Subianto mengapresiasi sikap Partai Golkar dan Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto yang mengajukan Wali Koita Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

Padahal, menurut Prabowo, Golkar memiliki banyak tokoh yang mumpuni menjadi capres dan cawapres. Sementara Gibran sendiri saat ini masih menjadi kader PDIP.

"Demi kepentingan yang besar, demi kepentingan rakyat, stabilitas dan kesinambungan beliau dan Golkar hari ini menunjukan jiwa besarnya," kata Prabowo di DPP Partai Golkar, Sabtu, (21/10/2023).

Menurut Prabowo, sikap Golkar ini tidak memikirkan golongan, ego dan hanya berfikir untuk kepentingan bangsa Indonesia.

"Dari lubuk hati saya, saya hormat dengan Partai Golkar," ujarnya.

Selain Airlangga Hartarto, Prabowo juga menyinggung sikap Ridwan Kamil yang juga berjiwa besar tak dicalonkan sebagai wakil presiden.  

"Ridwan kamil salah satu capres dan cawapres sangat disegani dan takuti saat ini, tapi beliau berjiwa besar. Saya berbesar hati siap berjuang bersama Golkar," ujarnya.

Infografis Muncul Usulan Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Muncul Usulan Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya