Elly Lasut-Hanny Joost Disebut Pasangan Calon Terkuat di Pilgub Sulut 2024

Efriza menjelaskan, tingginya elektabilitas pasangan calon ini tak lepas dari ketokohan keduanya dan pengalaman di ranah politik.

oleh Tim News diperbarui 27 Sep 2024, 03:47 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2024, 01:26 WIB
Elly Lasut
Calon gubernur (cagub) Sulawesi Utara (Sulut), Elly Engelbert Lasut-Hanny Joost Pajouw mendapatkan nomor urut 2. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan cagub-cawagub nomor urut 2, Elly Lasut-Hanny Joost Pajouw digadang-gadang sebagai kandidat terkuat di gelaran Pilgub Sulut 2024. Elektabilitas teratas di banding kandidat lainnya menjadi bukti betapa kuat pasangan ini.

Pengamat Politik Citra Institute, Efriza menyebut, pasangan Elly-Hanny mesti menjaga trend positif tingginya elektabilitas guna mengunci kemenangan Pilgub Sulut 2024. Menurutnya, saat ini Elly Lasut sudah satu langkah lebih jauh dari kandidat lainnya.

"Umumnya jika hasil survei kredibel pasangan ini sudah 50 persen, atau jaraknya sudah terpaut jauh sekitar menuju 30 persen maka potensi menangnya besar," kata Efriza, Kamis (26/9/2024).

Efriza menjelaskan, tingginya elektabilitas pasangan calon ini tak lepas dari ketokohan keduanya dan pengalaman di ranah politik. Terkhusus sang cagub yang memiliki pengalaman sebagai Bupati Kepulauan Talaud periode 2004-2024.

Oleh karena itu, Efriza menyebut, duet Elly Lasut-Hanny Joost harus menaruh fokus pada langkah selanjutnya untuk memastikan kemenangan. Caranya, dengan menbentuk sederet program yang prorakyat yang kemudian harus direalisasikan.

"Ini menunjukkan hanya perlu terus berjuang, melanjutkan trend dan strategi ini. Agar benar-benar dapat merawat modal elektabilitas dirinya yang tinggi tersebut untuk sampai kemenangan," ungkap Efriza.

Jika menengok hasil survei LSI Denny JA periode 1-7 September 2024, pasangan Elly Lasut-Hanny Joost unggul hampir 20 persen dibandingkan pasangan Steven Kandouw-Alfred Denny Tuejeh, yang hanya meraih elektabilitas sebesar 34,5 persen.

Mereka juga mengungguli hampir 50 persen di atas pasangan Yulius Stevanus Komaling-Johannes Victor Mailangkay, yang hanya mampu mengumpulkan elektabilitas sebesar 4,3 persen. Ini menunjukkan betapa besarnya dukungan untuk Elly Lasut-Hanny Joost.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dapat Nomor Urut 2

Elly Lasut
Pasangan Calon Guburnur dan Wakil Gubernur Sulut Elly Lasut-Hanny Joost. (Ist).

Calon gubernur (cagub) Sulawesi Utara (Sulut), Elly Engelbert Lasut mengaitkan nomor urut 2 yang didapatkannya pada undian nomor urut pasangan calon dengan kemenangan Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Menurutnya, nomor tersebut angka pemenang.

“Nomor urut 2 yang membawa putra langowan yakni Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih. Ok Gas, nomor 2 torang gas,“ ucap Elly Lasut, Senin (23/9/2024).

Lebih lanjut, ia meminta kepada seluruh masyarakat, khususnya di wilayah Sulut untuk tetap menjaga situasi yang kondusif jelang dan ketika masuk masa kampanye.

Bupati Kepulauan Talaud itu enggan masa kampanye dihiasi narasi-narasi fitnah yang menjatuhkan satu dengan yang lainnya. Menurutnya, masa kampanye harus berjalan kondusif guna melahirkan pesta politik yang berkualitas.

"Kita bangun kampanye damai yang kemudian saudara saudara akan menghadirkan rasa suka cita dan damai sejaterah," ucap Elly.


Infografis

Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Beda Putusan MK dan DPR Terkait Revisi UU Pilkada. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya