Donald Trump Hadapi 37 Tuduhan Kejahatan Terkait Kesalahan Penanganan Dokumen Rahasia

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 10 Jun 2023, 13:45 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2023 13:35 WIB
Dokumen Rahasia Donald Trump
Jaksa penuntut Amerika Serikat membuat 37 dakwaan terhadap Donald Trump dengan menuduh mantan presiden itu menguasai beberapa rahasia keamanan paling sensitif negara itu setelah meninggalkan Gedung Putih pada 2021. Donald Trump dituduh salah menangani dokumen rahasia yang mencakup informasi tentang program nuklir rahasia Amerika Serikat dan potensi kerentanan domestik jika terjadi serangan, kata jaksa dalam dakwaan di sidang pengadilan, Jumat, 9 Juni 2023.
Foto 1 dari 8
Dokumen Rahasia Donald Trump
Dakwaan terhadap mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump difoto pada hari Jumat, 9 Juni 2023. Donald Trump menghadapi 37 dakwaan kejahatan terkait kesalahan penanganan dokumen rahasia menurut dakwaan terbuka yang juga menuduh bahwa dia secara tidak benar membagikan "rencana serangan" Pentagon dan peta rahasia yang terkait dengan operasi militer. (AP Photo/Jon Elswick)
Foto 2 dari 8
Dokumen Rahasia Donald Trump
Jaksa penuntut Amerika Serikat membuat 37 dakwaan terhadap Donald Trump dengan menuduh mantan presiden itu menguasai beberapa rahasia keamanan paling sensitif negara itu setelah meninggalkan Gedung Putih pada 2021. (AP Photo/Jon Elswick)
Foto 3 dari 8
Dokumen Rahasia Donald Trump
Donald Trump dituduh salah menangani dokumen rahasia yang mencakup informasi tentang program nuklir rahasia Amerika Serikat dan potensi kerentanan domestik jika terjadi serangan, kata jaksa dalam dakwaan di sidang pengadilan, Jumat, 9 Juni 2023. (AP Photo/Jon Elswick)
Foto 4 dari 8
Dokumen Rahasia Donald Trump
Donald Trump bersama pengacaranya didakwa berbohong kepada pejabat pemerintah yang ingin mendapatkan kembali dokumen tersebut, menyimpan beberapa dokumen di dalam kotak di sekitar toilet, dan memindahkan yang lain di sekitar rumah resor Mar-a-Lago miliknya di Florida agar tidak ditemukan, kata tuduhan itu. (AP Photo/Jon Elswick)
Foto 5 dari 8
Dokumen Rahasia Donald Trump
Pengungkapan dokumen rahasia yang tidak sah menimbulkan risiko bagi keamanan nasional Amerika Serikat, hubungan luar negeri, dan pengumpulan intelijen, kata jaksa penuntut. (Justice Department via AP)
Foto 6 dari 8
Dokumen Rahasia Donald Trump
Donald Trump dijadwalkan tampil pertama kali dalam kasus tersebut di Pengadilan Miami pada Selasa, sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-77. Sebab, Donald Trump akan menjalani hukuman secara bersamaan jika terbukti bersalah, dia bisa meringkuk 20 tahun di penjara karena menghalangi keadilan, dakwaan yang membawa hukuman tertinggi. (AP Photo/Alex Brandon)
Foto 7 dari 8
Dokumen Rahasia Donald Trump
Dakwaan terhadap mantan Presiden Amerika Serikat atas tuduhan federal belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Amerika Serikat dan muncul pada saat Donald Trump menjadi kandidat terdepan untuk nominasi presiden dari Partai Republik tahun depan. (AP Photo/Alex Brandon)
Foto 8 dari 8
Dokumen Rahasia Donald Trump
Donald Trump dan sekutunya menggambarkan kasus itu sebagai pembalasan politik oleh Presiden Demokrat Joe Biden. Gedung Putih mengatakan Joe Biden tidak mengetahui sebelumnya tentang dakwaan tersebut, dan dia menolak berkomentar ketika wartawan menanyakannya. (AP Photo/Eduardo Munoz Alvarez)