Menag Yaqut Kunjungi Arafah, Pastikan Kesiapan Lokasi Ibadah Wukuf

oleh Arnaz Sofian, diperbarui 21 Jun 2023, 16:13 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2023 16:05 WIB
Menag Yaqut Kunjungi Arafah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengunjungi Arafah untuk memastikan kesiapan lokasi ibadah wukuf, puncak ibadah haji. Salah satu yang menjadi perhatian Yaqut tak lain ketersediaan toilet hingga dapur yang akan digunakan untuk memasak makanan jemaah haji Indonesia.
Foto 1 dari 8
Menag Yaqut Kunjungi Arafah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas naik mobil golf saat mengunjungi Arafah, Arab Saudi, Selasa (20/6/2023). Kedatangan Menag untuk memastikan kesiapan lokasi ibadah wukuf, puncak ibadah haji. (FOTO: MCH PPIH ARAB SAUDI 2023)
Foto 2 dari 8
Menag Yaqut Kunjungi Arafah
Salah satu yang menjadi perhatian Menag tak lain ketersediaan toilet hingga dapur yang akan digunakan untuk memasak makanan jemaah haji Indonesia. (FOTO: MCH PPIH ARAB SAUDI 2023)
Foto 3 dari 8
Menag Yaqut Kunjungi Arafah
Menag mengatakan, penambahan fasilitas toilet sangat penting. Sebab, jemaah haji Indonesia kebanyakan adalah perempuan. (FOTO: MCH PPIH ARAB SAUDI 2023)
Foto 4 dari 8
Menag Yaqut Kunjungi Arafah
Menurutnya, kaum perempuan secara umum memerlukan waktu yang lebih lama ketika berada di toilet, dibanding laki-laki. (FOTO: MCH PPIH ARAB SAUDI 2023)
Foto 5 dari 8
Menag Yaqut Kunjungi Arafah
Menag juga meninjau fasilitas tambahan berupa mobil golf yang disiapkan untuk membantu proses mobilitas dan evakuasi jemaah haji Indonesia. Menag dan jajarannya lalu menjajal mobil golf tersebut. Fasilitas ini penting untuk berbagai keperluan jemaah selama di Arafah. (FOTO: MCH PPIH ARAB SAUDI 2023)
Foto 6 dari 8
Menag Yaqut Kunjungi Arafah
Tiba di Arafah sekitar pukul 17.30 waktu Arab Saudi, Menag lebih dulu meninjau kesiapan tenda jemaah haji Indonesia. Menag melihat tenda sudah digelar karpet merah, serta dilengkapi fasilitas kasur busa. (FOTO: MCH PPIH ARAB SAUDI 2023)
Foto 7 dari 8
Menag Yaqut Kunjungi Arafah
Menag juga sempat duduk di atas kasur untuk mencoba kualitas alas tidur yang telah disiapkan. Layanan kasur ini diberikan kali pertama oleh pihak Masyariq pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M. (FOTO: MCH PPIH ARAB SAUDI 2023)
Foto 8 dari 8
Menag Yaqut Kunjungi Arafah
Sidang isbat Arab Saudi telah memutuskan tanggal dilaksanakannya wukuf di Arafah yaitu 27 Juni 2023. Persiapan pun terlihat di tenda-tenda yang akan digunakan jemaah saat wukuf. (FOTO: MCH PPIH ARAB SAUDI 2023)