Alami Sensasi Tinggal di Hunian Dekat Hutan Kota

Hutan kota berfungsi sebagai wilayah penghijauan dan pelestarian plasma nutfah serta penahan angin.

oleh Kantrimaharani diperbarui 06 Jun 2016, 13:00 WIB
Diterbitkan 06 Jun 2016, 13:00 WIB
Sensasi Tinggal di Hunian Dekat Hutan Kota
Hutan kota berfungsi sebagai wilayah penghijauan dan pelestarian plasma nutfah serta penahan angin.

Liputan6.com, Jakarta Mendengar frasa ‘taman kota’ mungkin sudah sering, tetapi bagaimana dengan ‘hutan kota’? Khususnya di kota-kota besar, rasanya sulit menemukan hutan. Padahal, beberapa kota besar masih memilikinya, termasuk Jakarta.

Dilansir dari penataanruang.com hutan kota adalah suatu hamparan lahan yang bertumbuhan pohon-pohon yang rapat di dalam wilayah perkotaan, baik pada tanah negara maupun tanah yang ditetapkan sebagai hutan kota oleh pejabat yang berwenang.

Selain bertujuan untuk penghijauan dan menurunkan suhu di perkotaan, hutan kota juga berfungsi sebagai tempat pelestarian plasma nutfah, keseimbangan ekosistem, dan penahan angin.

Hutan kota memiliki enam jenis, yakni hutan kota kawasan pemukiman, kawasan industri, kawasan rekreasi, pelestarian plasma nutfah, tipe perlindungan, dan tipe pengamanan.

Khusus hutan kota kawasan pemukiman memiliki karakteristik pohon-pohon dengan perakaran kuat, ranting tidak mudah patah, dan daun tidak mudah gugur. Tujuannya agar keberadaan tanaman tersebut tidak mengakibatkan kecelakaan seperti pohon tumbang, ranting yang putus, dan sebagainya.

Pemerintah Indonesia saat ini, memang sedang menggalakkan optimalisasi hutan kota. Khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Jogjakarta, yang menjadi lokasi favorit para pencari hunian.

Nah, jika Anda menghendaki tinggal di daerah yang teduh dan nyaman dekat dengan huta kota, berikut lima hunian yang layak Anda pilih. Berikut ulasannya:

1. Jakarta

Hutan kota Srengseng (sumber: 81srengseng.com)

Tinggal di Jakarta adalah impian bagi setiap orang. Pasalnya, fasilitas dan infrastrukturnya lengkap. Pusat bisnis dan pemerintahan pun ada di sini. Konon, 90% perputaran uang di Indonesia berada di DKI Jakarta ini.

Itupula yang menyebabkan provinsi ini padat penduduk. Dengan luas daratan 661,52km2, penduduknya pada 2014 saja tercatat sudah mencapai 10,075 juta jiwa. Artinya, terdapat lebih dari 15 ribu penduduk per km2.

Tapi siapa sangka, di tengah padatnya Jakarta, Anda masih bisa merasaka suasana adem di antara pepohonan di pagi dan sore hari. Dua hutan kota yang cukup dikenal masyarakat Jakarta adalah Hutan Kota Srengseng dan Hutan Kota Mabes TNI Cilangkap.

Tidak hanya pepohonan, hutan ini juga dipercantik oleh danau/situ buatan. Maka tidak heran, bila banyak warga yang menghabiskan akhir pekan dengan jogging atau hanya duduk-duduk bersama kelaurga.

Hunian yang bisa Anda pilih antara lain Puri Botanical dan Perumahan Samara Moslem Town House.

Puri Botanical adalah hunian yang berada di Kawasan Joglo-Jakarta Barat, dan terintegrasi dengan area komersil seperti mal dan ruko. Dibangun seluas 135 Ha, PT. Copylas Indonesia memorsikan seluas 100 Ha untuk residensial.

Perumahan Puri Botanical Joglo Jakarta Barat.

Suasana huniannya juga teduh. Sebab, selain memiliki RTH seluas 6 Ha, juga lumayan dekat dengan Hutan Srengseng. Jarak dari Puri Botanical dengan Hutan Kota Srengseng terpaut 5 kilometer. Anda bisa menuju hutan tersebut sekitar 17 menit menggunakan kendaraan.

Selain Puri Botanical, ada juga Perumahan Samara Moslem Town House. Perumahan ini berlokasi di Jalan Cipayung, Jakarta Timur. Lokasinya juga dengan Hutan Kota Mabes TNI Cilangkap, yakni 6 kilometer.

Hutan kota Mabes TNI Cilangkap (sumber: ensikopedia.com)

Berbeda dengan perumahan lainnya, Samara Town House mengusung konsep hunian islami. Terdapat 12 hunian bergaya minimalis modern, yang kesemuanya dibangun dua lantai.

Sesuai dengan konsepnya, perumahan ini hanya melakukan transaksi secara syariah. Jadi, bagi Anda nasabah bank syariah, ini tentu menjadi kemudahan tersendiri.

Perumahan Samara Town House.

(Cari perumahan baru di Jakarta klik di sini)

2. Bandung

Hutan kota Juanda Maribaya Bandung (sumber: bandungview.info)

Bandung dikenal sebagai tempat wisata, fashion, dan kuliner. Udaranya yang jauh lebih sejuk di bandingkan Jakarta, membuat warga Jakarta ‘betah’ menghabiskan libur akhir pekan.

Suasananya kian sejuk dengan adanya hutan kota di Taman Juanda. Ini merupakan hutan kota terbesar di Kota Bandung. Luasnya mencapai 590 hektar.

Lokasi hutan kota ini juga lumayan tinggi, yakni berada di 770 mdpl, sehingga bila Anda berada di atas, Anda bisa melihat keindahan Kota Bandung.

Selain menjadi tempat wisata, hutan ini juga dijadikan area konservasi biota. Apabila Anda memasuki area hutan, Anda akan disambut dengan tingginya batang nan rindang dari pohon Mahoni Uganda.

Jika Anda ingin merasakan tinggal di sekitar hutan kota, The MAJ Collection Hotel & Residence adalah hunian tepat dan dekat yang bisa Anda pilih.

Tampilan dalam unit di The MAJ Collection Bandung.

Lokasi persis The MAJ Collection Hotel & Residence berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 474 Dago Atas, Bandung. Hunian ini berbentuk apartemen 233 unit dengan tipe studio, 1 bedroom dan 2 bedroom.

Jarak dari perumahan menuju Hutan Kota Juanda adalah 2,3 kilometer. Dengan menggunakan kendaraan, waktu perjalanan kurang lebih 7 menit.

Hunian The MAJ Collection Hotel & Residence memiliki fasilitas hotel, kolam renang, tempat gym, dan lobi.

(Cari perumahan baru di Bandung klik di sini)

3. Surabaya

Hutan Kota Balas Klumprik Surabaya (sumber: yipd.or.id)

Di Surabaya terdapat tiga hutan kota antara lain, Hutan Kota Pakal, Hutan Kota Balas Klumprik, dan Hutan Kota Gunung Anyar.

Hunian yang dekat dengan salah satu hutan kota adalah Wisata Bukit Mas. Lokasi perumahan ini ada di Jalan Raya Menganti Lidah Weta, Surabaya, Jawa Timur.

Perumahan Wisata Bukit Mas Surabaya.

Wisata Bukit Mas merupakan produk premium dari pengembang ternama, Sinarmas Land. Dibangun di atas lahan 100 Ha, perumahan ini menyediakan 14 cluster yang dilengkapi dengan fasilitas colloseum club house adventure park. total perumaha sebanyak 1000 unit dengan target market midlle high end.

Hutan kota yang paling dekat dengan Wisata Bukit Mas adalah Hutan Kota Balas Klumprik. Jarak keduanya terpaut 7,9 kilometer. Dengan menggunakan kendaraan, Anda bisa sampai ke lokasi selama 17 menit.

(Cari perumahan baru di Surabaya klik di sini)

4. Yogyakarta

Serupa dengan Surabaya, kota hutan di Jogjakarta juga cukup banyak. Setidaknya terdapat lima lokasi kota hutan, salah satunya adalah Hutan Kota Lapangan Kotagede. Hutan kota ini baru saja ditanami 10 ribu pohon.

Hunian yang bisa Anda pilih dekat Hutan Kota Lapangan Kotagede adalah Agatama Regency Banguntapan. Perumahan ini berada sekitar 3,6 kilometer atau setara dengan 10 menit lama waktu perjalanan.

Perumahan Agatama Regency Banguntapan Yogyakarta.

Agatama Regency Banguntapan menyediakan harga terjangkau, yakni mulai dari Rp326 juta-Rp836 juta. Dengan total 36 unit, mengusung konsep rumah minimalis berbagai tipe antara lain Tipe 64, Tipe 123, dan Tipe 121.

(Cari perumahan baru di Yogkarta klik di sini)

Feature picture: pixabay.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya