Inspirasi Rancang Ruang Belajar Anak

Ajak anak untuk lebih semangat belajar dengan merancang area meja belajar yang atraktif

oleh Isnaini Khoirunisa diperbarui 10 Jun 2016, 07:00 WIB
Diterbitkan 10 Jun 2016, 07:00 WIB
Inspirasi Rancang Ruang Belajar Anak
Ajak anak untuk lebih semangat belajar dengan merancang area meja belajar yang atraktif

Liputan6.com, Jakarta Sebagian anak kerap malas jika diajak belajar atau mengerjakan tugas dari sekolahnya. Jangan cemas, mungkin penyebabnya adalah ruang belajar yang masih belum memadai. Untuk itu, tidak ada salahnya merancang sebuah area belajar yang menyenangkan layaknya tempat bermain.

Siapkan sisa ruang di kamar tidurnya untuk merancang sebuah meja belajar. Kemudian, rancang ruang belajar menjadi lebih atraktif. Caranya? Simak beberapa poin berikut ini, diadaptasi dari Rumah.com

foto: hometrendsdesign.com

  • Setelah membeli meja belajar dengan ukuran yang pas untuk tubuh anak, kini Anda bisa mendesain area belajar ini menjadi menyenangkan. Hias meja belajar dengan tema karakter dan warna kesukaannya. Dengan begitu anak-anak akan tertarik untuk duduk dan berada di tengah barang-barang kesukaannya.
  • Untuk ukuran, buat meja belajar layaknya sebuah alat tulis di kamar, yang lengkap menyimpan seluruh kebutuhan belajar. Mulai dari rak yang cukup lebar dan luas untuk menyimpan buku, meja yang luas untuk menulis, sampai dengan kursi yang nyaman untuk diduduki.

  • Ketinggian meja belajar harus sesuai dengan ketinggian badan anak-anak. Kemudian pilih kursi yang nyaman dengan punggung lurus. Terakhir, sediakan penerangan yang cukup untuk mencegah ketegangan pada mata ketika anak-anak belajar dalam jangka waktu lama.

  • Karena terletak di kamar tidur, meja belajar ini mungkin bisa membuat ruangan terkesan penuh dan sempit. Untuk itu Anda harus jeli mengukur sisa ruang dan disesuaikan dengan meja belajar yang dibeli. Usahakan terdapat ruang pemisah antar wilayah belajar dan tempat tidur.

  • Untuk mengurangi kesan pengap dan membosankan, jendela yang berguna sebagai sirkulasi udara sangat penting di sediakan di kamar tidurnya. Namun usahakan lokasinya agak jauh dari meja belajar untuk menghindari kehilangan konsentrasi anak-anak ketika mereka belajar. Lebih baik letakkan meja di sudut dinding.

  • Terakhir, pemilihan warna juga sangat penting untuk diperhatikan. Pilih warna yang sesuai dengan kondisi ruang, misalnya warna biru. Warna itu dapat memberi perasaan tenang dan kondusif untuk belajar. Tambahkan warna warna atau aksesoris ceria untuk membuat anak menjadi lebih bersemangat.

Foto: watergamesonline.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya