Jangan Taruh Benda-Benda Ini di Luar Ruangan!

Beberapa barang bisa cepat rusak atau mengundang masalah jika diletakkan di garasi, teras, atau halaman rumah. Apa saja?

oleh boyleonard diperbarui 22 Sep 2016, 15:36 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2016, 15:36 WIB
20160922-jangan letakkan ini di luar rumah-rumahcom-boy
Beberapa barang bisa cepat rusak atau mengundang masalah jika diletakkan di garasi, teras, atau halaman rumah. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Selain untuk menaruh mobil, garasi, teras, dan kadang juga halaman rumah sering difungsikan sebagai tempat menyimpan barang-barang. Padahal, tidak semua barang bisa diletakan di sana. Apalagi jika tujuan meletakannya di sana agar barang-barang tersebut tidak cepat rusak.

Untuk beberapa barang, sebaiknya disimpan dengan baik di dalam rumah saja, bukannya diletakan di garasi, teras, apalagi di halaman – kecuali jika Anda memang sengaja mengundang tikus supaya bersarang di sana. Terutama untuk barang-barang seperti berikut ini.

Furnitur bekas

Tikus suka menjadikan bantal, sofa, meja kayu, dan kursi yang tidak terpakai sebagai tempat mereka bersarang. Karena itu, jangan meletakkan barang-barang tersebut sembarangan di garasi atau di tempat yang lembap.

Lebih baik sumbangkan atau berikan saja kepada orang lain jika Anda memang tidak memiliki ruang untuk menyimpan barang-barang lama seperti furnitur bekas.

Makanan kering

Hindari kebiasaan menyimpan makanan kering untuk anjing dan kucing dalam plastik dan meletakkannya di garasi. Meskipun Anda sudah menutup plastik dengan rapat, tikus tetap saja tertarik untuk melubangi plastik tersebut.

Jadi, simpan makanan untuk hewan peliharaan di dalam kotak atau wadah tertutup yang kedap udara, lalu letakkan di dapur.

Sepatu

Ketika aktivitas sedang padat, kadang-kadang kita lupa memasukkan sepatu ke dalam rumah atau justru sengaja membiarkannya di teras agar mudah dicari setiap pagi.

Padahal, meninggalkan sepatu di luar rumah terlalu lama dapat menarik perhatian tikus untuk meninggalkan kotorannya ataupun menggigit bagian sol sepatunya.

Di samping itu, hujan juga dapat menyebabkan sepatu jadi lembap, sehingga berjamur dan berbau tidak sedap. Untuk memperpanjang umur sepatu, susun rapi di rak dan bersihkan seminggu sekali.

Sepeda

Setelah satu minggu membiarkan sepeda di halaman rumah, Anda akan melihat perbedaan atau bahkan kerusakan pada beberapa bagiannya.

Akibat terkena panas dan hujan, mungkin warna sepeda jadi memudar, rantainya mulai timbul karat, dan bagian material plastiknya jadi rapuh. Jika tidak dipakai, simpan sepeda di garasi dan tutupi dengan cover plastik.

Mainan anak-anak

Selain mengurangi poin kerapian, membiarkan mainan anak-anak tersebar di teras, garasi, dan sekitar halaman rumah merupakan kebiasaan yang buruk dan berbahaya.

Secara tidak sengaja, Anda atau anggota keluarga lainnya mungkin akan menginjak mainan hingga kemudian terjatuh. Oleh karena itu, ajak anak-anak untuk menyimpan mainan di tempat khusus setelah selesai bermain di halaman depan rumah.

Foto Pixabay.com

Sumber: Rumah.com

Nur Rahma

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya