Cegah Si Kecil Bikin Rumah Berantakan

Siapa bilang balita tak bisa dikenakan aturan. Buatlah aturan jika anak hanya boleh bermain di dalam kamar atau ruangan tertentu.

oleh boyleonard diperbarui 24 Jan 2017, 18:54 WIB
Diterbitkan 24 Jan 2017, 18:54 WIB
20170120-tips agar rumah tidak berantakan gara-gara anak-rumahcom-boy
Siapa bilang balita tak bisa dikenakan aturan. Buatlah aturan jika anak hanya boleh bermain di dalam kamar atau ruangan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri, kehadiran anak membuat rumah susah rapi. Banyaknya mainan, tas, dan peralatan penunjang kebutuhan anak seperti stroller, sepatu, hingga pakaian anak seakan berserakan di sekitar rumah.

Belum lagi kebiasaan anak yang menumpahkan seluruh mainannya di lantai. Padahal jika kondisi rumah berantakan, tentunya akan membahayakan anak—dia bisa tersandung atau memungut benda yang berujung tajam.

Agar rumah tak harus berantakan karena ulah si kecil, yuk, atasi dengan cara yang dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Siapkan ruangan

Siapa bilang balita tak bisa dikenakan aturan. Buatlah aturan jika anak hanya boleh bermain di dalam kamar atau ruangan tertentu yang sudah Anda tetapkan sebagai ruang bermainnya.

Di dalam ruangan itu, dia boleh menggambar, bermain rumah-rumahan kesukaannya, bahkan mengajak temannya ikut serta. Gunanya, agar anak terlatih disiplin dan tak meletakkan mainannya sembarangan.

Ubah dinding menjadi area menggambar

Anak cenderung suka mencorat-coret. Dan salah satu sasarannya adalah dinding rumah Anda. Melarangnya sama saja menyuruhnya, semakin dilarang, dia akan semakin hobi mencoret.

Agar lebih seru dan tak merusak dinding Anda, siapkan papan tulis raksasa di salah satu dinding. Biarkan anak berkreasi di papan tersebut, dan dia pun bisa menyalurkan hobinya di dinding.

Ajak anak bermain di luar

Salah satu penyebab anak hobi membiarkan mainannya berantakan di dalam rumah adalah kurangnya durasi anak mengeksplorasi lingkungan di luar rumah.

Biasanya, akibat Anda jarang mengajaknya bermain di luar ruangan, anak merasa bosan dan dia meminta perhatian Anda dengan membawa mainannya ke dalam rumah dengan harapan Anda mau bermain dengannya.

Siapkan properti khusus agar anak mau mengeksplorasi halaman, misalnya dengan membuat kolam renang buatan, mengajaknya kamping menggunakan tenda kecil, atau sekadar main bola di depan rumah.

Adakan kegiatan berbenah

Ajak si kecil membereskan mainannya setiap minggu dengan hadiah tertentu. Tak harus berupa barang, bisa dengan membuatkan makanan kesukaannya atau membolehkannya menonton film kartun usai membereskan mainan.

(Simak juga: Cara Tepat Ajar Anak Bersihkan Rumah Sejak Dini)

Bagi pasangan yang baru mempunyai satu anak atau keluarga kecil, temukan pilihan rumah dengan dua kamar tidur di bawah Rp500 Juta di seluruh Indonesia di sini.

Foto: Rumah.com/Getty Images

Rina Susanto

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya