Sipon Istri Wiji Thukul Meninggal Dunia di Solo, Punya Riwayat Penyakit Diabetes

Istri penyair Wiji Thukul, Dyah Sujirah atau yang akrab disapa Sipon meninggal dunia, Kamis (5/1/2023)

oleh Fajar Abrori diperbarui 05 Jan 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2023, 16:59 WIB
Sipon
Sipon istri Wiji Thukul disemayamkan di rumah duka yang beralamat di Kalangan RT 1 RW 14 Kelurahan Jagalan, Solo, Kamis (5/1/2023). (Liputan6.com/ Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Istri penyair Wiji Thukul, Dyah Sujirah atau yang akrab disapa Sipon meninggal dunia, Kamis (5/1/2023). Ibu dua anak itu meninggal di rumah sakit lantaran menderita penyakit diabetes.

Menurut juru bicara keluarga, Hastin Dirgantari bahwa Sipon sejak lama memiliki riwayat penyakit diabetes. Saking tingginya kadar gula dalam darah, kaki kanan istri aktivis korban penculikan 98 itu dilakukan amputasi.

“Tetapi dua minggu ini mulai sakit lagi. Sakitnya ternyata jantung,” kata dia saat ditemui di rumah duka yang beralamat di Kalangan RT 1 RW 14 Kelurahan Jagalan, Solo, Kamis (5/1/2023).

Menurut Hestin, Sipon mengeluh sakit sejak dua hari kemarin. Karena kesakitan, ia pun menghubungi putra kedua pasangan Sipon dan Wiji Thukul, Fajar Merah untuk merayunya agar mau dirujuk ke rumah sakit.

“Saya telepon fajar karena yang bisa membawa ke rumah sakit itu Fajar. Terus sebelum dibawa ke rumah sakit, saja bawa ke dokter Novi. Dokter itu bilang harus dibawa ke rumah sakit,” ucapnya.

Kemudian, Sipon pun dibawa ke rumah sakit Hermina Solo pada Rabu malam (4/1/2023). Selama di rumah sakit, Sipon pun didampingi oleh anak-anaknya.

“Pagi tadi Wani (sapaan putrinya-Fitri Nganthi Wani) disuruh pulang. Terus setelah itu Wani ditelepon suruh kembali ke rumah sakit karena Mbak Pon sudah mulai serangan jatung. Dan pukul 13.01 WIB beliau sudah meninggal,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya