Kolaborasi Kemenparekraf dan Emak-Emak Supermom untuk Genjot Wisata Indonesia dan Ekonomi Kreatif

Pada bulan Juni nanti, kolaborasi resmi antara Supermom dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, akan diluncurkan.

oleh Liputan6dotcom diperbarui 02 Apr 2023, 13:08 WIB
Diterbitkan 10 Mar 2023, 00:21 WIB
Kolaborasi Kemenparekraf dan Supermom
Kolaborasi Kemenparekraf dan Supermom

Liputan6.com, Jakarta - Peranan perempuan dalam perekonomian kreatif sangat krusial. Berdasarkan data terakhir BPS dan Bekraf, dalam ekonomi industri kreatif pekerja perempuan menjadi pemeran utama dengan persentase 53,68 persen. Hal ini juga didukung dengan kepemilikan usaha ekonomi kreatif yang didominasi oleh pengusaha perempuan sebesar 54,96 persen.

Menyadari hal tersebut, Supermom sebagai platform teknologi digital yang membuat para ibu dan keluarga bisa mendapatkan rekomendasi terbaik dari berbagai lokapasar daring serta memiliki jejaring ibu terbesar di Indonesia, akan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Hal ini diutarakan dalam kunjungannya ke kantor Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, beberapa saat yang lalu, menjelang Hari Perempuan Internasional.

“Suatu kehormatan bagi kami untuk dapat bertemu dengan Bapak Sandiaga Uno guna membahas bagaimana Supermom bisa berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia di berbagai domain dan bidang yang dapat membantu pertumbuhan ekonomi dan sosial Indonesia,” ucap Anwesh Bose, Country Director Supermom Indonesia.

Pada bulan Juni nanti, kolaborasi resmi antara Supermom dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, akan diluncurkan. Peluncuran ini akan menjadi momentum penting bagi kedua belah pihak untuk memperkenalkan detail kolaborasi lebih lanjut serta mengukuhkan tujuan yang ingin dicapai.

Di samping itu, acara tersebut juga diharapkan mampu memberikan banyak peluang bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. untuk terus berkembang serta memberikan dampak positif bagi bisnis dan destinasi wisata yang terlibat dalam kolaborasi ini.

“Kami yakin dengan kolaborasi ini, Supermom tidak hanya bisa membantu para ibu untuk menjadi lebih produktif, tapi juga bisa mendorong para ibu untuk mempromosikan produk kreatif dan destinasi-destinasi pariwisata Indonesia,” kata Yenny Stutts, Marketing Director & Operational Supermom Indonesia.

Mulai bulan Juni, Supermom akan memanfaatkan jejaring luas para ibu yang dimilikinya, untuk mempromosikan produk-produk kreatif Indonesia melalui konten-konten yang dibuat oleh para ibu sebagai pengguna aplikasi, mengulas dan merekomendasikan produk kreatif Indonesia dalam keseharian mereka.

Supermom optimistis dengan jejaring Supermom di Asia Tenggara yang menjangkau 20 juta anggota dari 1000+ komunitas yang ada, di mana 1,5 miliar di antaranya terhubung dengan platform Instagram dan 32 miliar terhubung dengan platform Facebook. Dengan itu Supermom bisa membantu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia mencapai target 7,4 juta wisatawan mancanegara.

“Kolaborasi antara Supermom dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, memberikan platform bagi para ibu untuk menunjukkan keterampilan dan bakat yang mereka miliki, meningkatkan motivasi serta kemandirian dalam mengambil peran aktif pada pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ucap Bobby Arthawan selaku Vice President SEA Marketing Supermom.

Melalui promosi produk kreatif, Supermom memberikan kesempatan bagi bisnis produk kreatif Indonesia untuk mencapai audiens yang lebih luas dengan mendapatkan lebih banyak paparan. Dengan cara ini, bisnis produk kreatif Indonesia dapat tumbuh dan berkembang, serta membantu meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia secara keseluruhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apresiasi Menteri Sandiaga

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi upaya-upaya Supermom untuk selalu melibatkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di dalam setiap programnya. Selama ini, kementerian sudah bekerja sama dengan Supermom antara lain melalui peluncuran aplikasi Supermom 2022 dan Supermom Brand Awards 2023.

“Pada pertemuan kali ini, kami sepakat untuk bekerja sama dengan Supermom lebih lanjut, yaitu dengan menjalankan ulasan destinasi –destinasi wisata dan produk-produk ekonomi kreatif Indonesia”.

Fitur rekomendasi destinasi wisata Indonesia akan resmi terdapat di aplikasi Supermom mulai bulan Juni mendatang. Jejaring komunitas ibu yang dimiliki oleh Supermom dan tersebar di berbagai negara Asia Tenggara, termasuk Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Thailand; dapat mendukung promosi pariwisata Indonesia dan membantu meningkatkan jumlah wisatawan asing dari Asia Tenggara yang berkunjung ke Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya