Kabupaten Purwakarta, Penghasil Buah Durian Unggulan di Jawa Barat

Kabupaten Purwakarta, punya produk hortikultura unggulan selain buah manggis. Sebut saja salah satunya, Buah Durian.

oleh Asep Mulyana diperbarui 31 Jan 2024, 20:00 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2024, 20:00 WIB
Lima Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Ternyata Penghasil Buah Durian Unggulan
Warga di Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta saat menjajakan buah durian hasil panennya. Foto (Liputan6.com/Asep Mulyana)

Liputan6.com, Purwakarta - Kabupaten Purwakarta, ternyata merupakan salah satu daerah penghasil Buah Durian unggulan di Jawa Barat. Centralnya, ada di lima kecamatan. Yakni, Pondoksalam, Wanayasa, Bojong, Darangdan, dan Kecamatan Sukatani.

Kepala Bidang Perkebunan Hortikultura pada Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta, Kurnia Prawira Saputra menjelaskan, hingga 2023 kemarin populasi pohon durian di wilayahnya tercatat ada sebanyak 75.012 pohon atau jika dikonversikan setara dengan 750 hektare.

"Sebenarnya, produk hortikultura unggulan di kita itu melimpah ya. Jadi, bukan hanya manggis. Tetapi kita juga punya central buah durian," ujar Kurnia kepada Liputan6.com di kantornya, Selasa (30/1/2023).

Kurnia menuturkan, selama ini buah durian cukup potensial secara ekonomi. Apalagi, produktivitasnya juga terus meningkat dalam setiap tahunnya. Sebagai contoh, di 2023 kemarin produktivitas buah durian khas wilayanya itu mencapai 25.249 kuintal.

"Ada peningkatan produktivitas di 2023 kemarin. Kalau di 2022, itu capaiannya di angka 13.447 kuintal. Sedangkan di tahun kemarin, hasil produksinya mencapai 25.249 kuintal," jelas dia.

Adapun jumlah produktivitas tersebut, lanjut dia, merupakan akumulasi hasil panen dari sebanyak 25.134 pohon. Sedangkan, hasil panen sendiri, selain kebutuhan pasar lokal juga untuk dikirim ke luar daerah.

Perlu diketahui bersama, kata dia, dari jumlah populasi pohon durian yang ada, itu terbagi menjadi dua kategori. Pertama, kategori tanaman menghasilkan (TM) dan kategori tanaman belum menghasilkan (TBM). Untuk kategori TBM, populasi ada sebanyak 36.076 pohon dan yang kategori TM ada sebanyak 25.137 pohon.

Terkait sebaran populasi pohon durian di wilayahnya, Kurnia merinci paling banyak ada di 5 kecamatan. Pertama, di Kecamatan Pondok Salam dengan jumlah populasinya mencapai 19.318 pohon dan produksinya mencapai 8.669 kuintal di 2023 kemarin.

Kemudian, Kecamatan Wanayasa dengan jumlah populasinya mencapai 4.080 pohon yang mengasilkan buah durian sebanyak 7.072 kuintal di 2023 kemarin. Lalu, Kecamatan Bojong dengan jumlah populasinya mencapai 6.577 pohon dan menghasilkan 3.200 kuintal buah durian.

Selanjutnya, Kecamatan Darangdan dengan jumlah populasi mencapai 489 pohon dan menghasilkan 1.722 kwuintal buah durian. Terakhir, Kecamatan Sukatani dengan jumlah populasinya mencapai 7.315 pohon dan menghasilkan 1.378 kuintal buah durian.

"Sebenarnya, populasi pohon durian ini tersebar di 17 kecamatan yang ada. Hanya saja, di lima kecamatan tersebut yang paling banyak populasinya," tambah dia.

Kurnia menambahkan, buah durian yang ada di wilayahnya terdapat berbagai jenis. Bukan hanya durian lokal, di wilayah ini juga dikembangkan buah durian jenin Bawor dan Musang King.

Sejauh ini, jajarannya juga turut mendorong produktivitas perkebunan rakyat itu. Karena, menurut dia, dengan melimpahnya hasil kebun jenis ini tentunya akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya