Rayakan Anniversary ke-11, Ini 6 Tren Kpop yang Dipelopori BTS

Tak hanya soal musik, BTS juga tercatat sebagai pelopor beberapa tren di industri Kpop.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 11 Jun 2024, 21:36 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2024, 21:33 WIB
Grup K-Pop asal Korea Selatan, BTS, di Gaonchart Kpop Awards pada tahun 2015. (Twitter/@BTS_ARMY)
Grup K-Pop asal Korea Selatan, BTS, di Gaonchart Kpop Awards pada tahun 2015. (Twitter/@BTS_ARMY)

Liputan6.com, Yogyakarta - Grup Kpop fenomenal, BTS, bakal merayakan anniversary ke-11 pada 13 Juni 2024. Berawal dari agensi kecil, BTS pun tumbuh menjadi ikon Kpop dan telah mempelopori berbagai tren di industri musik Kpop.

Beberapa idol dan tokoh Korea Selatan, termasuk Presiden Moon Jae-In dan sesama idol lain, juga telah mengakui bahwa BTS membuka jalan bagi artis lainnya. Istilah 'BTS paved the way' pun menjadi sebuah ungkapan yang tak bisa dilepaskan dari Bangtan Sonyeondan (kepanjangan BTS).

Tak hanya soal musik, BTS juga tercatat sebagai pelopor beberapa tren di industri Kpop. Mengutip dari Sportskeeda, berikut tren Kpop BTS:

1. Akun media sosial

Berasal dari agensi kecil yang bukan bagian dari Big 3 (SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment), BTS tak memiliki dukungan moneter untuk mempromosi karya mereka lebih luas. Mereka pun memilih metode yang paling asli untuk terhubung dengan penggemar, yakni internet.

Mereka menggunakan YouTube dan Twitter (sekarang berubah nama menjadi X) untuk menampilkan diri mereka yang sebenarnya dan tanpa filter. Pada tahun tersebut, kedua platform itu memang sedang meledak.

Bahkan, mereka membuat akun sebelum resmi debut, yakni pada 2011 (Twitter) dan 2012 (Youtube). Melalui akun X @bts_twt, mereka berinteraksi dengan penggemar, sedangkan YouTube BANGTANTV digunakan sebagai platform mengunggah kegiatan vlog sederhana mereka. Mereka juga kerap mengunggah lagu di SoundCloud.

Saking aktifnya di media sosial, BTS berhasil memenangkan kategori Top Social Artist dari Billboard Music Award (BBMA) selama lima tahun berturut-turut, yakni pada 2017-2021. Melihat kesuksesan tersebut, sejumlah grup K-pop pun memulai akun Twitter mereka pada 2017. Hingga kini, hampir semua grup Kpop telah memiliki akun media sosial masing-masing.

2. Album Trilogi atau Seri

BTS menjadi pelopor grup yang merilis trilogi atau album seri, yang merupakan seri tiga bagian. Lagu-lagu dari satu album mengalir ke album berikutnya. Setiap serinya berfokus pada tema yang berbeda tetapi saling berhubungan.

Mereka sudah memulainya sejak awal debut dengan School Trilogy. Konsep ini kemudian dilanjutkan dengan The Most Beautiful Moment in Life Trilogy (HYYH Trilogy), Love Yourself Trilogy, hingga Map of The Soul Trilogy. Setelah perilisan tersebut, banyak grup K-pop yang mulai mengadaptasi konsep tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lagu dan MV Penuh Teori Rumit

3. Lagu dan MV penuh teori rumit

Setiap lagu dan musik video (MV) yang mereka rilis selalu menghadirkan alur cerita yang rumit. Para fans yang penasaran pun berlomba membuat teori sendiri dengan menghubungkan beberapa clue dari MV.

BTS juga telah menciptakan dunia fiksi mereka sendiri yang dikenal sebagai Bangtan Universe (BU) yang berkaitan dengan HYYH Trilogy. Setiap anggota memiliki alur cerita fiksi mereka sendiri yang berevolusi dengan setiap rilisan baru.

Saking populernya, HYYH pun dibuat bersi drama dengan judul Begins ≠ Youth (2024). Mengikuti kesuksesan BU, beberapa grup pun mulai memperkenalkan alam semesta mereka sendiri.

4. Rilis musik pada Jumat siang

Umumnya, grup Kpop akan merilis musik pada pukul 18.00 waktu setempat. Ini dimaksudkan agar lagu yang baru dirilis bisa menjangkau pendengar lebih banyak, sehingga berpengaruh pada kinerja tangga lagu terbaik di platform musik Korea Selatan.

Namun, BTS berani keluar dari kebiasaan tersebut. BTS pun memilih merilis musik pada Jumat pukul 13.00 waktu setempat. Keputusan ini menyusul kepopuleran mereka yang semakin meningkat di AS.

Berkat trik ini, BTS beberapa kali berhasil menjebol tangga lagu dunia. Tak lama setelah itu, beberapa grup Kpop mulai mengikuti jejak BTS dengan merilis musik baru pada Jumat siang.

5. Jadi bintang tamu di acara talkshow Amerika Serikat

Dari sekian banyaknya acara talkshow populer di AS, hampir semuanya pernah didatangi BTS sebagai bintang tamu. Mereka bahkan juga telah tampil di sejumlah acara penghargaan musik bergengsi dunia.

Hal tersebut sekaligus menjadikan BTS sebagai grup pertama yang tampil di acara bincang-bincang AS. Pada 2018, BTS adalah artis Kpop pertama yang pernah melakukan wawancara dengan Grammy Museum. Setelah itu, beberapa grup Kpop lain pun mengikuti.

6. Video musik Halloween

Pesta Halloween selalu menjadi hal umum di industri K-pop. SM Entertainment menjadi yang paling terkenal di dunia K-pop yang kerap menggelar pesta tersebut.

BTS, di sisi lain, memperkenalkan cara baru untuk memberi penghargaan kepada penggemar dengan merilis video dance practice atau dance performance dengan kostum Halloween. Mereka akan bersenang-senang dan berdandan sebagai karakter yang berbeda dan menampilkan koreografi hit terbaru mereka.

Setelah itu, banyak grup Kpop lain yang telah mengikuti tren ini dengan merilis video mereka sendiri. Namun, tren Kpop yang dipelopori BTS ini sudah tak lagi dilakukan oleh RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya