KA Tambahan Sribilah Utama Fakultatif Dioperasikan Selama Libur Panjang Idul Adha

Libur panjang yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024, PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara (PT KAI Divre I Sumut) mengoperasikan 1 kereta api tambahan.

oleh Reza Efendi diperbarui 15 Jun 2024, 10:25 WIB
Diterbitkan 15 Jun 2024, 10:25 WIB
KA Sribilah Utama
KA Sribilah Utama

Liputan6.com, Medan Libur panjang yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024, PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara (PT KAI Divre I Sumut) mengoperasikan 1 kereta api tambahan.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin mengatakan, kereta api tambahan yang dioperasikan adalah Sribilah Utama Fakultatif relasi Medan-Rantau Prapat (PP) mulai 14 hingga 18 Juni 2024.

"Tambahan KA Sribilah Utama Fakultatif dijalankan satu kali dari Stasiun Medan, dan satu kali dari Stasiun Rantau Prapat menggunakan rangkaian kereta kelas ekonomi dengan kapasitas angkut sebanyak 530 tempat duduk," kata Anwar, Sabtu (15/6/2024).

Penambahan perjalanan KA Sribilah Utama Fakultatif dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa libur panjang Idul Adha 1445 Hijriah.

"Secara total, PT KAI Divre I Sumut menyediakan 5.300 tiket kereta api tambahan Sribilah Utama Fakultatif selama libur panjang Idul Adha," Anwar menjelaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sudah Bisa Dipesan dan Dibeli

Stasiun Besar Kereta Api Medan
Stasiun Besar Kereta Api Medan

Masyarakat sudah dapat memesan tiket kereta api tambahan Sribilah Utama Fakultatif mulai Kamis, 13 Juni 2024, melalui aplikasi Access by KAI, web resmi kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Berikut jadwal KA Tambahan Sribilah Utama Fakultatif:

KA U58A relasi Medan-Rantau Prapat

  • Stasiun Medan: 10.25 WIB
  • Stasiun Tebing Tinggi: 12.31 WIB
  • Stasiun Kisaran: 13.59 WIB
  • Stasiun Mambangmuda: 14.57 WIB
  • Stasiun Rantau Prapat: 16.30 WIB

KA U57A relasi Rantau Prapat-Medan

  • Stasiun Rantau Prapat: 17.05 WIB
  • Stasiun Mambangmuda: 18.19 WIB
  • Stasiun Kisaran: 19.27 WIB
  • Stasiun Tebing Tinggi: 20.55 WIB
  • Stasiun Medan: 22.43 WIB

Dengan harga tiket Rp 110 ribu hingga Rp 115 ribu, masyarakat sudah dapat menikmati layanan KA Tambahan Sribilah Utama Fakultatif ini untuk bepergian bersama keluarga dan teman terdekat.

"Hadirnya kereta api tambahan ini merupakan wujud komitmen PT KAI untuk melayani masyarakat dengan menghadirkan transportasi yang bebas macet, aman, nyaman dan selamat," ungkap Anwar.


Sediakan 46.036 Tempat Duduk

Stasiun Besar Medan
Stasiun Kereta Api Medan

Pada periode libur panjang Idul Adha tahun ini PT KAI Divre I Sumut menyediakan total 46.036 tempat duduk. Berdasarkan pantauan data pemesanan tiket sampai Kamis, 13 Juni 2024, telah terjual sebanyak 23.412 tiket atau sebesar 51 persen.

Angka itu akan terus bertambah mengingat penjualan tiket masih dilakukan. Adapun rute favorit masyarakat pada libur panjang Idul Adha tahun ini yakni Medan-Kisaran (PP) dan Medan-Tanjung Balai (PP).


Imbauan untuk Masyarakat

Stasiun Medan
Masyarakat pengguna jasa kereta api di Stasiun Besar Medan

PT KAI Divre I Sumut mengimbau kepada masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada masa libur panjang Idul Adha dan belum memiliki tiket, agar segera melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, web resmi kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

"Dalam menyediakan transportasi massal khususnya pada masa libur panjang, PT KAI berkomitmen akan menghantarkan masyarakat dengan aman, nyaman dan selamat serta bebas dari kemacetan sehingga momen liburan bersama keluarga atau teman terdekat dapat dinikmati pelanggan dengan menyenangkan," Anwar menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya