Mengenal Telaga Biru Cicerem, Wisata Alam Cantik di Kuningan Jawa Barat

Telaga Biru Cicerem merupakan tempat wisata alam yang populer di Jawa Barat. Berikut ini daya tarik, lokasi, dan rute perjalanan ke tempat tersebut.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 03 Jul 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2024, 06:00 WIB
Sensasi Memberi Makan Ikan Raksasa di Danau Bewarna Kabupaten Kuningan
Objek wisata Telaga Biru Ciceurem salah satu wisata alam di Kabupaten Kuningan yang banyak diburu saat liburan. Foto (Istimewa)

Liputan6.com, Bandung - Wisata alam masih menjadi destinasi terbaik untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari terutama yang tinggal di perkotaan. Pasalnya, menikmati alam adalah cara terbaik untuk mendapatkan ketenangan dan menikmati pemandangan alam yang indah.

Misalnya, menikmati pemandangan pegunungan yang menjulang tinggi, hutan yang rimbun, pantai yang indah, air terjun yang megah, hingga telaga cantik yang syahdu. Setiap tempat wisata alam selalu memberikan kesenangan dan keindahannya tersendiri.

Para pengunjung juga bisa mendapatkan banyak manfaat terutama untuk kesehatan fisik dan mentalnya. Salah satunya menikmati alam dengan beraktivitas di alam terbuka seperti hiking, trekking, dan bersepeda bisa memberikan manfaat besar untuk kesehatan fisik.

Kemudian menikmati alam sambil terpapar sinar matahari pagi juga membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D yang menjaga kesehatan tulang. Sejumlah peneliti juga menemukan sejumlah temuan bahwa berada di alam bisa meredakan stres, kecemasan, hingga depresi.

Pasalnya, lingkungan alam yang tenang dan indah dapat memberikan ketenangan pada pikiran. Kegiatan di alam juga bisa meningkatkan suasana hati serta rasa bahagia untuk para pengunjungnya.

Menikmati alam yang indah memungkinkan seseorang untuk merasakan kedekatan dengan alam dan menghargai keindahannya. Terutama jika melihat adanya flora dan fauna yang bervariasi tentunya memberikan pengalaman tak terlupakan dan rasa kagum pada lingkungan.

Di Indonesia sendiri ada banyak tempat wisata alam menarik yang bisa dikunjungi seperti misalnya Telaga Biru Cicerem yang menawarkan pemandangan indah sebuah telaga dengan air jernih yang dikelilingi pepohonan hijau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daya Tarik Telaga Biru Cicerem

Berfoto di Ayunan Telaga Biru Kuningan Harus Siap Antre Sampai 4 Jam
Berfoto di Ayunan Telaga Biru Kuningan Harus Siap Antre Sampai 4 Jam. foto: TikTok @belaasnc

Telaga Biru Cicerem merupakan tempat wisata alam indah yang berlokasi di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tempat wisata ini populer di antara wisatawan terutama wisatawan lokal karena keindahannya.

Diketahui para pengunjung bisa melihat telaga dengan air yang bening dan jernih serta pepohonan hijau. Tempat ini juga kerap menjadi destinasi wisata akhir pekan untuk menikmati waktu bersama keluarga.

Tentunya ada banyak daya tarik yang menjadikan telaga ini populer sebagai tempat wisata alam. Selain warna airnya yang memiliki gradasi antara biru dan hijau tosca tempat ini juga terdapat ayunan yang berada di atas telaga.

Ayunannya menyambung dengan pohon dana populer menjadi spot berfoto para pengunjung. Selain pemandangan tersebut para wisatawan juga bisa menaiki perahu untuk berkeliling di sekitar telaga yang bening dan terdapat pemandangan ikan koi yang cantik.


Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Telaga Biru Cicerem

Pesona Ririe Fairus di Telaga Biru, Cantik Bak Peri di Negeri Dongeng
Pesona Ririe Fairus di Telaga Biru, Cantik Bak Peri di Negeri Dongeng [instagram/ririe_fairus]

Mengutip dari media sosial resminya harga tiket masuk ke Telaga Biru Cicerem cukup terjangkau. Para pengunjung bisa membayar tiket masuk sekitar Rp 15.000 dan membayar tiket parkir dengan harga berbeda-beda untuk jenis kendaraannya.

Diketahui untuk kendaraan motor bisa membayar parkir Rp 2.000 dan kendaraan mobil membayar Rp 5.000. Sementara untuk kendaraan besar seperti bus bisa membayar parkir sekitar Rp 25.000.

Kemudian berdasarkan informasi dari beberapa sumber Telaga Biru Cicerem mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari fasilitas umum seperti tempat parkir, mushola, tempat penitipan helm, warung makan dan minuman, toilet, dan tempat bersantai atau gazebo serta saung.

Telaga Biru Cicerem juga menyediakan panggung hiburan, wahana permainan anak, hingga spot foto yang bervariasi. Di antaranya spot foto ayunan tunggal, ayunan ganda, selfie perahu, selfie love dan sarang burung, hingga perahu karet dan perahu fiber.


Lokasi dan Rute ke Telaga Biru Cicerem

Berfoto di Ayunan Telaga Biru Kuningan Harus Siap Antre Sampai 4 Jam
Berfoto di Ayunan Telaga Biru Kuningan Harus Siap Antre Sampai 4 Jam. foto: TikTok @belaasnc

Seperti diketahui, Telaga Biru Cicerem berlokasi di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tempat ini buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Telaga Biru Cicerem sudah menjadi tempat wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan melansir dari ulasan Google tempat ini meraih rating 4.5 dari total 7.536 pengguna.

Diketahui tempat wisata ini bisa ditempuh dari sejumlah daerah misalnya dari kota Cirebon. Wisatawan yang datang dari kota Cirebon bisa melakukan perjalanan sekitar 20,2 km atau 49 menit perjalanan.

Sementara dari pusat kota Kuningan harus menempuh perjalanan sekitar 30,6 km atau 1 jam 3 menit perjalanan. Telaga Biru Cicerem juga bisa diakses melalui daerah Majalengka dengan perjalanan 28,6 km atau 54 menit perjalanan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya