Simak, Ide Desain Taman Rindang untuk Halaman Rumah

Memiliki taman di rumah merupakan impian bagi sebagian orang. Berikut ini beberapa inspirasi atau ide desain taman rindang untuk halaman rumah.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 06 Jul 2024, 09:00 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 09:00 WIB
Taman Rindang dengan Atap
ilustrasi desain taman rindang di rumah by pinterest

Liputan6.com, Bandung - Membangun area taman yang rindang di halaman rumah tentunya menjadi cita-cita bagi sebagian orang. Pasalnya mempunyai taman yang rindang memberikan banyak manfaat mulai dari peningkatan kualitas udara hingga ruang yang nyaman dan menyenangkan.

Bagi sebagian orang mempunyai taman rindang yang cantik tidak hanya sekedar menjadi penambah elemen dekoratif. Tetapi juga memiliki berbagai manfaat yang signifikan baik secara kesehatan fisik, mental, dan lingkungan.

Sebagai informasi keberadaan taman rindang di rumah membantu lingkungan menyimpan suasana yang sejuk dan menyenangkan. Taman juga berperan penting untuk mendukung adanya peningkatan kualitas hidup penghuninya.

Misalnya saja keberadaan taman rindang dapat membantu meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah. Kehadiran tanaman hijau terutama pohon dan semak-semak menjadi penyaring alami.

Pasalnya, tanaman dapat menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen melalui proses fotosintesis. Tanaman juga secara alamiah dapat menyerap polutan udara seperti debu, asap, hingga gas berbahaya lainnya.

Tentunya hal tersebut membantu para penghuni rumah terhindar dari polusi udara di sekitar rumah sehingga udara menjadi lebih bersih dan sehat. Kadar oksigen di sekitarnya juga semakin meningkat.

Selain dari sisi kesehatan, kehadiran taman yang rindang juga membantu menurunkan suhu lingkungan. Terutama dengan rumah yang tinggal di daerah perkotaan sering mengalami peningkatan suhu.

Menghadirkan pohon dan tanaman lainnya tentu memberikan bantuan alami dalam mengurangi peningkatan suhu. Melalui artikel ini terdapat sejumlah inspirasi atau ide untuk mendesain taman rindang.


6 Ide Desain Taman Rindang untuk di Halaman Rumah

Taman Rindang di Dalam Rumah
ilustrasi desain taman rindang di rumah by pinterest

1. Membuat taman rindang di area terbuka dalam rumah

Ketika tinggal di perkotaan yang padat dengan perumahan tentunya halaman di depan rumah menjadi area yang kerap sulit untuk di bangun. Namun tidak perlu khawatir membuat taman rindang juga bisa dilakukan di area kosong yang ada di dalam rumah.

Misalnya memanfaatkan area terbuka di dalam rumah dengan memanfaatkannya sebagai area taman. Bisa dengan menggunakan rumput gajah, tanaman rimbun, hingga pohon besar yang bisa menambah suasana asri dan rindang di rumah.

Salah satu pohon yang bisa digunakan untuk taman di dalam rumah bisa menggunakan pohon kamboja atau pohon tabebuya yang terkenal cantik dan kuat.

2. Taman rindang di samping rumah

Membuat taman yang rindang bisa juga dilakukan dengan membangun area hijau di sisi samping rumah. Manfaatkan area yang kosong tersebut dengan menanam rumput cantik dan tanaman rimbun.

Bahkan area taman rindang di samping rumah juga bisa disambung dengan area halaman depan rumah untuk memaksimalkan area taman di sekitar rumah menjadi lebih asri dan bermanfaat.


Selanjutnya

Taman Rindang dengan Kolam Ikan
ilustrasi desain taman rindang di rumah by pinterest

3. Taman rindang dengan kolam ikan

Membuat taman rindang bersama adanya kolam ikan bisa membantu suasana taman semakin asri dan menenangkan. Pasalnya kehadiran kolam ikan dan tanaman yang asri bisa membawa suasana alam yang nyaman meskipun berada di area rumah.

Kehadiran kolam ikan juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana estetika di rumah dan membantu dalam menjaga keseimbangan alam di lingkungan sekitar. Karena kolam ikan biasanya jadi habitat untuk sejumlah satwa liar yang umum seperti burung atau katak.

4. Taman rindang minimalis

Belakangan ini mempunyai desain minimalis merupakan tren yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya konsep minimalis tidak menggunakan budget yang tinggi dan biasanya lebih sederhana namun tetap trendi.

Membuat taman rindang dengan desain minimalis bisa menggunakan rumput dan menyambungkannya dengan lantai semen. Taman rindang minimalis juga tidak perlu luas dan bisa memanfaatkan tanaman sederhana dan menggunakan atap bercela yang teduh.


Berikutnya

Taman Rindang Ala Tropis
ilustrasi desain taman rindang di rumah by pinterest

5. Taman rindang tropis

Taman rindang tropis merupakan konsep area taman yang bisa memanfaatkan lahan dengan menggunakan banyak variasi tanaman. Misalnya menggunakan pohon besar dan berbagai jenis rumput.

Indonesia juga dikenal sebagai negara beriklim tropis sehingga desain taman ini bisa jadi pilihan yang terbaik. Gunakan jenis tanaman tropis misalnya palem, anturium, dan tanaman tropis lain yang berdaun lebar.

Kemudian padukan lagi tanaman tersebut dengan jenis tanaman lain yang bervariasi dan memanfaatkan halaman dengan membuat area teras berbahan dasar kayu untuk menampilkan suasana yang lebih menarik.

6. Taman rindang dengan gazebo

Jika taman yang akan dibangun mempunyai area yang cukup luas bisa membangun sebuah gazebo untuk memberikan keindahan lainnya di rumah. Gazebo juga bermanfaat menjadi area berkumpul keluarga untuk menikmati taman.

Biasanya gazebo taman yang cantik disarankan menggunakan material kayu dan bisa membuat atapnya dengan material alami seperti ijuk dan bambu. Selain itu tanaman yang digunakan di sekitarnya bisa menggunakan tanaman tropis yang rimbun.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya