Dituding Asusila hingga Diberhentikan Jadi Kades Sendangharjo Blora, Ini Pengakuan Wiwik Suhendro

Kepala Desa (Kades) Sendangharjo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Wiwik Suhendro diberhentikan Bupati Arief Rohman melalui surat keputusan (SK) pemberhentian yang diterbitkan tertanggal 19 Juli 2024.

oleh Ahmad Adirin diperbarui 24 Jul 2024, 12:30 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 12:30 WIB
Wiwik Suhendro saat ditemui Liputan6.com dalam sebuah kesempatan. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)
Wiwik Suhendro saat ditemui Liputan6.com dalam sebuah kesempatan. (Liputan6.com/Ahmad Adirin)

Liputan6.com, Blora - Dugaan melakukan perbuatan tidak senonoh yaitu asusila dengan perangkat desanya sendiri menerpa Wiwik Suhendro. Imbasnya, Kepala Desa (Kades) Sendangharjo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, ini diberhentikan Bupati Arief Rohman melalui surat keputusan (SK) pemberhentian yang diterbitkan tertanggal 19 Juli 2024.

Atas munculnya SK tersebut, yang bersangkutan kabarnya masih diberikan kesempatan waktu selama 10 hari untuk mengajukan banding kepada Bupati Blora, serta waktu 10 hari untuk banding kepada Gubernur Jawa Tengah. Selanjutnya apabila keputusan masih belum bisa diterima, bisa lanjut banding melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang.

Seperti diketahui, sebelumnya yang bersangkutan tidak hadir saat sejumlah pihak di Desa Sendangharjo mengadakan rapat bersama membahas kasus dalam musyawarah desa (musdes).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bantah Berbuat Asusila

Berkesempatan mewawancarainya secara langsung supaya informasi yang beredar berimbang, Wiwik Suhendro membantah atas tudingan dirinya bersama sang istri dianggap melakukan perbuatan asusila. 

"Tentang isu yang beredar pelecehan asusila, itu sebenarnya tidak benar," jawabnya kepada Liputan6.com, Selasa (23/7/2024) malam. 

Permasalahan yang menerpanya ini tengah viral di jagat maya. Bahkan, juga menjadi bahasan rasan-rasan di warung kopi dan lain sebagainya. Terungkap bahwa sebelumnya banyak awak media dan pegiat media sosial berdatangan dalam acara musdes untuk melakukan peliputan serta lain sebagainya. 

Diakui Wiwik Suhendro, selama ini berkumpul bersama sang istri lantaran sudah sah secara agama. Hanya saja, belum menikah resmi secara negara. 

"Saya sebenarnya dengan istri saya sudah nikah siri, karena ada ketentuan masa iddah, saya harus menunggu," katanya. 

Wiwik Suhendro menyebut, bahwa hubungannya selama ini dengan sang istri yang merupakan perangkat desanya sendiri bukanlah perbuatan zina. 

"Jadi saya tidak ada namanya perzinaan atau apa itu tidak ada, saya yang dengan mantan istri juga sudah cerai," ucapnya. 

Disinggung sejak kapan munculnya gejolak di masyarakat, Wiwik Suhendro mengaku sebulan terakhir ini. 

"Setelah nikah siri sebulan baru ada gejolak," jawabnya, juga membenarkan ketika disinggung ada atau tidaknya kepentingan politik pihak lain, di balik kasus yang menerpanya dianggap meresahkan publik. 

Lantas, mengapa selama ini memilih diam saja dan kenapa tidak hadir saat sejumlah pihak yang digawangi BPD Sendangharjo menggelar musdes atas kasus yang menerpanya? 

"Saya upaya itu lebih baik diam karena apa, karena saya tidak merasa seperti yang dituduhkan," jawabnya, juga mengaku tidak akan dendam dengan pihak-pihak  yang juga adalah warganya sendiri. 

Wiwik Suhendro mengaku, bahwa istrinya juga ikutan tertekan atas kasus yang sudah terlanjur viral. Sebagai tindaklanjut, disampaikan akan melakukan langkah banding ke Bupati Blora dan Gubernur Jateng. Termasuk, menyiapkan konstruksi hukum untuk ke PTUN Semarang. 

"Saya berharap untuk banding supaya bisa menang, karena saya merasa tidak bersalah tapi namanya manusia itu ada salah, ada benar. Jadi tidak semuanya itu benar dan tidak semuanya itu salah, jadi perlu ada keseimbanganlah, nggak langsung memvonis orang," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya