Mengenal Roti Gempol, Kuliner Legendaris Bandung

Roti Gempol merupakan salah satu kuliner legendaris di Bandung yang wajib untuk dicoba. Pasalnya tempat ini menyajikan menu roti khas dengan rasa yang nikmat.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 26 Jul 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 11:00 WIB
Kisah 4 Toko Roti Tua Paling Dicari di Bandung
Toko Roti Gempol di Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung - Roti masih menjadi salah satu makanan yang populer di dunia karena kepraktisan dan manfaat nutrisinya. Roti biasanya dinikmati baik sebagai makanan pokok atau camilan yang mengenyangkan.

Proses pembuatan roti biasanya menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan menjadi makanan yang bisa dengan mudah ditemukan. Roti biasanya terbuat dari adonan tepung gandum yang dicampur dengan air, garam, dan ragi lalu dipanggang.

Namun yang membedakan roti dari jenis yang lainnya adalah variasi dan resep yang dibuatnya. Meskipun pada dasarnya pembuatan roti sama ada banyak jenis roti yang bisa dicicipi sesuai dengan selera.

Di kota Bandung sendiri ada banyak aneka kuliner lezat dan salah satunya untuk menikmati roti. Kota yang dijuluki dengan kota kembang ini memiliki banyak tempat roti menarik bahkan legendaris.

Salah satunya Roti Gempol yang terkenal memiliki roti nikmat dan menyimpan sejarah yang cukup berkesan untuk Bandung. Makanan di tempat ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin mencicipi cita rasa otentiknya.

Kemudian roti yang dijual di tempat tersebut terkenal dengan teksturnya yang empuk dan rasa yang khas. Variasi rotinya juga bermacam-macam mulai dari roti manis hingga roti yang memiliki rasa gurih.

Tempat ini mempunyai salah satu menu populer di antara pengunjung yaitu menu roti bakarnya. Serta memiliki harga roti yang masih ramah dikantong untuk mencicipi makanan legendarisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejarah Roti Gempol

Roti Gandum
Ilustrasi Roti Gandum / by freepik

Melansir dari beberapa sumber Roti Gempol merupakan toko roti legendaris yang telah berdiri sejak 1958. Toko ini menjadi salah satu kuliner bersejarah di kota Bandung yang menyimpan kenangan baik.

Roti Gempol menjadi toko roti yang dimulai dengan menggunakan resep keluarga dan berjualan di sekitar Institut Teknologi Bandung (ITB). Kala itu Roti Gempol hanya memiliki enam karyawan sampai akhirnya berkembang dan mempunyai cukup banyak karyawan.

Meskipun bisnisnya sudah beroperasi selama bertahun-tahun toko roti ini masih menjadi destinasi kuliner yang populer. Selain itu toko rotinya tidak memiliki cabang lain yang menjadikan tempatnya hanya bisa dikunjungi ketika datang ke Bandung.

Roti Gempol terkenal dengan pembuatan roti tawarnya yang khas karena dilakukan secara mandiri di pabrik yang lokasinya persis di samping kedai. Sehingga roti ini sering menyajikan menu roti yang segar dan kualitas produk yang lebih terjamin.


Daya Tarik Roti Gempol

Roti Gempol
Roti Gempol

Roti Gempol menyimpan banyak daya tarik terutama variasi rotinya yang wajib untuk dicoba ketika datang ke Bandung. Tempat kuliner ini menyediakan berbagai menu roti mulai dari roti manis hingga gurih.

Para pengunjung bisa mencoba roti manis dengan rasa yang bervariasi seperti rasa cokelat, susu, kacang, srikaya, stroberi, dan lain-lain. Kemudian juga terdapat roti asin dari keju dan telur atau roti spesial berisi daging telur.

Selain roti tempat ini juga menjual donat kentang dan tentunya menjual roti tawar yang dibuat langsung di sebelah kedainya. Para pembeli juga dapat memilih jenis roti yang ingin dinikmati misalnya roti putih atau roti gandum.

Pembeli yang ingin menyantap langsung Roti Gempol di tempatnya bisa sambil menikmati sajian roti tersebut bersama dengan minuman nikmatnya. Terdapat menu minuman panas atau dingin yang bisa menjadi pilihan.


Lokasi dan Rute ke Roti Gempol

Ilustrasi roti tawar | Wikimedia Commons
Ilustrasi roti tawar | Wikimedia Commons

Melansir dari media sosial resminya, Roti Gempol hanya mempunyai satu cabang di Bandung. Alamatnya berada di Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan ulasan Google tempat ini meraih rating 4.6 dari total 2.959 pengguna dan mempunyai jam buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. Lokasi tokonya juga berada di kawasan strategis karena ada di tengah-tengah kota Bandung.

Pengunjung yang datang dari Stasiun Bandung bisa menempuh jarak 4,3 km atau 14 menit perjalanan menggunakan kendaraan jika kondisi jalan lancar. Selain itu Roti Gempol berlokasi tidak jauh dari Lapangan Gasibu Bandung.

Diketahui para pengunjung hanya perlu menempuh jarak 950 meter atau 5 menit perjalanan dengan kendaraan. Sementara bagi pengunjung yang datang dari Alun-Alun Kota Bandung bisa menempuh jarak 4 km atau 13 menit perjalanan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya