Olimpiade Paris 2024: Bulu Tangkis Indonesia di Luar Harapan, Richard Mainaky Beri Saran Mengejutkan

Tim Indonesia di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis pada Olimpiade Paris 2024 berguguran dan gagal mempertahankan tradisi emas. Ada apa?

oleh Ahmad Adirin diperbarui 05 Agu 2024, 06:21 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 06:21 WIB
Richard Mainaky
Richard saat sukses membawa tim bulutangkis Indonesia di Olimpiade tahun 2016 silam. (Liputan6.com/ Arief Pramono)

Liputan6.com, Kudus - Tim Indonesia di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis di Olimpiade Paris 2024 terus berguguran. Gregoria Mariska Tunjung satu-satunya harapan terakhir Indonesia meraih emas sudah kandas.

Harapan meraih emas dari nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung, pupus usai kalah dari tunggal putri nomor 1 dunia dari Korea Selatan, yakni An Se-young pada Minggu (4/8/2024) pukul 13.30 WIB.

Kegagalan Gregoria menembus final membuat tradisi emas bulu tangkis Indonesia untuk sementara terhenti. Namun demikian, Gregoria masih berpeluang merebut medali perunggu Olimpiade Paris 2024. Dia akan berhadapan dengan Carolina Marin (Spanyol) atau He Bingjiao (China) dalam laga perebutan medali perunggu itu.

Laga semifinal badminton Olimpiade Paris 2024 untuk nomor tunggal putri ini digelar di Porte de la Chapelle Arena, Paris, Perancis. Gregoria kalah usai bertarung sengit tiga gim dengan skor akhir 21-11, 13-21, dan 16-21.

Kegagalan mempertahankan tradisi emas olimpiade di cabang bulu tangkis memantik komentar Pelatih Ganda Campuran PB Djarum, Richard Mainaky.

Melalui wawancara khusus dengan Liputan6.com, legenda bulu tangkis Indonesia Richard Mainaky yang sempat sukses membawa 6 kali tim ke olimpiade menilai, faktor penyebab hasil tim bulu tangkis Indonesia di Olimpiade Paris 2024 yang belum sesuai harapan, karena kurangnya persiapan jangka panjang yang dilakukan PBSI.

Richard menilai langkah PBSI memang sudah bagus dengan membentuk tim Ad Hock menjelang Olimpiade Paris 2024. Namun demikian, ia melihat persiapannya terlalu pendek sekali dan mendesak.

"Menurut saya, harus dilakukan persiapan jangka panjang menjelang olimpiade berdasarkan pengalaman saya yang telah membawa tim Indonesia sebanyak 6 kali di olimpade," ujar Richard Mainaky, Minggu (4/8/2024).

Richard menjelaskan, seharusnya PBSI sudah tahu sejak satu atau dua tahun bahwa pemain mana saja yang akan dipersiapkan ke podium tertinggi olahraga tingkat dunia itu.

"Olimpiade bukanlah seperti persiapan All England dan super series. Sebab olimpiade itu adalah prestasi sejarah tertinggi bagi para atlet olahragawan di bidang olahraga, karena itu harus dipersiapkan jangka panjang," tutur Richard.

Richard pun menceritakan pengalamannya saat membawa tim bulutangkis Indonesia di Olimpiade tahun 2016 silam. Kala itu di bawah salah satu pengurus PBSI, semua program baik jangka pendek dan jangka panjang telah disusun dengan jelas.

"Selama 2 tahun dan 4 tahun, persiapan kita harus jelas mau dibawa kemana," imbuh pelatih yang pernah mengantarkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjemput medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu.

Richard mengaku kurang setuju jika ada yang menyebut hasil yang diraih tim bulutangkis Indonesia di Olimpiade Paris 2024 kurang maksimal akibat alasan cuaca di negara tersebut.

"Mau bicara apapun alasannya dan menyalahkan faktor alam sekitar, saya jelas tidak terima. Sebab saat berada di Paris para pemain sudah dilakukan training camp, sehingga mereka sudah bisa beradaptasi," terangnya.

Karena itu, Richard Mainaky yang sudah berkali-kali berpengelaman membawa tim Indonesia dan sukses membawa dua medali perak serta satu emas, mengaku tidak terima jika faktor cuaca menjadi alasan.

Saat membawa tim Indonesia di Olimpiade Rio De Janeiro 2016 silam, Richard melakukan training camp selama hampir 5 minggu kepada para pemain. Karena itu, tidak ada alasan jika kurang waktu untuk beradaptasi saat pelaksanaan olimpiade.

"Kita saat itu dibantu Djarum untuk training camp di Brazil sebelum masuk ke Olimpiade Rio De Janeiro. Dan support dari Djarum ini sangat membantu sekali. Namun untuk olimpiade tahun ini, sepengatahuan saya pihak Djarum tidak ikut dilibatkan," ungkap Richard Mainaky.

Richard Mainaky yang kini ditunjuk sebagai Pelatih PB Djarum Kudus, mengajak semua bersatu dalam menghadapi olimpiade tahun-tahun mendatang.

"Baik dari semua pengurus dan klub klub mana pun bersama PBSI harus bersatu, sebab kita bicara bernama Indonesia untuk bisa memenuhi target di olimpiade," pintanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manajemen Harus Diubah

Richard Mainaky menaruh harapan besar agar manajemen dan semua organisasi di bawah PB PBSI Pusat harus diubah. Selain itu, Indonesia empat hingga delapan tahun ke depan harus siap regenerasi pemain untuk olimpiade di tahun-tahun mendatang.

"Empat tahun hingga delapan tahun mendatang, kita harus punya pondasi itu dan harus memiliki materi pemain-pemain muda dan banyak di Indonesia," katanya.

Dari pengalaman yang dilakukan Richard Mainaky, ia telah menyusun dan mematangkan program jangka panjang, yakni empat tahun sebelum olimpiade sudah dipersiapkan.

Untuk diketahui, wakil Indonesia di cabang olahraga bulutangkis pada Olimpiade 2024 berguguran. Gregoria Mariska Tunjung sebagai asa terakhir Indonesia meraih medali dari bulutangkis.

Bulutangkis menjadi andalan Indonesia mendulang medali di Olimpiade 2024. Cabang olahraga ini tumpuan Indonesia mendapat medali sejak Olimpiade 1992. Sejak tahun 1992, bulutangkis hanya sekali absen mendapatkan medali pada Olimpiade 2012 di London. (Arief Pramono)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya