Hari Kedua Pendaftaran, Dikdik-Bagja Resmi Daftar ke KPU Cimahi

Diketahui, pasangan tersebut telah mendapat dukungan dari Demokrat, PKS, Nasdem, dan Golkar. Keempat parpol tersebut merupakan partai dengan kursi terbanyak dari perolehan Pemilu 2024 kemarin.

oleh Dikdik Ripaldi diperbarui 28 Agu 2024, 21:40 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 21:31 WIB
Dikdik Suratno Nugrahawan dan Bagja Setiawan
Kandidat paslon Dikdik Suratno Nugrahawan (kiri) dan Bagja Setiawan (kanan) sedang memberikan alasan keduanya maju di Pilkada Cimahi 2024/Liputan6.com

Liputan6.com, Bandung - Bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan dan Bagja Setiawan, alias Dikdik-Bagja, mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, pada hari kedua pendaftaran, Rabu, 28 Agustus 2024.

Kedatangan mereka diiringi arak-arakan pendukung. Tak hanya itu, pelawak Sule dan pemain sinetron Preman Pensiun, Mat Drajat alias Kang Komar juga ikut meramaikan prosesi pendaftaran Dikdik-Bagja.

Bacalon tersebut datang mengenakan pakaian sederhana tapi tetap formal, atasan putih bercelana jeans biru telur asin dan topi bertuliskan "Cimahi Memanggil". 

Mereka tiba di Kantor KPU Cimahi sekira pukul 11.30 WIB dan melakukan pendaftaran pada pukul 12.10 WIB.

"Maksud dan tujuan kami datang ke sini adalah untuk mendaftar agar diikutsertakan dalam pilkada nanti yang akan diselenggarakan pelaksanaannya pada tanggal 27 November 2024," kata Dikdik.

Diketahui, pasangan tersebut telah mendapat dukungan dari Demokrat, PKS, Nasdem, dan Golkar. Keempat parpol tersebut merupakan partai dengan kursi terbanyak dari perolehan Pemilu 2024 kemarin.

Urutan pertama yakni PKS dengan 9 kursi, disusul Golkar dengan raihan tujuh kursi. Sementara Demokrat meraih enam kursi yang jumlahnya sama dengan PDI P. Sedangkan NasDem menduduki lima kursi dewan. 

"Alhamdulilah kami didukung 4 besar kekuatan politik Cimahi dari mulai Demokrat, kemudian PKS, NasDem dan Golkar. Secara kuantitas jumlah kursi yang diperoleh keempat partai ini di legislatif 27 kursi, lebih dari setengahnya," ucap dia kepada awak media.

Keduanya jadi bakal calon pertama yang telah resmi melakukan pendaftaran ke KPU. Penyerahan berkas-berkas syarat pendaftaran juga telah diserahkan kepada KPU Cimahi.

Dikdik sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi dan pernah ditunjuk menjadi Pj Wali Kota. 

Sedangkan, Bagja pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB). Ia juga merupakan anggota DPRD Jawa Barat terpilih periode 2024-2029.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya