The Beatles Jadi Inspirasi Rinto Harahap dalam Bermusik

Band asal Inggris itu memberikan pengaruh besar pada Rinto Harahap dalam menciptakan lagu-lagu hits.

oleh Rizky Aditya Saputra diperbarui 10 Feb 2015, 20:45 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2015, 20:45 WIB
The Beatles Jadi Inspirasi Rinto Harahap dalam Bermusik
The Beatles Jadi Inspirasi Rinto Harahap dalam Bermusik

Liputan6.com, Jakarta Bakat emas Rinto Harahap dalam menciptakan karya musik rupanya tak lepas dari nama besar The Beatles. Band asal Inggris itu memberikan pengaruh besar pada Rinto dalam menciptakan lagu-lagu hits. Tak heran jika Rinto yang kala itu bernaung dalam satu band The Mercy's mampu mengorbitkan penyanyi seperti Nia Daniati dan Betharia Sonata.

Kegemaran Rinto terhadap The Beatles diketahui dari sang kakak, Erwin Harahap. Ketika masih dalam satu band The Mercy's, banyak lagu yang dibuat Rinto setelah ia mendengarkan lagu-lagu The Beatles dan The Beegees.

"Kami The Mercy's rekaman 1972. Terinspirasi dari The Beegees, dan The Beatles. Walau secara pribadi dia punya artis favorit, tapi setahu saya The Beatles yang paling dominan memengaruhi karya lagunya," ungkap Erwin Harahap, di rumah duka, Jalan Bango, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa (10/2/2015).

Dengan bakat yang dimiliki Rinto Harahap, Erwin tak heran jika sang adik mampu menelurkan karya masterpiece yang disukai lintas generasi. Diakui Erwin, hampir semua lagu yang dibuat Rinto, selalu mudah dinyanyikan oleh siapapun.

"Banyak sekali yang populer. Itu bukti bahwa masyarakat menyukainya. Dia disebut hits maker. Buktinya karya dia disuka pendengar, karena lagu yang dibuatnya sangat kuat," terang Erwin Harahap.

"Siapa yang nggak kehilangan, tapi saya sudah rela. Sekarang saya anggap dia sudah tenang. Saya rela, walaupun kehilangan. Dia sangat sayang kepada keluarga," tandasnya.

Seperti diketahui, Rinto Harahap meninggal di Rumah Sakit (RS) Mouth Elizabeth, Saingapura, Senin (9/2/2015) pukul 22.15 waktu setempat. Beberapa tahun terakhir Rinto berjuang melawan penyakit kanker sumsum tulang belakang, dan menghembuskan napas terakhir karena infeksi paru-paru. Pemilik karya the Masterpieces of Rinto Harahap itu wafat di usia 65 tahun.

Saat ini jenazah masih berada di Singapura, dan baru akan diterbangkan ke Indonesia nanti malam. Pemakaman Rinto Harahap pun baru akan dilaksanakan esok hari di TPU Kampung Kandang. (Ras/Mer)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya