Berkat Karya Seni, Aqilla Abdurrahman Jundiy Wujudkan Mimpi Kuliah di UC Davis dengan Raih Beasiswa Bergengsi IISMA 2023

Aqilla Abdurrahman Jundiy telah mewujudkan mimpi besarnya kuliah di UC Davis, California, AS setelah meraih beasiswa IISMA 2023 berkat pengalamannya mengubah foto hewan peliharaan menjadi karya seni.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 23 Jun 2024, 09:13 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2024, 15:30 WIB
Aqilla Abdurrahman Jundiy
Aqilla Abdurrahman Jundiy. (Dok. IST)

Liputan6.com, Jakarta Aqilla Abdurrahman Jundiy, seorang mahasiswa dari Indonesia, telah menggapai mimpinya sejak kecil untuk pergi ke California, Amerika Serikat. Aqilla Abdurrahman baru saja diterima sebagai awardee Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023 di University of California, Davis (UC Davis).

Aqilla menghabiskan separuh hidupnya di Bangkok, Thailand. Ayahnya, Risdiyono, ST, Dr. Eng, M.Eng, mendapatkan beasiswa pemerintah untuk studinya di Bangkok, yang memungkinkan Aqilla untuk bersekolah di sekolah internasional di sana. Hal ini membuatnya sangat mahir berbahasa Inggris dan memperkaya pengalaman akademisnya.

Sejak kecil, Aqilla sering menonton acara favoritnya yang berlatar di California, seperti Disney dan Nickelodeon, dengan acara kesukaan seperti Wizards of Waverly Place dan High School Musical. Ketertarikan ini menanamkan impian dalam dirinya untuk suatu hari bisa menjejakkan kaki dan belajar di California, AS.

Meskipun IPK Aqilla tidak setinggi pendaftar lainnya, tekad dan portofolio usahanya berhasil membawanya meraih kesempatan berharga ini. Dengan semangat dan tekad yang kuat, Aqilla mendaftarkan diri ke program IISMA. Portofolio usahanya di bidang seni yang sukses, menjadi salah satu faktor penentu yang membuatnya terpilih.

Aqilla dikenal sebagai pengusaha muda yang berbakat dengan berbagai usaha yang telah ia rintis dan kembangkan. Beberapa portofolio usahanya yang menonjol termasuk Elkiya Digital Agency dan PAW Studio. PAW Studio terkenal dalam mengubah foto hewan peliharaan menjadi karya seni dan telah membentuk kemitraan strategis global dengan lima mitra global. Keberhasilannya dalam dunia bisnis membuktikan bahwa nilai akademik bukanlah satu-satunya ukuran kesuksesan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengalaman yang memberinya wawasan berharga

Aqilla Abdurrahman Jundiy
Aqilla Abdurrahman Jundiy. (Dok. IST)

Sebelum diterima IISMA, Aqilla juga bekerja secara remote di U-Build Tiny Homes, sebuah perusahaan yang berbasis di California. Pengalaman ini memberinya wawasan berharga tentang industri di Amerika Serikat dan memperkuat tekadnya untuk mengejar kesempatan belajar di sana.

Beasiswa IISMA 2023 sangat kompetitif dan prestisius, dengan lebih dari 10.000 pendaftar dan hanya 25 orang yang diterima di UC Davis. Beasiswa ini sepenuhnya didanai (fully funded), memberikan kesempatan langka bagi mahasiswa Indonesia untuk merasakan pengalaman belajar di luar negeri.

Selama di UC Davis, Aqilla terlibat dalam berbagai kegiatan akademik dan budaya yang memperkaya pengalamannya. Selain itu, Aqilla juga berpartisipasi sebagai pledge di fraternity Phi Delta Theta, di mana ia membuat koneksi dengan komunitas lokal dan meningkatkan reputasinya di Davis.

Meskipun tidak menjadi anggota permanen karena hanya berada di Amerika selama lima bulan, pengalaman ini tetap memberikan banyak manfaat bagi perkembangan pribadinya.

 

 


Bertanggung jawab untuk membantu dan mendukung mahasiswa IISMA lainnya

Aqilla juga berperan sebagai Co-Student Representative untuk IISMA di UC Davis 2023, sebuah peran yang menuntut tanggung jawab besar. Ia bertanggung jawab untuk membantu dan mendukung mahasiswa IISMA lainnya dalam berbagai aspek akademik dan non-akademik, memastikan mereka dapat beradaptasi dengan baik dan memanfaatkan peluang yang ada.

Saat ini, Aqilla melanjutkan pengembangan bisnisnya dan berencana untuk terus mengaplikasikan pengetahuan serta pengalaman yang diperolehnya di UC Davis untuk berkontribusi lebih banyak kepada masyarakat dan pendidikan di Indonesia.

Ia berencana untuk membuka perusahaan baru, PT Karya Bumi Group, yang akan berfokus pada perdagangan komoditas global. Selain itu, Aqilla juga berencana melanjutkan Elkiya Digital Agency dan PAW Studio, serta memperkuat personal branding-nya. Dalam jangka panjang, Aqilla juga memiliki rencana untuk melanjutkan studi S2 di luar negeri.

 

 


Mimpi yang besar dapat tercapai berkat tekad yang kuat

Keberhasilan Aqilla menunjukkan bahwa dengan tekad yang kuat, mimpi yang besar dapat tercapai, meskipun tantangan yang dihadapi tidak mudah. Aqilla mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tuanya, Risdiyono, ST, Dr.Eng, M.Eng, dan Luluk Kurnianingsih, yang doa dan dukungannya telah menjadi pendorong utama dalam perjalanannya.

Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, Aqilla siap untuk menjelajahi dunia baru dan meraih lebih banyak prestasi di masa depan. Semoga perjalanan ini menjadi awal dari banyak kesuksesan lainnya bagi Aqilla Abdurrahman Jundiy.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya