Pagelaran Sabang Merauke 2024: The Indonesian Broadway, Hidupkan Kembali Spirit Pahlawan Perjuangan

Pagelaran Sabang Merauke 2024 menyajikan pertunjukan teatrikal yang melibatkan berbagai daerah dari Sabang hingga Merauke, dengan menggabungkan musik tradisional dan modern.

oleh Patricia Vianney diperbarui 17 Agu 2024, 17:20 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2024, 17:20 WIB
Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Liputan6.com/Patricia Vianney)
Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Liputan6.com/Patricia Vianney)

Liputan6.com, Jakarta Pagelaran Sabang Merauke yang akan digelar pada 17 dan 18 Agustus 2024, menawarkan pertunjukan teatrikal menakjubkan 'The Indonesian Broadway' yang melibatkan 20 daerah di Indonesia. Tahun 2024 ini, fokus utamanya adalah menonjolkan tradisi dari daerah-daerah yang belum begitu dikenal dan berkembang.

Pagelaran kali ini memberikan ruang yang lebih luas bagi berbagai elemen seni, termasuk choir dan orchestra, yang didukung oleh Jakarta Concert Orchestra, Batavia Madrigal Singers, dan The Resonanz Children's Choir.

Dengan menggabungkan aransemen musik tradisional dan modern, pertunjukan ini bertujuan untuk menghidupkan kembali semangat perjuangan di era kontemporer.

Di tengah modernisasi yang pesat, Pagelaran Sabang Merauke mengajak publik untuk menjaga dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia yang beragam, sekaligus membuka pikiran untuk beradaptasi dan merespons tantangan zaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Merayakan Kemerdekaan

Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Liputan6.com/Patricia Vianney)
Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Liputan6.com/Patricia Vianney)

Diadakan bertepatan dengan hari kemerdekaan hingga 18 Agustus 2024, Pagelaran Sabang Merauke ini diharapkan bisa membawa penonton ke semangat perjuangan para pahlawan saat berjuang demi kemerdekaan 1945.

Untuk memainkan setiap peran daerah, tentu setiap artis harus menyamai spirit dari pahlawan perjuangan itu sendiri.

Pengorbanan keringat, air mata, dan darah dari para pemain, itu dilakukan untuk menunjukkan keberagaman Indonesia yang menciptakan suatu keindahan dan kekuatan bagi Indonesia.

“Energi yang diciptakan para pemain ini juga luar biasa,” ungkap Aming Santoso, CEO & President Director IForte.

 

 


Menjadi Ruang Baru untuk Seni

Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Liputan6.com/Patricia Vianney)
Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Liputan6.com/Patricia Vianney)

Pagelaran Sabang Merauke tahun 2024 ini melibatkan banyak pihak yang terlibat seperti choir, orchestra, penari, dan penyanyi. Ini yang tentunya memberikan kesempatan bagi semua untuk memperkenalkan budaya indonesia

Meskipun menjadi tantangan sendiri, tetapi sudah sangat dipikirkan dengan sangat matang untuk menghasilkan karya ini.

“Tentunya ini sangat challenging karena banyak faktor dan elemen yang harus kita gabungkan dalam satu konsep yang sudah kita setujui dan tentu kita harus adjusting ide dari beberapa designer,” Ungkap Opi Bachtiar, fashion designer Pagelaran Sabang Merauke 2024.

 

 


Bentuk Ekonomi Kreatif

Press Conference Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Liputan6.com/Patricia Vianney)
Press Conference Pagelaran Sabang Merauke 2024 (Liputan6.com/Patricia Vianney)

Pagelaran Sabang Merauke melibatkan berbagai pihak seperti orchestra, choir, designer, dan pihak lainnya. Hal ini sekaligus menjadi mendorong pemberdayaan komunitas lokal, sesuai dengan prinsip ekonomi kreatif, yang mendukung pengembangan partisipasi masyarakat dalam industri kreatif.

“Pagelaran ini ya termasuk ke ekonomi kreatif, yang menjadi bagian dari perekonomian Indonesia,” ungkap Antonius Widodo, Direktur BCA.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya