Musik Radiohead Bisa Membuat Lumba-lumba Bersemangat

Baru-baru ini diketahui beberapa musik yang digarap oleh band Radiohead bisa membuat lumba-lumba bersemangat.

oleh Rully Riantrisnanto diperbarui 04 Okt 2013, 17:10 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2013, 17:10 WIB
radio-head-131004b.jpg
Meskipun musiknya dianggap terlalu progresif, akan tetapi Radiohead ternyata sukses membuat salah satu jenis hewan laut penasaran dengan irama dan aransemennya saat beberapa lagu diperdengarkan. Hewan yang mampu berselaras dengan musik-musik Radiohead itu adalah lumba-lumba.

Dilansir dari RadarOnline melalui NME (3 Oktober 2013) pernyataan tersebut diungkapkan oleh pakar lumba-lumba di Las Vegas, Amerika Serikat saat berada di acara Siegfried & Roy bertajuk Secret Garden and Dolphin Habitat di Hotel Mirage.

Salah satu anggota staff acara tersebut menyatakan bahwa para lumba-lumba bereaksi secara baik ketika tembang-tembang milik Thom Yorke dan rekan-rekannya itu diputar di dekat mereka. Selain itu, lumba-lumba juga dianggap bisa menikmati alunan musik sitar milik Anoushka Shankar.

"Lumba-lumba kami benar-benar selaras dengan musik Radiohead, dan terutama Lotus Flower," ujar instruktur Yoga with the Dolphins yang bernama Willow Withy.

Willow juga menuturkan bahwa saat musik Radiohead mengalun di dalam ruangan, lumba-lumba yang ada di situ langsung mendekati jendela dan mereka turut memainkan nada-nadanya dan sikap hewan-hewan tersebut menjadi lebih cair, bersahabat, dan ingin tahu apa yang terjadi di ruangan Yoga.

Mereka juga diketahui menggesek jendela, tembok, dan mengungkapkan koneksi yang lebih sensorik. Willow menganggap para lumba-lumba menghormati yoga dan musiknya secara bersamaan. Ia juga menganggap hewan-hewan tersebut bahagia.

Selain itu, Willow juga memutar musik milik para musisi lainnya seperti Sigur Ros, Earth Rise Sound System, Andrew Bird, Inspired Flight, The Beatles, hingga Pink Floyd.

Menurut pihak Wild Dolphin Foundation, tertariknya lumba-lumba dengan musik Radiohead kemungkinan bisa mengubah kebiasaan mereka.

Musik bernuansa new age seperti Enya mampu membuat mereka senang. Sementara rock maupun jazz bisa membuat lumba-lumba stress, sedangkan klasik dan country mampu menenangkan mereka.

Kembali ke jalur musik, dalam waktu dekat banyak yang memperkirakan jika vokalis Radiohead, yaitu Thom Yorke bakal mendapat ajakan dari Paul McCartney untuk bisa berduet bersama. Akan tetapi, Thom masih belum mengkonfirmasi tentang hal itu.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya