5 Hal Terbaru soal Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Akhirnya proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya memasuki tahapan baru. Pemerintah Indonesia dan Jepang menandatangani kerja sama proyek peningkatan kecepatan kereta api (KA) Jakarta-Surabaya.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Sep 2019, 11:18 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2019, 11:18 WIB
IBD Expo dan Banking Expo 2017
Pengunjung melihat miniatur kereta cepat di pameran Indonesia Business and Development Expo (IBD Expo) di Jakarta, Rabu (20/9). Pameran IBD Expo berlangsung dari 20-23 September 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Akhirnya proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya memasuki tahapan baru. Pemerintah Indonesia dan Jepang menandatangani kerja sama proyek peningkatan kecepatan kereta api (KA) Jakarta-Surabaya pada Rabu, 24 September 2019. Kerja sama tersebut bertajuk “Summary Record on Java North Line Upgrading Project”.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Hubungan (Kemenhub) Zulkifri dan Dirjen Bina Marga KemenPUPR Sugiyartanto dari Pemerintah Indonesia.

Sedangkan dari Jepang, Direktur Urusan Ekonomi Kedutaan Besar Jepang untuk Republik Indonesia Tadayuki Miyashita dan Perwakilan Senior Badan Kerja Sama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency/JICA) Kawabata Tomoyuki.

Penandatangan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya tersebut disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Kita harapkan proyek ini lebih cepat. Direncanakan 2024 segmen Jakarta-Cirebon selesai, kami tawar agar faster (lebih cepat)” ujar Budi, di Jakarta pada Selasa, 24 September 2019 seperti dikutip dari Kanal Bisnis Liputan6.com.

Ia menuturkan, pinjaman dari Jepang akan digunakan sebaik-baiknya. Bantuan Jepang tidak hanya dalam bentuk keuangan tetapi juga transfer knowledge.

“Diberi kesempatan seluas-luasnya untuk sumbangan investasi dan pengetahuan untuk di-share ke masyarakat banyak,” kata dia.

Ingin tahu mengenai kabar proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya? Berikut Liputan6.com rangkum pada Rabu (25/9/2019):

Jalur Kereta Tersambung hingga Surabaya pada 2025

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya dapat beroperasi pada 2024. Namun, kereta cepat baru bisa beroperasi dengan rute Jakarta-Cirebon. Proyek kereta semi cepat ini bakal dimulai pada 2022. Proyek dilakukan usai proses feasibility study (FS) atau studi kelayakan rampung pada 2021.

"Proyek ini akan dimulai pada 2022 karena membutuhkan pembebasan tanah dan 2024 sudah mulai bisa beroperasi Jakarta sampai Cirebon,” ujar dia.

Pada 2025, jalur kereta semi cepat bisa tersambung hingga ke Surabaya. "2025 bisa sampai Surabaya single line,” tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Jakarta-Surabaya Hanya 5,5 Jam

Melihat Pameran Alat Transportasi di JIExpo Kemayoran
Model berpose di sisi miniatur kereta cepat saat pameran INAPA 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (29/3). Pameran ini berlangsung di Hall B1 JIExpo Kemayoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Jakarta-Surabaya hanya 5,5 Jam

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pernah menuturkan, sistem transportasi kereta cepat akan menjadi pesaing baru bagi bisnis pelayanan alat transportasi udara. Ini karena waktu tempuh perjalanan darat di Jawa akan sama dengan perjalanan udara.

"Akhirnya nanti akan terjadi persaingan antara kereta dan pesawat, jadi bukan lagi persaingan antara Garuda dengan Lion, dan semua persaingan akan memperbaiki services,” ujar JK seperti dikutip dari Antara.

JK mengatakan, bila proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya selesai, waktu tempuh untuk menuju Surabaya dari Jakarta hanya lima jam. Sementara, jika menggunakan pesawat terbang, penumpang akan menghabiskan waktu serupa mulai dari persiapan menuju bandara, check-in, waktu tempuh hingga menunggu pengambilan bagasi.

“Kalau Surabaya-Jakarta sudah lima jam, nanti tiga atau empat tahun ke depan, maka akan sama waktu yang dipakai untuk naik pesawat. Anda naik di Gambir, tiba di Pasar Turi itu lima jam, persis,” ia menambahkan.

Selain itu, keberadaan kereta semi cepat diharapkan bisa membuat masyarakat mendapat alternatif baru moda transportasi yang dapat menjadi pilihan selain pesawat terbang.

“Jakarta-Surabaya 5,5 jam dan ini pasti akan memberikan satu alternatif dan bisa bersaing dengan moda transportasi lainnya,” kata dia.


Bakal Libatkan Investor Lokal

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan kereta cepat generasi terbaru, CR400AF. (Dok PT KCIC)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan kereta cepat generasi terbaru, CR400AF. (Dok PT KCIC)

Bakal Libatkan Investor Lokal

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, proyek kereta semi cepat ini akan mengikuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini terkait pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang melibatkan investor lokal. Selain itu, transfer pengetahuan yang lebih banyak.

Budi mengatakan, kerja sama dengan Jepang dalam proyek kereta semi cepat akan dulang sukses seperti pembangunan MRT Jakarta.

“Saya yakin Jepang akan lakukan itu, pengalaman kami di (proyek pembangunan MRT,” ujar dia.


Harga Tiket

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan kereta cepat generasi terbaru, CR400AF. (Dok PT KCIC)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan kereta cepat generasi terbaru, CR400AF. (Dok PT KCIC)

Harga Tiket

Menhub Budi Karya Sumadi dan pihak Jepang menuturkan, kemungkinan harga tiket akan berkisar Rp 400 ribu-Rp 450 ribu sekali jalan.

"Dengan return katakanlah 10 tahun itu, ketemu Rp 400 ribu tapi ini belum final, ekspektasi kami Rp 400 ribu-Rp 450 ribu. Tetapi kalau nanti investasinya ternyata lebih dari Rp 60 triliun, maka mungkin harganya akan naik,” ujar dia.

Ia menambahkan, proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya ini akan angkut 900 orang sekali jalan. Diikuti 54 kali perjalanan dalam sehari. Pihaknya pun menegaskan, kereta cepat tak akan mematikan industri penerbangan.

“Enggak matikan (pasar pesawat). Kolaborasi, ada yang senang terbang,” ujar dia.


Fakta Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

20160909-118 BUMN dan BUMD Ikuti Pameran BUMN di JCC-Jakarta
Model berdiri di samping kereta cepat Jakarta-Bandung saat Indonesia Bussiness and Development Expo 2016 di, Jakarta, Kamis (8/9). PT Kereta Cepat Indonesia-Cina menargetkan pembangunan beroperasi pada 2019. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Fakta Kereta Semi Cepat

Kereta ini akan melayani empat stasiun utama. Selain itu, waktu tempuh Jakarta-Surabaya hanya 5,5 jam. Kecepatan maksimal 160 km/jam. Sedangkan kapasitas angkutnya 9.855.000 penumpang/tahun dengan dilayani tiga express train.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya