Keseruan Bocah Paud Inklusif Cerdas Banyuwangi Peringati Hari Lahir Pancasila 2023

Tampak begitu lucu dan menggemaskan, ratusan bocah-bocah PAUD Inklusif Cerdas Banyuwangi serbu Taman Blambangan dengan berbusana hitam adat Osing dengan agenda Outing Class untuk memperingati Hari Lahir Pancasila

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 02 Jun 2023, 15:05 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2023, 15:05 WIB
Serunya bocah- bocah PAUD Inklusif Cerdas Banyuwangi merayakan Hari Lahir Pancasila (Hermawan Arifianto/Lipuan6.com)
Serunya bocah- bocah PAUD Inklusif Cerdas Banyuwangi merayakan Hari Lahir Pancasila (Hermawan Arifianto/Lipuan6.com)

Liputan6.com, Banyuwangi Ratusan bocah PAUD Inklusif Cerdas Banyuwangi serbu Taman Blambangan dengan berbusana hitam adat Osing dengan agenda Outing Class untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

Riuh, para siswa-siswi Paud antusias serta bergembira dengan ditemani para wali murid dalam merayakan Hari Lahir Pancasila sekaligus peringatan Hari Anak Sedunia.

Ya, itulah cara sekolahan yang dibentuk untuk menfasilitasi pendidikan anak berkebutuhan khusus dalam merayakan hari penting tersebut

Kepala Sekolah Paud Inklusif Cerdas, Fatmawati, dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, anak-anak usia dini tersebut dikenalkan budaya-budaya lokal Banyuwangi mulai dari busana, Kuliner, tarian hingga permainan tradisional yang kini hampir hilang bak ditelan zaman.

"Jadi memang tujuanya yaitu anak-anak dikenalkan budaya Banyuwangi sedini mungkin, karena memang sesuai dengan tema yang diusung yaitu Tanamkan Nilai Pancasila Sejak Usia Dini," ucap, Fatma, Kamis (1/6/2023).

Selain itu, Founder Sekolah Gratis Yayasan Pendidikan dan Sosial 'CERDAS' Banyuwangi itu, juga menambakan, siswa-siswi juga membacakan teks Pancasila dan 10 hak-hak anak. Harapanya dengan dibacakannya 10 hak anak tersebut, bisa sekaligus mensosialisasikan kepada orang tua atau wali murid supaya mengetahui hak-hak yang harus dipenuhi untuk tumbuh kembang anak.

Apa saja hak anak yang harus dipenuhi?

Hak untuk mendapatkan identitas, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak bermain, hak mendapatkan perlindungan, hak rekreasi, hak mendapatkan makanan, hak Mendapatkan jaminan kesehatan, hak mendapatkan status kebangsaan, hak turut berperan dalam pembangunan dan bak untuk mendapatkan kesamaan. 

"Dengan 10 hak tersebut dimaksudkan agar kesejahteraan anak lebih terjamin dan kiranya orang tua memberikan hak yang harus mereka dapatkan" ucap, tokoh peduli Paud Kemendikbud.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mempererat Pertemanan

Bentangkan Bendera Merah Putih
Pembentangan bendera Merah Putih dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam agenda Outing Class peringatan Hari Lahirnya Pancasila tersebut beberapa kelas mengadakan kegiatanya masing-masing. Yakni untuk kelas A1 berlatih dan bermain hadrah, kelas A2 dan A3 untuk cewek ada latihan tarian gandrung, kelas A2 dan A3 cowok bermain permainan tradisional, kelas B1 dan B2  belajar memasak sego tempong, sego golong serta jenang abang, kelas terakhir yakni B3 membuat omprok Gandrung.

Bermain bersama, berbaur dengan teman seusianya. Sebanyak 23 anak dengan kebutuhan khusus bersenang-senang dan turut merasakan euforia outing class Paud Inklusif Cerdas Banyuwangi. 

"Wadah seperti ini selain menipiskan perbedaan, mempererat pertemanan dan memenuhi kebutuhan bermain seraya edukasi terhadap perkembangan otak dan sosial anak," pungkasnya. 

 

infografis pancasila
cara negara amankan pancasila (liputan6.com/triyas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya