Daop 8 Surabaya Pastikan Kecelakaan KA Brantas Tak Ganggu Jadwal Keberangkatan

Kereta dari arah Jakarta mengalami kecelakaan di dekat pintu perlintasan yang berada di Jalan Madukoro Raya, Semarang Barat, Kota Semarang, Selasa malam sekitar pukul 19.20 WIB.

oleh Liputan6.com diperbarui 19 Jul 2023, 07:01 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2023, 07:01 WIB
Kereta vs truk
Kondisi KA Brantas masih berada di lokasi sementara truk tronton pengangkut alat berat masih dievakuasi dari dalam sungai Banjir Kanal Barat. Foto: lioutan6.com/felek wahyu 

Liputan6.com, Surabaya - PT KAI Daop 8 Surabaya memastikan keberangkatan kereta api dari wilayah kerjanya masih tetap normal tidak terganggu dengan adanya kecelakaan KA Brantas dengan truk di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat, Selasa malam.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif  mengatakan, untuk jadwal kedatangan KA masih akan menunggu informasi dari Daop 4 Semarang.

"Kami masih menunggu kabar dari petugas di lapangan di Daop 4 Semarang, karena kejadiannya barusan saja, jadi kami belum menerima data apa-apa, tapi keberangkatan dari wilayah Daop 8 Surabaya masih tetap normal," ujarnya di Surabaya, dilansir dari Antara, Selasa (18/7/2023).

Menurut dia, seluruh petugas di lapangan masih fokus untuk memindahkan truk yang ada di jembatan akibat kecelakaan tersebut.

"Sekarang petugas masih fokus memindahkan truk yang terjepit di Jembatan Kanal Banjir Barat Semarang itu," ucapnya.

Sebelumnya, kereta dari arah Jakarta mengalami kecelakaan di dekat pintu perlintasan yang berada di Jalan Madukoro Raya, Semarang Barat, Kota Semarang, Selasa malam sekitar pukul 19.20 WIB.

Dari lokasi kejadian, terlihat bagian lokomotif kereta penumpang tersebut terhenti di jembatan yang letaknya di perlintasan itu. Kronologinya, KA Brantas menabrak bagian kepala truk trailer yang melintas dari arah utara ke selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Terjadi Ledakan

Sempat terjadi ledakan saat lokomotif kereta menabrak kepala truk. Bagian kepala dan ekor gandengan truk terjepit di mulut jembatan rel Jembatan Kanal Banjir Barat Semarang itu. Salah seorang penumpang bernama Dimas (25) mengaku tidak tahu kejadian pasti tabrakan.

"Hanya terdengar benturan kemudian kereta berhenti," kata penumpang tujuan Blitar itu.

Sementara itu, petugas gabungan kepolisian dan KAI masih berupaya mengevakuasi rangkaian gandengan truk yang terjebak di mulut jembatan.

Infografis Tabrakan 2 Kereta LRT Jabodebek di Jalur Layang
Infografis Tabrakan 2 Kereta LRT Jabodebek di Jalur Layang (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya