Baliho Kaesang Bertebaran di Desa-Desa Tuban, Tidak Libatkan Kader PSI Saat Pemasangan

Pengurus DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tuban angkat bicara terkait baliho Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep yang bertebaran di desa-desa Tuban. Baliho foto putra bungsu Presiden Jokowi itu telah terpasang pada beberapa minggu lalu.

oleh Ahmad Adirin diperbarui 15 Nov 2023, 12:31 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2023, 12:06 WIB
Spanduk Kaesang di Tuban. (Istimewa)
Spanduk Kaesang di Tuban. (Istimewa)

Liputan6.com, Tuban - Pengurus DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tuban angkat bicara terkait baliho Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep yang bertebaran di desa-desa Tuban. Baliho foto putra bungsu Presiden Jokowi itu telah terpasang pada beberapa minggu lalu.

Baliho tersebut terpasang dengan berbagai tulisan seperti "politik riang gembira", "PSI Partai Jokowi", "Politik adalah jalan ninja kita!" dan lainnya”. Namun anehnya, proses pemasangan ratusan baliho itu tidak melibatkan kader maupun pengurus DPD PSI Tuban.

"Lumayan banyak, kita hanya dapat datanya saja karena pemasangan dari pusat. Dari pusat langsung, untuk DPD hanya dikonfirmasi saja,” ungkap Ketua DPD PSI Tuban Martun Melani, Selasa (14/11/2023).

Ia menjelaskan konfirmasi atau pemberitahuan kepada DPD PSI Tuban ini hanya sebatas jumlah baliho tersebar di mana saja. Misalnya, di wilayah kecamatan sekian baliho yang sudah telah terpasang.

“Pemberitahuan untuk pemasangan, misalkan kecamatan mana, sekian-sekian begitu,” cerita Melani.

Perempuan politikus ini menegaskan bahwa pemasangan baliho itu dilakukan langsung oleh pimpinan pusat dengan melibatkan relawannya mas Kaesang dan Jokowi. Dia memastikan  baliho ini tidak dipasang aparat kepolisian tetapi langsung dari pusat.

“Saya belum tahu, tapi kayaknya tidak kalau aparat, karena aparat ini mestinya netral,” tegas Melani.

Namun begitu, PSI Tuban tidak mempersoalkan meskipun pengurus atau kadernya tidak dilibatkan dalam proses pemasangan baliho bergambar Ketum Kaesang di wilayah Tuban. Sebab, ia mengaku bahwa pengurus daerah ini tegak lurus atas perintah dari pimpinan DPP PSI.

“Kita yang di daerah ini tegak lurus apa kata atas, misal enggak dilibatkan tidak ada masalah karena sudah ada konfirmasi,” terang caleg perempuan dari Dapil III Tuban meliputi Kecamatan Semanding, Grabagan, Rengel, dan Soko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Belum Ada Pendanaan dari Kaesang

Kaesang Pangarep Sambangi Markas Golkar
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat tiba di DPP Golkar di Slipi, Jakarta Barat, Rabu (18/10/2023). Dalam pertemuan dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Kaesang berdialog tentang Pemilu 2024 serta isu politik terkini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ia kembali membeberkan selama ini pengurus DPD PSI Tuban belum pernah mendapatkan logistik pendanaan dari Ketum Kaesang. Pihaknya berharap daerah mendapatkan pendanaan dari pusat untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Selama ini belum ada support untuk pendanaan, harapannya ada karena kita jalan dan kita gerak butuh amunisi. Selama ini kita pribadi, mandiri dari teman-teman caleg dan pengurus DPD,” jelasnya.

Walaupun begitu, PSI Tuban tengah membidik 5 kursi DPRD Tuban pada Pemilu 2024. Salah satu upaya untuk mewujudkan target itu dengan menyolidkan para kader sampai tingkat bawah.

“Target kita kalau bisa satu fraksi yakni 5 anggota dewan. Upaya yang kita solid dulu, menggalang relawan sampai tingkat bawah,” pungkasnya.

Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Infografis Kaesang Pangarep Jadi Ketum PSI. (Liputan6.com/Abdillah
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya