Onno W. Purbo Berharap Indonesia Punya Sejuta Hacker

Onno W. Purbo yang dikenal sebagai pakar internet Tanah Air, memiliki cara lain yang cukup unik dalam mengamankan dunia digital Indonesia.

oleh Denny Mahardy diperbarui 12 Des 2014, 10:15 WIB
Diterbitkan 12 Des 2014, 10:15 WIB
Pakar Yakini Industri Teknologi Indonesia Bisa Mandiri
Onno W. Purbo, Pakar Teknologi dan Informasi

Liputan6.com, Jakarta - Keamanan cyber mulai menjadi fokus negara dalam mengamankan kedaulatannya. Indonesia tengah berusaha membangun sebuah badan yang akan bertugas mengamankan Indonesia dari serangan cyber yang dilancarkan negara lain.

Membangun Badan Cyber Nasional (BCN) langsung di bawah komando Presiden Joko Widodo merupakan salah satu cara mengamankan Indonesia dari serangan cyber. Rencananya badan ini akan resmi beroperasi pada tahun 2015.

Onno W. Purbo yang dikenal sebagai pakar internet Tanah Air, memiliki cara lain yang cukup unik dalam mengamankan dunia digital Indonesia.

Alumni Institut Teknologi Bandung ini berencana membuat Indonesia memiliki sejuta hacker untuk mengamankan kedaulatan dunia digital Indonesia.

"Saya bermimpi kita punya sejuta hacker di Indonesia. Mereka nantinya akan bertugas mengamankan dunia digital Indonesia dari serangan berbagai pihak yang tak bertanggungjawab," ungkap Onno.

Pentolan Onno Center itu pun mengaku dirinya sedang berusaha untuk mewujudkan mimpinya. Pelatihan dan menyebarkan ilmu hacking diakui Onno sedang dilakukannya ke berbagai tempat.

"Kampus dan sekolahan tempat paling potensial dalam menyebarkan ilmu, termasuk hacking. Saya berharap dari ruang belajar itu nantinya akan lahir banyak hacker yang siap sedia menyerang dan melindungi BCN supaya kekuatannya lebih teruji," tutupnya sambil tersenyum. (den/isk)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya