Film Horor Cai Lan Gong Raih Penghargaan MURI

Film Cai Lan Gong meraih penghargaan MURI sebagai film bioskop pertama yang menggunakan smartphone beresolusi 4K.

oleh Dewi Widya Ningrum diperbarui 20 Okt 2015, 11:17 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2015, 11:17 WIB
Film Horor Cai Lan Gong Raih Penghargaan MURI
Film Cai Lan Gong meraih penghargaan MURI sebagai film bioskop pertama yang menggunakan smartphone beresolusi 4K.

Liputan6.com, Jakarta - Cai Lan Gong adalah film horor pertama yang diproduksi dengan menggunakan kamera smartphone. Film ini meraih penghargaan MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai film bioskop pertama yang menggunakan smartphone beresolusi 4K (First Feature Film Shot with a Smartphone at 4K Resolution).

Penghargaan ini diberikan kepada Samsung Electronics Indonesia sebelum pemutaran gala premiere film Cai Lan Gong di XXI Studio Epicentrum, Jakarta, Senin (19/10/2015).

"Samsung merasa bangga dapat menjadi bagian dari industri kreatif kaum muda yang juga telah diapresiasi oleh MURI sebagai film komersial pertama yang pembuatannya diproduksi sepenuhnya menggunakan kecanggihan teknologi 4K pada Samsung Galaxy Note 4 dan Note 5," kata Vebbyna Kaunang, Marketing Director IT & Mobile Business, Samsung Electronics Indonesia.

Vebby berharap penghargaan ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi anak muda Indonesia lainnya untuk terus berkreasi dan mengeksplorasi kemampuan diri mereka, untuk mewujudkan mimpi besar mereka.



Sejarah perfilman dunia mencatat, film yang juga pernah diproduksi menggunakan smartphone adalah film Olive yang diproduksi tahun 2012. Namun film ini masih beresolusi HD (1.280 x 720 pixel). Sedangkan Cai Lan Gong dibuat dengan menggunakan smartphone Galaxy Note 4 dan Note 5, dengan resolusi 4K (3.849 x 2.160 pixel) sehingga hasil gambar lebih tajam.

Samsung Galaxy Note 4 dan Note 5 sendiri dibekali teknologi 4K dan lensa yang mampu menangkap warna dan gambar lebih detail, bahkan dalam kondisi minim cahaya. Selain itu dengan kapasitas baterai yang cukup besar ditambah teknologi fast charging, memungkinkankedua perangkat ini digunakan untuk merekam video dalam waktu cukup lama.

Film Cai Lan Gong merupakan film yang diprakarsai oleh beberapa anak muda, yang mengambil kisah legenda China. Film ini mengisahkan seorang anak perempuan yang harus menerima ilmu Cai Lan Gong yang sudah turun temurun dari sang kakek. Dalam perjalanan menurunkan ilmu tersebut ternyata tidak mulus, berbagai tantangan terjadi di dalam prosesinya.

Menurut keterangan resmi yang kami terima, Selasa (20/10/2015), film Cai Lan Gong akan tayang perdana pada tanggal 22 Oktober di 25 bioskop 21 di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Medan, Batam, Palembang, Pontianak, Makasar, Manado.

(dew)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya