Jeff Williams Didapuk Jadi COO Apple

Apple Inc. mempromosikan Jeff Williams untuk posisi Chief Operating Officer (COO).

oleh M Hidayat diperbarui 22 Des 2015, 20:30 WIB
Diterbitkan 22 Des 2015, 20:30 WIB
Jeff Williams Jadi COO Apple
Jeff Williams Jadi COO Apple. Kredit: Reuters/Robert Galbraith

Liputan6.com, Jakarta - Apple Inc. mempromosikan Jeff Williams untuk posisi Chief Operating Officer (COO). Promosi ini sebagai bagian dari serangkaian perubahan untuk tim kepemimpinan perusahaan. Demikian dikutip dari Reuters, Selasa (22/12/2015).

Williams, yang bergabung dengan Apple pada 1998, sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden senior operasi dan mengawasi perkembangan Apple Watch, produk pertama perusahaan sejak iPad.

Bertanggung jawab atas rantai pasokan pembuat iPhone, serta layanan dan dukungan operasi, ia juga sebelumnya menangani inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility, CSR).

"Jeff merupakan eksekutif operasi terbaik yang mana saya pernah bekerja dengannya," terang CEO Apple Tim Cook, dalam sebuah pernyataan.

Pekerjaan baru Williams mendorong dia ke dalam kelompok elit eksekutif tingkat C (CEO, COO, dan sebagainya), yang mencakup Chief Design Officer, Jony Ive. Perubahan titel ini meresmikan peran yang telah Williams jalankan sejak promosi Cook, kata analis Tim Bajarin dari Creative Strategies.

"(Williams) dilatih oleh Tim Cook. Dia adalah orang yang tepat untuk mengambil posisi itu," lanjut Bajarin.

Sementara tidak jelas apakah hal ini berarti Apple tengah menyiapkan Williams menjadi penerus Cook - menurut laporan Wall Street Journal yang mengutip sebuah sumber - langkah tersebut tidak menandakan demikian.

Sebab Cook tampaknya belum akan keluar dari Apple, kata mantan eksekutif Apple, Jean-Louis Gassée, yang melihat perubahan kepemimpinan sebagai cara untuk menjaga eksekutif di Apple.

"Saya tidak melihat Tim Cook melepaskan kendali dengan cara apapun. Saya melihat dia memperkuat `tangannya`," tandasnya.



(Why/Isk)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya