Review Infinix Hot 30i: Desain Premium dengan Layar 90Hz di Kelas Entry-Level

Dengan desain ramping, layar lapang, dan beberapa fitur-fitur menjanjikan, mampukah Infinix Hot 30i bersaing dengan para kompetitor di pasarnya?

oleh M Hidayat diperbarui 02 Mei 2023, 08:30 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2023, 08:30 WIB
Infinix Hot 30i
Infinix Hot 30i

Liputan6.com, Jakarta - Infinix, merek smartphone asal Hong Kong, telah merilis perangkat dengan harga terjangkau terbarunya, yakni Infinix Hot 30i, yang menyasar pasar entry-level.

Dengan desain ramping, layar lapang , dan beberapa fitur-fitur menjanjikan, mampukah perangkat ini bersaing dengan para kompetitor di pasarnya? Simak review Infinix Hot 30i berikut ini.

Desain Infinix Hot 30i

<p>Infinix Hot 30i</p>

Infinix Hot 30i menawarkan desain yang ramping dan bergaya yang tersedia dalam tiga pilihan warna: Mirror Black / Glacier Blue / Diamond White.

Unit yang kami ulas berwarna Mirror Black. Bagian belakang ponsel yang mengkilap sangat reflektif, dan menambahkan sentuhan premium pada keseluruhan tampilan perangkat.

Meskipun terbuat dari plastik polikarbonat, panel belakang perangkat ini terlihat menawan. Itu antara lain berkat kehadiran efek visual garis berwarna pada panel belakang yang dapat muncul tergantung pada sudut pandang dan pencahayaan. 

Selain itu, di bagian kiri bawah di panel belakang terdapat tulisan merek Infinix; sementara di bagian kiri atas tertanam dua lensa kamera dan satu lampu kilat.

 

<p>Infinix Hot 30i</p>

Sayangnya, panel depan Infinix Hot 30i tidak semenarik panel belakangnya. Ponsel ini memiliki panel layar berkonsep water-drop dengan bezel yang terlihat jelas, terutama di bagian bawah. 

Kemudian di bagian kanan terdapat tombol daya, yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari, berikut dengan tombol volume.

Sementara itu di bagian kiri, kamu akan mendapati penampang untuk kartu SIM/microSD. dan volume. Lalu bagian bawah, kamu akan melihat lubang audio 3.5mm, mikrofon, port USB Type-C, dan grill pengeras suara.

<p>Infinix Hot 30i</p>

Layar Infinix Hot 30i

<p>Infinix Hot 30i</p>

Infinix Hot 30i mengusung IPS LCD dengan konsep water-drop notch, refresh rate 90Hz, dan kecerahan puncak 500 nits. Kecepatan refresh rate 90Hz berarti bahwa layar mampu menampilkan animasi dan transisi yang lebih mulus, yang dapat membuat pengalaman pengguna lebih lancar.

Kecerahan puncak 500 nits juga cukup mengesankan karena ini berarti bahwa layar masih dapat terlihat bahkan di lingkungan yang terang.

Ukuran layar adalah aspek penting lainnya yang perlu dipertimbangkan, dan ponsel ini menawarkan layar 6,56 inci yang menawarkan rasio layar terhadap bodi sekitar 83,2 persen.

Ini adalah ukuran yang layak untuk sebuah smartphone, dan rasio tersebut menunjukkan bahwa bezel perangkat relatif ramping, menghasilkan area tampilan yang lebih besar, kecuali bagian bawah di mana bezel terlihat lebih tebal dari bagian samping kiri-kanan dan atas.

<p>Infinix Hot 30i</p>

Resolusi layar HP Infinix ini adalah 720 x 1612 piksel, dengan rasio aspek 20:9 dan kerapatan piksel sekitar 269 piksel per inci.

Meskipun ini bukan resolusi tertinggi yang tersedia di pasaran untuk ukuran perangkat entry-level, itu masih memadai untuk sebagian besar penggunaan sehari-hari, seperti menjelajahi web, menonton video, dan menggunakan aplikasi media sosial.

<p>Infinix Hot 30i</p>

Satu keuntungan dari resolusi yang relatif lebih rendah adalah hemat konsumsi daya baterai karena lebih sedikit piksel yang harus dinyalakan pada waktu tertentu. Hal ini bisa sangat penting bagi mereka yang sering menggunakan ponsel sepanjang hari dan tidak ingin khawatir kehabisan baterai.

Secara keseluruhan, meskipun layar Infinix Hot 30i mungkin bukan yang terbaik di kelasnya, ia masih menawarkan serangkaian fitur yang dapat memenuhi sebagian besar pengguna.

Kombinasi kecepatan refresh rate 90Hz, kecerahan puncak 500 nits, ukuran 6,56 inci, dan resolusi 720 x 1612 menghasilkan tampilan menyeluruh yang dapat menangani sebagian besar tugas sehari-hari dengan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kamera Infinix Hot 30i

Infinix Hot 30i
Infinix Hot 30i

Kamera adalah salah satu komponen penting dari setiap smartphone saat ini, dan Infinix Hot 30i tidak mengecewakan dalam aspek ini. Ia dilengkapi dengan dua lensa kamera di panel belakang berikut lampu kilat dan kamera tunggal di panel depan.

Hasil jepretan foto dan videonya terbilang biasa saja, tetapi secara keseluruhan performa kameranya cukup memuaskan sesuai dengan kelasnya.

Infinix Hot 30i memiliki lensa utama 50MP dan satu sensor tambahan. Lensa utama dilengkapi dengan mode AI Cam, yang merupakan mode kamera default.

Kamera terkadang kesulitan untuk fokus, apabila terlalu banyak objek dalam bingkai bidikan. Namun, kalau kamu mendapatkan fokus dan pencahayaan yang tepat, foto yang dihasilkan cukup baik.

<p>Infinix Hot 30i</p>

Infinix Hot 30i memiliki mode Portrait, Beauty, dan mode AR, yang pada dasarnya adalah Memoji atau filter AR yang mirip dengan Snapchat dan Instagram. Adapun untuk keperluan swafoto, tersemat lensa 5MP. Kemudian, fitur videografi terbatas pada resolusi 1080p pada 30fps tanpa fitur stabilisasi.

Berikut ini beberapa hasil jepretan Infinix Hot 30i.

<p>Foto Jepretan Lensa Kamera Infinix Hot 30i</p><p>Foto Jepretan Lensa Kamera Infinix Hot 30i</p><p>Foto Jepretan Lensa Kamera Infinix Hot 30i</p><p>Foto Jepretan Lensa Kamera Infinix Hot 30i</p><p>Foto Jepretan Lensa Kamera Infinix Hot 30i</p><p>Foto Jepretan Lensa Kamera Infinix Hot 30i</p><p>Foto Jepretan Lensa Kamera Infinix Hot 30i</p><p>Foto Jepretan Lensa Kamera Infinix Hot 30i</p>

 <p>Foto Jepretan Lensa Kamera Infinix Hot 30i</p>


Performa

Infinix Hot 30i
Infinix Hot 30i

Infinix Hot 30i bukanlah smartphone berkinerja tinggi tetapi lebih merupakan perangkat serba bisa untuk entry-level. Ia didukung chipset MediaTek Helio G37 yang dipadukan dengan RAM LPDDR4X 8GB. Secara teoretis, itu cukup mengesankan mengingat kisaran harganya di entry-level.

Selain itu, Infinix Hot 30i juga mendukung virtual RAM 8GB, yang membuat total RAM pada ponsel ini mencapai 16GB. Ini adalah RAM yang besar untuk perangkat entry-level dan dapat membantu menjaga perangkat tetap berjalan dengan lancar.

Adapun dari segi perangkat lunak, perangkat ini berjalan pada XOS 12 yang berbasis pada OS Android 12, yang antara lain menawarkan sejumlah fitur utilitas seperti peak proof, eye-care, focus mode, dan kids mode.

<p>Infinix Hot 30i</p>

Kami melakukan pengujian performa menggunakan aplikasi AnTuTu sebanyak beberapa kali. Tiga skor tertinggi yang perangkat ini raih adalah 146.749, 145.770, dan 145.722.

Namun, untuk keperluan memainkan mobile game, sebaiknya kamu jangan memiliki ekspektasi terlalu tinggi. Kami menguji performa Infinix Hot 30i dengan memainkan Call of Duty: Mobile dan Asphalt 9. Untuk Call of Duty: Mobile, perangkat ini mendukung setelan grafis Rendah (Low), tetapi frame rate Tinggi (High). Untuk Asphalt 9, Infinix Hot 30i mendukung setelan grafis High Quality. 

<p>Infinix Hot 30i</p>

Sementara itu, untuk penggunaan sehari-hari, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya berjalan relatif mulus. 


Baterai dan Pengisian Daya

Infinix Hot 30i
Infinix Hot 30i

Salah satu kelebihan Infinix Hot 30i adalah daya tahan baterainya. Dibekali dengan baterai berdaya 5.000 mAh yang dapat dengan bertahan seharian dengan sekali pengisian daya, perangkat ini cukup mengesankan, mengingat kisaran harganya.

<p>Infinix Hot 30i</p>

Namun, pengisian daya baterai cukup lambat, jika dibandingkan dengan smartphone lain di kelasnya. Spesifikasi pengisi daya unit yang kami ulas memiliki keluaran 10 Watt saja, sehingga proses pengisian daya akan berlangsung cukup lama. 

Untungnya, perangkat ini dilengkapi dengan fitur penghemat daya, seperti fitur Pengoptimalan Baterai, yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai lebih lama lagi.

Secara keseluruhan, daya tahan baterai Infinix Hot 30i cukup mengesankan dan seharusnya dapat memenuhi kebutuhan harian. Namun, kecepatan pengisian daya yang lambat mungkin menjadi masalah bagi sebagian pengguna.


Kesimpulan

Infinix Hot 30i
Infinix Hot 30i

Berdasarkan serangkaian pengujian di atas, Infinix Hot 30i adalah entry-level smartphone yang menawarkan kinerja yang layak, baterai besar, dan desain yang ramping. Pilihan warna Mirror Black memberikan tampilan premium di panel belakang.

Chip MediaTek Helio G37, dipasangkan dengan RAM LPDDR4X 8GB dan dukungan RAM virtual 16GB, membuat perangkat berjalan dengan lancar untuk tugas-tugas harian. Perangkat ini juga dapat menangani beberapa game cukup berat, tetapi tidak dengan setelan performa dan resolusi terbaik.

Pengaturan kameranya sederhana: kamera ganda di bagian belakang dan kamera tunggal di bagian depan. AI Cam dapat membantu memproses bidikan dengan lebih baik. Namun, videografi terbatas pada 1080p pada 30fps tanpa stabilisasi. Baterai 5.000 mAh dapat dengan mudah menawarkan daya tahan seharian, tetapi pengisian dayanya lebih lambat.

Secara keseluruhan, Infinix Hot 30i adalah smartphone terjangkau yang mungkin cocok bagi mereka yang memprioritaskan desain, daya tahan baterai, dan kinerja harian. Kalau kamu memiliki anggaran terbatas dan menginginkan ponsel yang terlihat bagus dan berkinerja baik untuk tugas-tugas dasar, Infinix Hot 30i layak dipertimbangkan.


Ringkasan Spesifikasi

PLATFORM

CHIPSET

MediaTek Helio G37

GPU

IMG PowerVR GE8320

CPU

4x 2.3 GHz – Cortex-A53 + 4x 1.8 GHz – Cortex-A53

PROCESS

12nm

NETWORK

2G / 3G / 4G

BANDWIDTH*

2G:B2|3|5|8

3G:B1|2|4|5|8

4G:B1|2|3|4|5|7|8|20|28A|28B|38|41(120M)|40*Bandwidth availability and connectivity can vary depending on region and local service provider.

CAMERA

REAR: 50MP+AI Camera

FRONT: 5MP

APERTURE

REAR: F/1.6±5%

FRONT: F/2.0FLASH

REAR DUAL FLASH + FRONT DUAL FLASH

SCENE MODES

VIDEO, AI CAM, BEAUTY, PORTRAIT, SLOW MOTION, TIME-LAPSE, AR SHOT, DOCUMENTS, PANORAMA

VIDEO RECORDING

Front - 1080P 30FPS

Back - 1080P 30FPS

MEMORY

ROM

128GB

RAM

8GB, 8GB Virtual RAM

EXTERNAL MEMORY

UP TO 1TB

TYPE

EMMC, LPDDR4X

MULTIMEDIA

AUDIO PLAYBACK*

MP3, FLAC, OGG, WAV, AACVIDEO PLAYBACK*

MP4, MKV, TS, MOV, QT, AVI, FLV, 3GP, WEBM

FEATURES

DTS, WIDVINE L1*Listed playback information are for reference only. Decoding formats of source files can influence playback support.

BATTERY

CAPACITY

5000mAh

CHARGING

10W*, 5V/2A*Different voltage inputs may affect maximum output power in some regions

CONNECTION

SIM CARD SLOT

DUAL NANO SIM+MICRO SD

USB PORT

TYPE-C

OTG

YES

EARPHONE

YES, 3.5mm JACK

CHARGE OUTPUT

5V, 2A

NFC

NO


Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya