Realme C65 Jadi HP Entry Level Pertama dengan Air Gestures, Bisa Apa Saja?

Vendor smartphone Realme merilis HP entry level terbarunya, Realme C65. Meski hadir di segmen Rp 2 jutaan, smartphone ini punya fitur Air Gestures yang biasanya cuma ada di HP premium. Apa saja kemampuannya?

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 07 Mei 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2024, 16:00 WIB
Realme C65
Realme C65 yang baru saja resmi meluncur di Indonesia. (Dok: Realme Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Realme merilis smartphone entry level Realme C65. Ternyata smartphone ini memiliki fitur bernama Air Gestures.

Ini merupakan fitur yang lumrah kalau ada di smartphone flagship. Namun kalau di segmen entry level, Realme mengklaim kalau Realme C65 menjadi smartphone pertama dengan fitur ini.

Tujuan Realme memboyong fitur Air Gestures adalah agar lebih banyak anak muda yang bisa mengakses teknologi ini.

Pasalnya, melalui fitur ini, pengguna akan mendapatkan kemudahan tetap terhubung dan berinteraksi dengan smartphone mereka di berbagai kondisi, tanpa harus menyentuh smartphone.

Marketing Director Realme Indonesia, Ellen Zhou, menyebutkan, fitur Air Gesture di Realme C65 merupakan langkah maju untuk membuat interaksi digital anak muda jadi lebih alami dan mudah diakses.

"Kehadiran Air Gestures di Realme C65 bagi kami bukan hanya tentang menambahkan fitur pada sebuah smartphone, namun untuk memudahkan anak muda dalam mendukung aktivitas dan produktivitas mereka pada kegiatan sehari-hari," kata Ellen, dikutip dari keterangan Realme, Senin (6/5/2024).

Air Gestures atau kontrol berbasis gerakan nirsentuh sendiri disebut memerlukan kompleksitas yang membuatnya bisa berjalan dengan baik. Oleh karenanya, biasanya fitur ini ada di smartphone harga premium.

Bagi Realme, lewat kehadiran fitur Air Gestures di Realme C65 dirancang agar terasa alami dan memudahkan. Terutama ketika pengguna dalam situasi aktivitas yang menyibukkan tangan atau lebih memilih navigasi latar tanpa sentuhan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berbagai Kendali Pada Konten Digital di Smartphone

Fitur Air Gestures Realme C65, mungkinkan kendali ponsel dengan telapak tangan
Fitur Air Gestures Realme C65, mungkinkan kendali ponsel dengan telapak tangan (Foto: realme)

Fitur ini memungkinkan kendali berbagai konten digital pada smartphone, hingga instruksi untuk menjawab atau menutup panggilan juga dapat dilakukan semudah gerakan tangan pada kamera depan.

Misalnya untuk menelusuri konten-konten video di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube dan TikTok, pengguna Realme C65 cukup lambaikan tangan sejauh 20-40cm untuk memainkan, menjeda, atau menavigasi.

Cara kerjanya, Air Gestures memanfaatkan kamera depan sebagai sensor yang membaca gerakan tangan.

Adapun untuk menjawab panggilan, pengguna hanya perlu swipe saat panggilan masuk, dan menutup kamera depan selama 1,5 detik untuk mengakhiri panggilan.


Cara Kerjanya

Realme C65
Realme C65 yang baru saja resmi diperkenalkan hadir dengan dua pilihan warna. (Dok: Realme)

Dengan kamera depan berdaya rendah dan sejumlah sensor yang bekerja bersama, serta algoritma AI, Realme C65 dapat mengenali gerakan pengguna secara akurat.

Fitur Air Gestures ini dinilai begitu berguna bagi pengguna yang ingin tetap terhubung di berbagai konten media sosial tetapi sedang melakukan aktivitas lain. Misalnya memasak, mencuci pakaian, makan, atau lainnya ketika tangan tak bisa menyentuh smartphone.

 


Bagaimana Cara Pakainya?

Realme C65
Penampilan Realme C65 yang baru saja meluncur di Indonesia. (Dok: Realme Indonesia)

Cara mengaktifkan Air Gestures di HP Realme C65 ini dengan masuk ke Setting - Special Features - Smart Sensing - Air Gestures.

Fitur ini terbagi dalam dua kategori pengaturan, yang hanya aktif saat berada di antarmuka sistem: misalnya untuk menavigasi, ambil screenshot, hingga mematikan layar.

Lalu, ada pula kategori pengaturan aktif di dalam aplikasi pihak ketiga untuk interaksi nirsentuh.

Realme C96 sendiri dibanderol Rp 2,4 juta untuk versi RAM 8GB + 8GB serta memori internal 128GB. Lalu versi lainnya RAM 8GB + 8GB dengan memori internal 256GB seharga Rp 2,8 juta.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya