Google Photos Punya Fitur Pencarian Foto dengan Gemini AI

Google baru saja mengumumkan pembaruan menarik untuk Google Photos yang menggunakan teknologi AI terbaru mereka, Gemini. Bagaimana cara kerjanya? Simak di sini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 08 Sep 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2024, 14:00 WIB
Google
Google Photos yang dirombak kini punya ikon dan tampilan dalam aplikasi yang baru. (Doc. Google)

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan pembaruan menarik untuk Google Photos yang menggunakan teknologi AI terbaru mereka, Gemini.

Fitur-fitur ini sekarang mulai tersedia dalam akses awal untuk beberapa pengguna di Amerika Serikat (AS). Apa saja yang baru? 

Pencarian Foto Lebih Detail

Sekarang kamu bisa mencari foto dengan deskripsi yang lebih spesifik di Google Photos. Sebelumnya, kalau kamu ingin mencari foto yang hanya mengetik 'danau', hasilnya mungkin enggak terlalu memuaskan.

Dengan pembaruan ini, kamu bisa mengetik 'kayak di danau yang dikelilingi gunung' untuk dapat hasil yang lebih spesifik dan tepat pastinya.

Begitu juga dengan pencarian foto teman, misalnya 'Alice dan aku tertawa'. Fitur ini memudahkan untuk menemukan momen spesifik di antara ribuan foto yang ada di library cloud kamu.

Ask Photos: Chatbot Baru untuk Pencarian Foto

Fitur paling keren adalah Ask Photos, chatbot baru yang didukung oleh Gemini. Fitur ini akan muncul sebagai tab baru di aplikasi Photos-mu.

Kamu bisa bertanya menggunakan bahasa alami, seperti 'Tunjukkan foto terbaik dari setiap taman nasional yang pernah aku kunjungi', dan chatbot ini akan menggunakan data lokasi untuk menemukan foto-foto dari taman-taman tersebut dan memilih yang terbaik.

Atau kamu bisa bertanya, 'Apa yang bisa kami makan di hotel Stanley?' atau 'Di mana kami berkemah terakhir kali di Yosemite?'

Ask Photos juga bisa merespons permintaan lanjutan. Jadi, kalau jawaban pertama tidak sesuai, kamu bisa meminta chatbot untuk memperbaiki hasil pencarian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bagaimana Cara Mencobanya?

Google Photos hadirkan fitur Scrapbook dengan bantuan AI
Google Photos hadirkan fitur Scrapbook dengan bantuan AI. (Google)

Privasi Terjaga

Google menjamin bahwa data foto kamu enggak akan digunakan untuk iklan.

Walaupun manusia mungkin akan meninjau beberapa query, mereka tidak akan terhubung dengan akun Google kamu, jadi mereka tidak tahu siapa yang memasukkan query tersebut.

Hanya dalam kasus sangat jarang, data mungkin diperiksa untuk mengatasi penyalahgunaan.

Bagaimana Cara Mencobanya?

Jika kamu berada di AS, kamu bisa melakukan registrasi di daftar tunggu untuk mendapatkan akses awal ke Ask Photos mulai hari ini.

Sementara itu, fitur pencarian deskriptif yang lebih canggih sekarang mulai diluncurkan untuk pengguna berbahasa Inggris di Android dan iOS.

Kita pasti berharap fitur ini segera dihadirkan terlebih buat orang-orang yang tinggal di Indonesia, semoga fitur baru canggih ini cepat merambat ke seluruh negara dan kita dapat merasakannya, ya.

 


Transfer Foto dari Google Photos ke iCloud bakal Makin Gampang dan Cepat!

Google Photos for iOS
Google Photos for iOS. softpedia.com

Sebelumnya, Google dan Apple berkolaborasi meluncurkan alat baru untuk mentransfer foto dari Google Photos ke iCloud.

Sebagai bagian dari Inisiatif Transfer Data (Data Transfer Initiative/DTI), tool ini akan menambahkan transfer iCloud ke opsi ekspor Google Takeout.

Alat yang akan diluncurkan minggu depan ini mengotomatiskan proses transfer dari Google Photos ke iCloud, sehingga kamu tidak perlu mengunduh, mengunggah, atau melakukan apa pun selain memulai proses di web.

Halaman dukungan Apple menyebut penyelesaian transfer foto mungkin memakan waktu beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada ukuran file yang ditransfer.

Mentransfer gambar dari Google ke iCloud tidak akan menghapusnya dari Google Photos, jadi kamu harus melakukannya secara manual jika mau.

Selain itu, layanan ini tidak akan berfungsi untuk akun anak, akun Managed Apple ID (yang diatur melalui admin TI), atau akun iCloud dengan Perlindungan Data Lanjutan yang diaktifkan.

Sebelumnya, tool transfer foto dari iCloud ke Google Photos diluncurkan pada 2021. Sementara gerakan DTI diluncurkan pada tahun 2023 sebagai kolaborasi antara Apple, Google, dan Meta.

Secara resmi, organisasi ini dibentuk untuk mencapai tujuan Data Transfer Project (DTP) berbasis oper source yang dimulai lima tahun sebelumnya.


Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya