Sejumlah iPhone 16 Alami Crash dan Restart Sendiri, Bikin Pengguna Frustasi

Pengguna iPhone 16 mengeluhkan perangkat mereka mengalami crash dan restart sendiri. Hal ini membuat pengguna frustasi.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 21 Okt 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2024, 16:00 WIB
iPhone 16
iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang sudah didukung dengan Apple Intelligence. (Dok: Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Para pengguna iPhone 16 menghadapi masalah dengan smartphone mereka. Menurut laporan, iPhone yang baru dirilis September lalu ini mengalami masalah berupa perangkat nge-freeze, lemot, bahkan sampai restart sendiri.

Masalah ini muncul belum lama setelah iPhone 16 diluncurkan. Parahnya lagi, update software yang digulirkan belum menyelesaikan masalah iPhone 16 sepenuhnya.

Mengutip Gizchina, Senin (21/10/2024), masalah-masalah di atas bukan satu-satunya yang dialami oleh para pengguna iPhone 16. Sebelumnya, para pengguna iPhone 16 Series melaporkan adanya masalah malfungsi pada layar sentuh.

Berbagai forum online seperti Reddit hingga laman dukungan Apple banyak memuat keluhan pengguna yang menyebut perangkat mereka mengalami crash.

Sejumlah pengguna juga menyebutkan iPhone 16 mereka tetap berada di mode standby atau bahkan lambat dalam merespon.

Ada juga pengguna yang melaporkan smartphone iPhone Apple mereka mengalami restart sendiri tanpa peringatan lebih dahulu.

Bug-bug tersebut membuat pengguna frustasi dan banyak orang harus berjuang untuk menggunakan ponsel mereka seperti yang diharapkan.

Dari empat model iPhone 16 Series, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max tampaknya menjadi model paling banyak terpengaruh. Sementara, pemiliki iPhone 16 versi standar dan Plus melaporkan lebih sedikit masalah.

iPhone 16 Pro Paling Banyak Crash

iPhone 16
Tombol kamera iPhone 16 mulai ditiru, perusahaan asal China ini jadi yang pertama. (Doc: Apple)

Adapun pengguna iPhone 16 Pro menyebut perangkatnya kerap mengalami crash, bahkan dalam beberapa kasus, hingga 20 kali sehari.

Beberapa pengguna iPhone 16 Pro series menyebutkan bahwa mereka telah mencoba menjangkau Apple yang menawarkan perangkat pengganti. Namun, masalah tetap ada bahkan dengan smartphone baru.

Apple meluncurkan iOS 18.0.1 untuk mengatasi bug yang muncul ketika perangkat baru rilis. Namun, pengguna menyebutkan, update iOS 18.0.1 tidak menyelesaikan masalah, termasuk masalah restart dan crash.

Masalah Belum Terpecahkan dengan Update iOS 18.0.1

iOS 18
Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18. (Doc: Apple)

Update sebelumnya membahas masalah layar dan gangguan kamera, namun iPhone 16 yang mengalami restart tampaknya belum terpecahkan.

Beberapa pengguna mencoba reset penuh iPhone mereka untuk menghindari bug ini. Namun, proses backup cadangan iCloud juga masih menghadirkan masalah serupa.

Hal ini memperlihatkan adanya hubungan antara kerusakan dan iCloud, sayangnya belum ada konfirmasi resmi yang diberikan terkait masalah bug ini.

Apple Belum Beri Komentar

Fitur baru iMessages di iOS 18
Fitur baru iMessages di iOS 18.  (Doc: Apple)

Sejauh ini, Apple juga belum mengeluarkan pernyataan resmi yang membahas komplikasi. Masih belum pasti apakah Apple juga sedang mengembangkan solusi permanen atau berencana untuk merilis patch software lain dalam waktu dekat.

Sementara itu, pengguna hanya bisa menunggu update software untuk membuat smartphone mereka kembali ke fungsionalitas yang tepat.

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya