Pedagang Blok G Akan Dikerahkan Jual Merchandise Asian Games

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno akan mengevaluasi penataan kawasan Tanah Abang Jumat (29/12/2017) sore ini.

oleh Anendya Niervana diperbarui 29 Des 2017, 14:32 WIB
Diterbitkan 29 Des 2017, 14:32 WIB
Sandiaga Uno
Dalam rangka HUT Emas 50 Tahun KADIN DKI Jakarta, maka Kepengurusan Masa Bakti 2013 - 2018 KADIN DKI Jakarta menyelenggarakan acara

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno akan mengevaluasi penataan kawasan Tanah Abang, Jumat (29/12/2017) sore ini. Dia pun menyambut baik petisi yang dibuat masyarakat dalam laman change.org.

Dia pun ingin mengundang para penandatangan petisi tersebut untuk bersama-sama mencoba mencari solusi terbaik.

"Nanti kita undang yang 33 (ribu penandatangan) akan kita coba berikan alternatif solusinya seperti apa," ujar Sandi usai menyambangi Workshop PNM Mekaar di Jalan Pangkalan Asem, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Menurut dia, sejauh ini, penataan kawasan Tanah Abang menunjukkan perubahan yang baik. Salah satunya, peminat Transjakarta Tanah Abang Explorer meningkat. Juga bertambahnya penghasilan pedagang yang menempati tenda.

"Yang sekarang kita pantau dari data awal alhamdulillah Transjakarta sudah tembus 13 ribu lebih dan yang 400 (PKL) itu alhamdulillah usahanya naik," ucap Sandi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terima Masukan

Taktik Jokowi Agar Blok G Tanah Abang Ramai Pembeli
Blok G Pasar Tanah Abang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mengenai pedagang yang mengeluhkan pendapatannya berkurang, Sandi ingin mengusulkan tugas khusus. Ia berencana memberikan kegiatan lain bagi pedagang Blok G Tanah Abang dengan menjadi penjual marchandise Asian Games 2018.

"Nanti saya akan tugaskan khusus untuk membuat kegiatan yang menarik. Saya pikir ada Asian Games, ada marchandise yang bisa dijual kayak contoh maskot Asian Para games yang elang bondol itu," tutur Sandiaga.

Kawasan Blok G memang akan dirobohkan tahun depan. Untuk itu, Sandi berusaha mengambil saran terbaik sebelum perobohan kawasan Blok G nanti.

Dia tak lupa ingin tetap menerima 10 usulan terbaik dari petisi Change.org yang akan ditembuskan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan itu.

Keluhan mengenai penataan kawasan Tanah Abang memang kerap dilayangkan pada Pemprov DKI.


Solusi Sementara

Akan Dirobohkan, Begini Kondisi Blok G Pasar Tanah Abang yang Kosong
Sejumlah toko dan kios tutup di Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (23/12). PD Pasar Jaya akan merevitalisasi Blok G Pasar Tanah Abang untuk guna menarik minat kembali para pedagang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sandi menjelaskan, perencanaan penataan kawasan Tanah Abang ini masih bersifat sementara, sehingga masih butuh banyak masukan.

"Saya ingin sebuah penataan yang sifatnya sementara dulu. Ini sistemnya sangat pop up. Ini bisa menjadi sebuah kolaborasi bukan hanya yang sudah happy, tapi yang belum happy 33 ribu ini punya partisipasi kegiatan," imbuh Sandi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya