Golden Gate Bridge, Jembatan Perenggut Ribuan Jiwa

Tak hanya pernah menjadi jembatan terpanjang di dunia, tapi Golden Gate juga tercatat sebagai salah satu tempat favorit untuk bunuh diri

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 28 Apr 2014, 23:10 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2014, 23:10 WIB
Golden gate bridge 1
(Foto: Huffington Post)

Liputan6.com, San Francisco Golden Gate Bridge, jembatan penghubung Kota San Francisco dan Tanjung Marin menjadi salah satu bangunan infrastruktur paling spektakuler di dunia.

Tak hanya karena pernah menjadi jembatan terpanjang di dunia, tapi bangunan tersebut tercatat sebagai salah satu tempat favorit untuk bunuh diri.

Sebelumnya, banyak orang yang meragukan mimpi membangun jembatan tersebut akan terwujud. Tapi lihat, sekarang jembatan tersebut menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern.

Pembangunannya memang menelan waktu hingga empat tahun. Para pekerjanya bekerja keras membangun Golden Gate sambil berperang melawan kencangnya angin, kelamnya kabut, bebatuan, dan berbagai guncangan yang menimpa.

Terdapat banyak fakta unik yang menghiasi megahnya pembangunan jembatan tersebut. Sebanyak 3 bayi pernah dilahirkan di sana yang uniknya, semua berkelamin laki-laki.

Setiap tahun, pemerintah kota mengeluarkan anggaran untuk membeli 10 ribu galon cat untuk mengembalikan warga jingga di jembatan tersebut.

Ingin tahu keunikan lain dari salah satu jembatan paling spektakuler di dunia ini?. Berikut ulasannya seperti dikutip dari New York Times, Britannica.com, dan Sanfrancisco.travel, Senin (28/4/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Korbankan 11 Jiwa

Golden gate bridge 2
(Foto: laboteverte.fr)

Pembangunan jembatan Golden Gate Korbankan 11 nyawa

Jembatan sepanjang 2,7 kilometer, Golden Gate Bridge, terbentang megah menghubungkan San Francisco dengan tanjung Marin. Berwarna jingga, jembatan tersebut dapat dengan mudah dikenali dunia.

Dibuka sejak 1937, jembatan tersebut menelan biaya pembangunan sebesar US$ 35 juta atau Rp 405,4 miliar. Tak hanya uang yang harus digelontorkan untuk membangun jembatan mewah tersebut, sebanyak 11 nyawa juga menjadi korban pendirian salah satu jembatan terpanjang di dunia ini.

Butuh waktu hingga empat tahun bagi seluruh pekerja konstruksi untuk merampungkan jembatan penghubung dua wilayah AS yang terbelah selat Golden Gate ini.

Bahkan dua menara penyangga jembatan pernah mengalahkan tinggi seluruh bangunan di Francisco. Seluruh fondasi dan penyangga tertancap kukuh di beton di bawah perairan tersebut.


Jadi Jembatan Terpanjang Dunia

Golden gate bridge 3
(Foto: Millwoodin.com)

Kesulitan pembangunan sebelum Golden Gate menjadi jembatan terpanjang di dunia

Salah satu ikon California, Golden Gate mampu berdiri gagah dengan bentangan dua kabel besi sepanjang lebih dari 7.000 kaki. Tak heran, jembatan penghubung San Francisco dengan tanjung Marin ini pernah tercatat sebagai menara terpanjang di dunia.

Hingga jembatan Verrazano-Narrows, New York rampung dibangun pada 1964, Golden Gate terus bertengger di posisi teratas sebagai jembatan terpanjang di dunia. Pembangunannya berada di bawah pengawasan Joseph B. Strauss melewati berbagai kesulitan mulai dari kabut hingga badai.

Salah satu badai pernah menghancurkan akses dan menyebabkan kerusakan serius pada bagian jembatan yang tengah dibangun. Masalah bebatuan di dasar perairan juga sempat menjadi kendala besar dalam pembangunan jembatan tersebut.


Tempat Favorit Bunuh Diri

Golden gate bridge 4
(Foto: Tourist360.com)

Jadi tempat favorit untuk bunuh diri

Jembatan lambang kemegahan ini juga ternyata banyak menyimpan malapetaka. Jembatan tersebut dinobatkan sebagai salah satu tempat favorit untuk bunuh diri.

Sejak didirikan pada 1937, jembatan tersebut telah menjadi saksi lebih dari 1.600 kasus bunuh diri. Bahkan pada 1995, tercatat sebanyak 1.000 kasus bunuh diri terjadi di salah satu ikon San Francisco tersebut.

Tahun lalu, dari jembatan berwarna jingga tersebut terdapat 46 orang menerjunkan diri menuju kematian. Sementara 118 orang lainnya berhasil dihentikan dari usaha buhuh diri.

Percobaan bunuh diri terjadi hampir setiap hari dan membuatnya menjadi tempat bunuh diri paling terkenal di dunia. Tak seperti menara Eiffel, jembatan Harbour Sydney dan Emipre State Building, Golden Gate kurang memiliki pembatas agar para pengunjung tak bisa terjun bebas ke dalam air.


Fakta Unik Seputar Jembatan

Golden gate bridge 5
(Foto: Britannica.com)

Fakta-fakta unik mengenai jembatan Golden Gate

Sejak diresmikan dan dibuka pertama kali pada 1937, Golden Gate Bridge telah kehilangan bobotnya hingga 7.500 ton. Diperkirakan sekitar 5.000-10.000 galon cat dihabiskan untuk mewarnai kembali Golden Gate setiap tahunnya demi mempertahankan kemegahan jembatan tersebut khususnya di malam hari.

Sebanyak tiga bayi tercatat dilahirkan di jembatan Golden Gate. Uniknya, semua bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki.

Warna jingga dipilih sebagai warna jembatan agar sejumlah kapal yang melintasi jembatan tersebut kala kabut menyergap tidak kehilangan jangkauan pandangnya. Tak hanya itu, warna jingga juga sesuai dengan pemandangan alam di sekitar jembatan dan wilayah terdekat.

Sejak pertama dibangun, jembatan tersebut hanya pernah ditutup sebanyak tiga kali karena gangguan cuaca. Gangguan tersebut berupa tingginya laju kecepatan angin yang menerjang hingga 70 mil per jam.

The bridge has also been closed for visits from dignitaries President Franklin D. Roosevelt and President Charles de Gaulle of France and also on its 50th and 75th Anniversaries.

Jembatan ini juga menjadi tempat kebanggaan yang pernah dikunjungi orang-orang penting seperti Presiden AS Franklin D. Roosevelt saat merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Sementara Presiden Prancis Charles de Gaulle juga merayakan ulang tahunnya yang ke-75 di sana.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya