Dampak Macet Parah di Akses Bandara Soetta, Sriwijaya Air Gratiskan Biaya Reschedule

Sriwijaya menggratiskan biaya reschedule atau penjadwalan ulang penerbangan konsumen yang berubah imbas kemacetan parah di jalur menuju Bandara Soekarno-Hatta.

oleh Athika Rahma diperbarui 10 Nov 2020, 13:40 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2020, 13:40 WIB
Pertama Kalinya, Sriwijaya Air Bakal Bawa 188 Turis ke Belitung
Rencananya, 188 turis Malaysia akan didaratkan di Bandara International Hanandjoedin, Belitung dengan maskapai Sriwijaya Air.

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan Sriwijaya menggratiskan biaya reschedule atau penjadwalan ulang penerbangan konsumen yang berubah imbas kemacetan parah di jalur menuju Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Kemacetan tersebut merupakan dampak dari kerumunan massa simpatisan Front Pembela Islam (FPI) yang mendatangi Bandara Soetta untuk menyambut kepulangan pemimpin mereka Rizieq Shihab atau Habib Rizieq.

"Sriwijaya Air Group memahami betul kondisi sulit yang dirasakan oleh para pelanggan setia yang terdampak kemacetan di kawasan Bandara Soekarno Hatta, sehingga kami pun memberikan fasilitas rebook atau reschedule secara gratis kepada penumpang yang penerbangannya terdampak pada tanggal 10 November 2020 ini," ujar Direktur Niaga Sriwijaya Air Group Henoch Rudi Iwanudin dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Selasa (10/11/2020).

Ribuan kerumunan massa dilaporkan mulai memenuhi kawasan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak dini hari, dan akhirnya sampai menutup akses keluar masuk ke Bandara termasuk kawasan Terminal 1 dan 2.

Airport Station Manager Sriwijaya Air Group di Bandara Soekarno-Hatta Taufik Sabar menyebutkan terdapat beberapa penerbangan Sriwijaya Air dan NAM Air yang terpaksa mengalami keterlambatan.

Penerbangan yang terdampak meliputi penerbangan SJ 184 rute Jakarta-Pontianak, SJ penerbangan 160 rute Jakarta - Balikpapan, penerbangan IN 180 rute Jakarta - Pontianak, penerbangan SJ 072 rute Jakarta - Pangkalpinang, penerbangan IN 056 rute Jakarta - Tanjung Pandan, penerbangan SJ 182 rute Jakarta - Pontianak, penerbangan SJ 054 rute Jakarta - Tanjungpandan, SJ 024 rute Jakarta - Padang dan penerbangan IN 170 rute Jakarta - Semarang.

"Untuk lamanya durasi keterlambatan pun bervariasi antara 1 sampai 3 jam. Melihat kondisi saat ini (Selasa pagi) ada beberapa flight lainnya yang tampaknya akan terkena imbas juga dari kemacetan parah di kawasan Bandara Soekarno Hatta sampai siang hari ini," kata Taufik.

Adapun untuk proses rebook atau reschedule serta refund seluruh pelanggan Sriwijaya Air dan NAM Air dapat langsung menghubungi Call Centre yang beroperasi 24 jam di nomor 0804 17777 77 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Akses Bandara Soetta Macet, Garuda Indonesia Bebaskan Biaya Reschedule dan Refund

Desain masker baru pesawat Garuda Indonesia pada armada B737-800 NG
Desain masker baru pesawat Garuda Indonesia pada armada B737-800 NG (dok: GIA)

Maskapai pelat merah Garuda Indonesia membebaskan biaya penyesuaian jadwal penerbangan maupun refund tiket bagi penumpang yang terdampak kondisi kemacetan akses menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa 10 November 2020.

Diketahui, kepadatan akses menuju Bandara Soekarno-Hatta terjadi karena massa simpatisan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab memadati kawasan bandara. Massa yang hendak menyambut kedatangan pemimpinnya itu sudah berada di kawasan bandara sejak Senin 9 November 2020.

"Bagi Anda yang memiliki penerbangan bersama kami dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Selasa, 10 November 2020, kami mengerti kekhawatiran Anda," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Selasa (10/11/2020).

Irfan melanjutkan, Garuda Indonesia berkomitmen untuk selalu hadir bersama seluruh penumpang dengan menghadirkan sejumlah solusi bagi penumpang yang terdampak imbas kemacetan akses menuju bandara.

"Bagi para penumpang yang masih harus melanjutkan perjalanannya, Garuda Indonesia juga mempersiapkan opsi pengalihan jadwal keberangkatan ke penerbangan selanjutnya," kata Irfan.

Nantinya, penerapan kebijakan fleksibilitas penyesuaian jadwal dan refund tiket dilakukan mengacu pada ketentuan yang berlaku.

"Silahkan hubungi call center Garuda Indonesiauntuk melakukan proses reschedule dan refund," tutup dia. 


Sambut Kepulangan Rizieq Shihab, Ribuan Massa Mulai Padati Bandara Soetta

FOTO: Menuju Petamburan, Rizieq Shihab Dikawal Ratusan Massa
Ratusan massa berkonvoi mengawal Rizieq Shihab usai tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). Konvoi tersebut dilakukan untuk mengawal perjalan Rizieq Shihab menuju kediamannya di Petamburan, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk diketahui, ribuan massa simpatisan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab mulai memadati kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Massa yang hendak menyambut kedatangan pemimpinnya itu sudah berada di kawasan bandara sejak Senin 9 November malam.

Untuk diketahui, Rizieq Shihab dijadwalkan terbang dari Arab Saudi pada Senin malam waktu setempat. Dia diperkirakan tiba di Indonesia melalui Bandara Soetta pada Selasa (10/11/2020) pukul 09.00 WIB.

Pantauan di lokasi, massa terkonsentrasi di sejumlah titik sekitar Bandara Soetta, yakni di depan pintu M1, di parimeter, dan di jalan raya kawasan bandara.

Massa terlihat berjalan kaki atau long march dari arah Perimeter Utara, Rawa Bokor dan sekitarnya, lalu masuk ke dalam jalan raya Bandara Internasional Soekarno Hatta, ingin menuju terminal 3. Namun, oleh pengamanan kepolisian dan TNI, menahannya hingga tak sampai ke Terminal 3.

Mayoritas mereka mengenakan seragam putih-utih khas FPI, sisanya ada yang bersarung, kaos oblong, sembari meneriakan yel-yel atau menyanyikan mars.

Iwan, salah satu simpatisan Rizieq Shihab, mengaku sudah sejak Senin malam berada di pintu masuk kawasan M1.

"Sama kawan-kawan dari Tangsel, sudah dari semalam. Tapi enggak boleh masuk ke dalam," katanya, Selasa pagi.

Dia ingin menyambut kedatangan Rizieq Shihab ke Indonesia, setelah bertahun-tahun berada di Arab Saudi. Kedatangannya langsung ke Bandara Soetta adalah bentuk penyambutannya.

"Enggak papa enggak bisa lihat langsung, teman-teman di dalam sudah ada yang bisa wakilin," ungkapnya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya