Komik Pertama Captain America Laku Dilelang Rp 44 Miliar, Masuk Daftar Termahal Dunia

Namun tidak diketahui siapa pembeli komik pertama Captain America ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Apr 2022, 04:59 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2022, 04:59 WIB
Komik Captain America edisi No. 1
Komik Captain America edisi No. 1, yang diris pada 1941 yang menampilkan penampilan pertama karakter tituler, terjual lebih dari USD 3,1 juta.. Foto: Marvel.com

Liputan6.com, Jakarta Sosok pahlawan Captain America tidak hanya menuai kesuksesan di dunia perfilman. Ternyata, komik Captain America edisi No. 1, yang diris pada 1941 yang menampilkan penampilan pertama karakter tituler, terjual lebih dari USD 3,1 juta (Rp 44,8 miliar).

Bahkan ini menjadi salah satu buku komik termahal yang pernah dijual di lelang. Namun tidak diketahui siapa pembeli komik ini.

Melansir laman Forbes, Senin (11/4/2022), pembeli anonim ini berhasil membeli novel komik tersebut melalui tempat lelang Heritage Auctions. Tepatnya harga yang dia bayar USD 3,12 juta. 

The Certified Guaranty Company, perusahaan jasa yang memverifikasi kondisi sebuah novel serta koleksi yang lain, menilai jika komik tersebut dalam keadaan nyaris sempurna. Novel ini diketahui sudah berusia 81 tahun. 

Cuma terdapat 3 kopian novel novel type 9, 4 yang dikenal di dunia, dan satu tipe 9, 8 yang belum sempat dilelang. 

Edisi, yang ditulis serta digambar pencipta novel bernama Joe Simon serta Jack Kirby, juga menunjukkan penampilan awal sekutu pahlawan Marvel, Bucky, yang setelah itu jadi Prajurit Masa Dingin. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Deretan Komik Termahal

Ini Dia 5 Daftar Buku Komik Termahal yang Pernah Ada
Ini Dia 5 Daftar Buku Komik Termahal yang Pernah Ada

“ Smashing through, Captain America berhadapan langsung dengan Hitler,” sampul edisi itu berbunyi, di samping ilustrasi tentara yang berganti jadi pahlawan luar biasa yang melanda pemimpin Nazi.

Komik ini diterbitkan 9 bulan sebelum Amerika Serikat masuk Perang Dunia II sehabis serbuan Jepang di Pearl Harbor. 

Selain komik ini, deretan novel lain yang laku terjual fantastis, salah satunya kopian 9, 6 dari Amazing Fantasy Nomor 15 tahun 1962.

Komik ini menunjukkan penampilan awal Spider- Man dijual pada bulan September. Dan ini menjadi novel termahal yang sempat dijual di lelang.

Penjualan tersebut mengalahkan rekor pada April 2021 yang dipegang edisi 8, 5 dari Action Comics Nomor. 1 tahun 1938, yang menunjukkan penampilan awal Superman. Komik ini dilego USD 3,25 juta.

Kemudian Tipe 9.0 dari novel yang sama dijual dengan harga USD 3, 2 juta pada tahun 2014, serta tipe 6. 0- grade dijual dengan harga USD 3, 18 juta tahun ini. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya