Kartu Tanda Pacaran Dijual Online, Berapa Harganya?

Kartu Tanda Pacaran atau KTP Pacaran mulai kembali ramai diperbincangkan di jagat maya

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 11 Feb 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 11 Feb 2023, 18:00 WIB
Kartu Tanda Pacaran dijual online
Kartu Tanda Pacaran dijual online (dok: Arief)

Liputan6.com, Jakarta Kartu Tanda Pacaran atau KTP Pacaran mulai kembali ramai diperbincangkan di jagat maya. Kartu ini layaknya KTP resmi yang perlu dipegang oleh anak muda yang sedang menjalin hubungan.

Ternyata, tidak sulit untuk mendapatkan KTP Pacaran ini. Bagi yang berminat bisa mencari di toko online di platform Shopee maupun Tokopedia. Lantas, berapa harga banderolnya?

Menurut pantauan Liputan6.com, harga jualnya bervariasi. Di platform Shopee, harganya mulai dari Rp 9.500 per kartu hingga Rp 15.000 untuk satu kartu. Perbedaan harga ini tergantung dari desain kartu hingga model pengemasan.

Sementara itu, pantauan di Tokopedia menunjukkan harga yang sedikit lebih tinggi. Mulai dari Rp 13.000 per kartu hingga Rp 22.500 per kartu. Perbedaan harga ini tergantung dari sesain kartu dan pengemasan.

Seluruh toko yang menjual menampilkan deskripsi produk yang hampir seragam. Sebut saja soal gambar dari kartu yang tidak mudah luntur. Hingga bahan PVC yang digunakan, layaknya kartu ATM atau KTP resmi.

Kemudian, dalam kartu itu juga memuat berapa informasi. Diantaranya, Nama Kartu (Kartu Tanda Pacaran Kartu Tanda Komitmen Kartu Tanda Hak Milik), Nomor Kartu, Nama pemegang kartu, Birthday atau tanggal lahir, hingga, Status.

Menelusuri testimoni pembeli, kebanyakan pembeli memberikan kesan baik dengan ditandai pemberian rating bintang 5. Tidak sedikit dari pembeli juga melampirkan kartu yang sudah dipesannya.

Pada sisi ini, paling banyak yang membeli merupakan anak muda dengan tahun lahir dalam rentang 1995-2004. Ditelusuri lebih jauh, paling banyak yang membeli berada di kisaran tahun lahir 1999-2002.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banyak Dijual Online

Jualan online
Ilustrasi jualan online barang pemberian mantan (iStockphoto)

Media sosial tengah dipenuhi kembali dengan kartu tanda pacaran layaknya kartu tanda penduduk. Hanya saja, desain yang digunakan lebih beragam ketimbang KTP resmi yang dikeluarkan negara.

Beberapa warganet di hagat maya seperti Twitter hingga Tik Tok mulai membicarakannya. Meski, KTP pacaran ini pernah muncul beberapa tahun lalu, yang kini kembali menuai perhatian.

Ternyata, tidak terlalu sulit untuk mendapatkan KTP pacaran ini. Selain melalui beberapa akun di media sosial tadi, ternyata bisa juga ditemukan di toko online atau e-commerce.

Sebut saja di Tokopedia dan Shopee, dua marketplace dengan pengguna yang cukup banyak di Indonesia. Tak hanya sedikit toko yang menjual KTP pacaran itu.

Menurut pantauan Liputan6.com dari dua aplikasi penjualan online tersebut, ada yang tokonya sudah menerima pesanan hingga ribuan kartu. Namun, ada pula yang baru menerima belasan pesanan.

Toko-toko online itu bisa muncul ketika mengetikkan kata 'KTP Pacaran' atau 'kartu tanda pacaran' di bagian pencarian. Akan muncul banyak toko yang dinilai relevan yang menjual produk serupa.

 


Berbagai Model

Ilustrasi e-KTP (Istimewa)
Ilustrasi e-KTP (Istimewa)

Sedikitnya, ada 8 model KTP Pacaran yang dijual di beberapa toko. Tiap modelnya memiliki desain tersendiri dan memiliki namanya masing-masing.

KTP Pacaran sendiri disematkan di kartu yang mirip dengan KTP resmi. Sementara, desain lainnya beragam mulai dari perpaduan warna yang cukup menarik, hingga meniru desain layaknya kartu ATM.

Nama kartunya pun tak hanya KTP Pacaran, ada nama Kartu Tanda Komitmen, hingga Kartu Tanda Hak Milik. Selain itu, ada pula Kartu Identitas dan Engagement Card.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya