Ini Dia 5 Hotel Pemecah Rekor Dunia, Pernah ke Sana?

Berikut ini dereta hotel dunia yang berhasil memecahkan rekor dunia, baik tertinggi, terkecil, hingga terbesar.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 24 Mei 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2023, 06:00 WIB
Matahari Terbenam dan Burj Khalifa
Matahari terbenam di belakang bangunan tertinggi di dunia Burj Khalifa dan gedung-gedung bertingkat lainnya, di Dubai, Uni Emirat Arab pada Sabtu (12/9/2020). (Photo by Karim SAHIB / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Hotel menjadi salah satu pilihan penginapan ketika sedang berlibur. Dari hotel biasa hingga bintang lima, Guinness Wolrd Records telah merilis daftar hotel pemecah rekor dunia.

Melansir Forbes Middle East, Rabu (24/5/2023), berikut ini deretan hotel dunia yang berhasil memecahkan rekor dunia, baik tertinggi, terkecil, hingga terbesar.

1. Hotel Gevor

Negara: Uni Emirat Arab

Pemecah rekor: Hotel Tertinggi

Sudah menjadi rumah bagi gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai juga punya hotel tertinggi di dunia, gelar yang sebelumnya dipegang oleh JW Marriott Marquis Hotel Dubai.

Berdiri setinggi 356 meter di distrik keuangan emirat, Gevora Hotel berlantai 75 awalnya direncanakan sebagai bangunan tempat tinggal. Bangunan berwarna emas dengan 529 kamar ini membutuhkan waktu empat tahun untuk dibangun sebelum dibuka pada Februari 2018.

2. Nisiyama Onsen Keiunkan

Negara: Jepang

Pemecah rekor: Hotel Tertua

Dengan sejarah 1.318 tahun, Nisiyama Onsen Keiunkan telah bertahan dalam ujian waktu. Hotel tertua di dunia ini didirikan oleh Fujiwara Mahito pada era Keiun pada 705 Masehi.

Terletak di dekat Gunung Fuji di Prefektur Yamanashi Jepang dengan mata air panas yang mengalir bebas, konon penduduk kota dan komandan militer pada masa perang mengunjungi penginapan hotel yang paling lama berdiri.

3. Eh'hausl

Negara: Jerman

Pemecah rekor: Hotel Terkecil

Eh'hausl Jerman, yang secara longgar diterjemahkan menjadi Rumah Perkawinan, di Seminargasse hanya selebar delapan kaki.

Hotel ini dibangun pada tahun 1728 di antara dua bangunan yang ada untuk menghindari undang-undang perkawinan yang mengharuskan pasangan muda untuk memberikan bukti kepemilikan tanah kepada dewan kota sebelum mereka dapat menikah. Hotel ini direnovasi pada 2008 sebagai tempat peristirahatan mewah dan hanya menampung maksimal dua tamu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Hotel & Spa Grand Hills

Ilustrasi Hotel
Ilustrasi hotel. (iStockphoto)

Negara: Lebanon

Pemecah rekor: Hotel Terbesar

Lebanon telah memegang rekor sebagai hotel suite terbesar sejak 2008 berkat Royal Residence di Grand Hills Hotel & Spa, yang tersebar seluas 4.131 meter persegi di perbukitan hutan pinus Broumana.

Suite tujuh lantai ini memiliki tiga paviliun dan dua kolam renang pribadi. Taman pribadi dan kolam renangnya tidak termasuk dalam pengukuran Rekor Dunia Guinness.

5. Marmara Antalya

Negara: Türkiye

Pemecah rekor: Hotel Berputar Pertama

Marmara Antalya memberikan sentuhan baru pada hotel. Hotel berputar pertama di dunia ini menyediakan pemandangan pegunungan Türkiye dan Laut Mediterania yang indah bagi para tamu dari kamar loteng putar 24 kamar tidurnya.

Loteng berputar 360 derajat beberapa kali sehari, ditenagai oleh enam motor listrik 1kW. Pembangunan hotel 18 lantai diselesaikan pada 2005 dengan biaya USD 22 juta.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya